11 Cara Memperkuat Lemparan Bola Basket Bagi Pemula

Dalam permainan bola basket, terdapat teknik dasar permainan. Salah satu istilah yang umum digunakan dalam bola basket yaitu shooting atau melempar bolaTerdapat macam-macam shooting yang masing-masingnya memiliki tekniknya sendiri. Dalam melakukan shooting, terdapat teknik tertentu yang harus dikuasai, khususnya bagi pemula. Bahkan untuk sekelas pemain basket professional pun masih terus melatih teknik shooting. Shooting yang benar akan menghasilkan lemparan bola yang kuat dan tepat sasaran. Berikut ini adalah 11 cara memperkuat lemparan bola bagi pemula. Teknik ini sangat penting bagi Anda yang ingin menguasai permainan basket yang benar.

  1. Posisi Berdiri

Untuk menghasilkan lemparan bola yang kuat, hal pertama yang harus diperhatikan adalah posisi berdiri. Cara berdiri yang benar ketika ingin melakukan shooting yaitu dengan membuka kaki selebar bahu dengan menekuk lutut sedikit. Ketika menekuk lutut pastikan posisi paha stabil. Setelah itu, posisi badan lurus menghadap ring.

Ketika hendak melakukan lompatan shooting, posisi bahu atau tubuh lebih condong ke depan, bukan miring ke samping atau ke belakang. Tetap jaga keseimbangan tubuh ketika melakukan lompatan.

  1. Posisi Memegang Bola

Ketika memegang bola, pertama-tama gunakan kedua tangan Anda. Namun saat hendak melakukan shooting, hanya satu tangan saja yang digunakan. Siku tangan yang digunakan untuk mendorong bola agak ditekuk membentuk huruf L terbalik. Sedangkan tangan yang lainnya bebas sambil membantu menjaga keseimbangan. Hal terpenting lainnya lagi adalah pada saat melakukan shooting, gunakan ujung jari, bukan telapak tangan.

  1. Set Point

Cara memperkuat lemparan bola basket untuk pemula selanjutnya yaitu set point. Set point yaitu posisi bola sebelum dilakukan shooting. Bahu dan badan menghadap ring sementara bola ditempatkan di samping kanan wajah agak maju sedikit dari bahu. Set point juga bisa dilakukan dengan menempatkan bola beberapa senti di depan wajah, jika pemain merasa lebih nyaman melakukan demikian. Selain itu, posisi bola yang paling baik yaitu setinggi dahi atau sedikit di atasnya lagi. Hal ini bertujuan untuk menghindari block.

  1. Posisi Mendorong Bola ke Atas

Dibutuhkan banyak kekuatan ketika melakukan dorongan bola ke atas saat melakukan shooting, khususnya saat melakukan jump shot dan free throw. Lebih jauh lagi, ketahui juga cara melempar bola basket dengan benar. Ketika melakukan lemparan dari jarak jauh, jangan terlalu menggunakan kekuatan otot lengan maupun pergelangan tangan. Yang benar adalah dengan membiarkan otot kaki yang bekerja. Kemudian, lepaskan bola saat melakukan lompatan naik, bukan pada saat turun.

  1. Mengarahkan Bola

Jangan melakukan kesalahan dalam bola basket, terutama saat mengarahkan bola. Ketika ingin mengarahkan bola, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menentukan titik tujuan. Titik tujuan pelepasan bola bisa di bagian belakang ring basket atau tepat di bagian depan atas ring. Yang harus diperhatikan selanjutnya adalah memfokuskan hanya pada titik tujuan tersebut, bukan pada bola.

  • Melepaskan Bola
  • Ketika ingin melepaskan bola, lengan kanan diarahkan ke depan (arah ring basket), namun siku tetap pada posisi di dalam. Luruskan siku, lalu dengan menggunakan gerakan ujung jari dan pergelangan tangan lepaskan bola. Lakukan shooting dengan membentuk posisi melengkung seperti busur. Dengan posisi ini, kemungkinan bola masuk ring akan lebih besar.

    Untuk shooting dengan jarak yang lebih jauh, gunakan tenaga ekstra saat melakukan lompatan dan melakukan set point rendah. Jangan ubah cara melepaskan bolanya. Gunakan ujung jari dan kekuatan lengan, bukan menggunakan telapak tangan. Sedangkan untuk shooting jarak pendek, lepaskan bola dengan set point yang tinggi dan mendekati puncak lompatan.

    1. Follow Through

    Untuk mendapatkan spin bola yang bagus, maka harus melakukan follow through yang benar. Caranya, pertama-tama arahkan jari-jari ke ring basket dengan pergelangan tangan menekuk ke depan seperti leher angsa. Pertahankan posisi ini sesaat setelah shooting hingga bola mencapai ring. Ketika melakukan follow through, posisi telapak tangan yang benar adalah menghadap ke arah lantai. Pandangan mata harus diarahkan pada target, bukan pada bola.

    1. Latih Teknik Melempar Bola Jarak Jauh

    Untuk memperoleh kekuatan lemparan bola yang maksimal, coba mulai dengan berlatih melakukan lempar bola dari jarak jauh. Melempar bola dari jarak jauh membutuhkan kekuatan yang ekstra dan teknik yang sedikit berbeda dari yang jarak normal dan dekat. Namun yang paling utama adalah kekuatan tangan yang besar. jika terbiasa dengan teknik ini maka kekuatan melempar bola juga akan bertambah. Pahami dan kuasai teknik-tekniknya yang benar agar menghasilkan tembakan yang kuat dan tepat sasaran. Jika berhasil menguasai melempar bola jarak jauh, maka akan mudah untuk menguasai teknik melempar dari jarak normal dan dekat.

    1. Melatih Keseimbangan

    Menjaga keseimbangan salah satu poin penting dalam menghasilkan lemparan bola yang kuat dan tepat. Selain itu juga merupakan hal dasar yang penting bahkan wajib untuk dikuasai oleh pemula maupun pemain basket profesional. Keseimbangan tubuh diperlukan ketika melakukan shooting. Jika tubuh tidak terjaga keseimbangannya, maka akan menyebabkan lemparan bola meleset atau keluar dari sasaran. Posisi tubuh ketika melakukan tembakan bola harus benar, mulai dari tangan, bahu, dan kaki. Terus latih keseimbangan tubuh dengan mengikuti teknik yang benar.

    1. Melatih Kekuatan Tangan

    Untuk menghasilkan lemparan yang kuat dan tepat sasaran, yang selanjutnya penting dilakukan adalah dengan melatih kekuatan tangan. Ini penting dilakukan karena ketika melakukan shooting, tangan lah yang memegang bola. Sehingga dibutuhkan kekuatan tangan yang baik untuk menghasilkan shooting yang kuat. Untuk mendapatkan kekuatan tangan yang baik, coba latihan melakukan shooting sebanyak mungkin. Lakukan berbagai macam variasi tembakan dan titik tujuan pelepasan bola.


    1. Latih Kemampuan Shooting

    Untuk melatih kemampuan shooting yang baik dan benar bagi pemula, hal yang paling penting dilakukan adalah dengan terus berlatih. Coba terus latih kemampuan melempar bola dari yang dasar dulu. Bisa dimulai dari melakukan teknik dribble atau menggiring bola dengan lari cepat, melakukan shooting dengan satu tangan, dan lay-up dari kedua sisi. Melatih kemampuan shooting akan memperbesar kemampuan melempar bola yang kuat dan tepat sasaran.

    1. Latih Kekuatan Fisik & Stamina

    Dalam olahraga apapun, tidak hanya basket, kekuatan fisik dan stamina sangat penting. Untuk memperkuat lemparan bola basket, lakukan latihan kekuatan fisik dan stamina. Jangan sampai cepat merasa kelelahan dan kehabisan stamina. Cobalah rutin melakukan latihan fisik dengan melakukan skipping, jogging, dan olahraga ringan lainnya untuk mendapatkan fisik yang tetap terjaga.

    Nah itulah tadi 11 cara memperkuat lemparan bola bagi pemula untuk dapat menguasai permaianan basket yang benar hingga menjadi seorang pemain professional. Namun yang paling utama dari semua teknik tersebut adalah memahami peraturan permainan bola basket dan menjaga ketahanan fisik serta stamina. Memahami aturan main bola basket penting bagi pemula sebelum nantinya menjadi pemain profesional. Yang paling penting lagi, perhatikan cara-cara melakukan teknik yang tepat. Biasanya teknik-teknik ini diajarkan oleh pelatih, namun jika ingin belajar secara otodidak tetap bisa berlatih sendiri dengan melihat dari tayangan video-video di Youtube.