Sponsors Link

6 Macam-macam Shooting Bola Basket Beserta Gambarnya

Sponsors Link

Dalam teknik dasar permainan bola basket, terdapat pula macam-macam shooting bola basket yang perlu untuk dipahami sekaligus dilatih dengan baik oleh para pemain bola basket, khususnya yang masih pemula. Shooting adalah menembakkan bola basket ke arah ring lawan dengan tujuan mencetak poin. Penting untuk mengenali jenis-jenis tembakan dalam permainan ini agar performa selama pertandingan lebih sempurna.

ads
  1. Lay Up Shoot

Lay Up ShootPara pemain basket wajib untuk menguasai lay up shoot pada permainan bola basket. Tembakan satu ini pada umumnya dilakukan pada akhir dribble, yakni saat pemain yang menggiring bola sudah berjarak dekat dengan ring atau hanya tinggal beberapa langkah saja. Lay up shoot juga disebut dengan tembakan melayang karena proses memasukkan bola adalah sambil melompat menuju arah papan ring.

  • Awal dari shooting ini adalah mendribble bola.
  • Ketika telah dekat dengan ring, bola ditangkap.
  • Lanjutkan dengan melangkah tanpa harus melakukan dribble bola dengan mengambil 2-3 langkah.
  • Pastikan pandangan lurus ke ring lawan yang menjadi sasaran.
  • Ambil gerakan melompat.
  • Lemparkan bola dan jika perlu bisa juga dipantulkan pada kotak hitam.

Berlatihlah untuk bisa menguasai teknik shooting satu ini apapun posisi pemain basket yang Anda pegang dan alangkah baiknya bila Anda berlatih bersama teman supaya mampu belajar menghindar dari blocker. Dribble pun juga bisa dilatih supaya tak terlepas dari genggaman tangan sewaktu berlari menuju ring lawan.

  1. Set Shoot

Set ShootJenis shooting satu ini pada umumnya pemain basket gunakan sewaktu free throw atau lemparan bebas yang dilakukan pada area lemparan bebas. Untuk set shoot ini tidak perlu dilakukan sambil melompat. Sayangnya karena lawan mudah menghalangi, jenis tembakan ini kini mulai jarang diterapkan sewaktu pertandingan.

  • Awali dengan memegang bola menggunakan kedua tangan.
  • Lutut kemudian ditekuk sedikit seperti melakukan posisi kuda-kuda.
  • Badan perlu berada dalam posisi tegak lurus dan pandangan bisa diarahkan pada ring lawan yang menjadi target.
  • Selanjutnya, bola bisa kita lempar dengan melenturkan jari-jari tangan lebih dulu lalu memberikan dorongan dari lengan.
  • Penting untuk menembakkan bola menggunakan perasaan kita supaya lebih fokus, maka perlu melatih naluri atau perasaan dalam hal shooting ini.
  1. Hook Shoot

Hook ShootTipe shooting satu ini akan lebih maksimal hasilnya ketika dilakukan oleh bigman atau pemain besar dalam sebuah tim bola basket. Dalam melakukan teknik shooting ini, pemain perlu memunggungi ring basket dan tangan kemudian melemparkan bola secara lembut namun tetap berupaya melempar jauh dari penjagaan lawan.

  • Tubuh harus dalam kondisi seimbang di mana tumpuan berat badan ada pada kaki.
  • Kaki dan kepala harus sejajar dan lutut pun perlu ditekuk demi memberi kekuatan tembakan serta mendukung aksi lompatan.
  • Pandangan harus tetap fokus pada ring di mana tembakan perlu dilakukan dari arah samping apabila posisi penembak dari papan ring ada pada sisi 45 derajat.
Sponsors Link

  • Tangan yang digunakan menembakkan bola bisa berada di belakang bola sementara jari-jari tangan bisa berada dalam kondisi membuka dan tangan yang tidak menembak bisa diletakkan di bawah bola sebagai media keseimbangan.
  • Bola ditembakkan dengan lembut, lutut pun bisa kita lenturkan supaya memperoleh ritme dan kekuatan penuh untuk gerakan kaki.
  • Pergelangan sekaligus jari-jari tangan posisinya bisa berada di ring yang sudut kemiringannya 45-60 derajat.
  1. Jump Shoot

Jump ShootUntuk teknik shooting satu ini, cara melakukannya adalah dengan melakukan lompatan setinggi mungkin yang dimaksudkan agar tembakan bola tak bisa direbut atau dijangkau oleh pemain lawan. Beberapa langkah berikut ini kiranya mempermudah Anda untuk melakukan jump shoot.

  • Posisikan bola agak di atas kepala namun berada di depan.
  • Pandangan fokuskan pada arah sasaran atau ring basket lawan.
  • Tidak perlu maju atau mundur dari tempat Anda berdiri supaya tubuh tetap terjaga keseimbangannya.
  • Bola bisa kemudian dilepaskan saat telah sampai pada titik lompatan paling tinggi.
  • Naluri kita akan membantu supaya pelepasan bola dan tembakannya benar-benar tepat dan pastikan untuk rileks saat hendak melemparkan bola.
  • Tetap terus berlatih shooting jenis ini agar tembakan jenis ini bisa dieksekusi dengan baik.

Pada teknik jump shoot sendiri, dibagi lagi menjadi beberapa jenis, yakni:

  • No charge jump shoot. Pada jenis shooting ini pemain perlu melakukan tembakan menghindari offensive foul, artinya lompatan vertikal perlu dilakukan dan bukan lompatan ke depan karena lompatan ke depan bisa terkena offensive foul.
ads
  • Drive and jump shoot. Jump shoot jenis ini pada umumnya perlu dieksekusi dengan sempurna dengan mendribble lebih dulu dan kemudian menembakkan bola ke arah ring lawan.
  • Quick shoot. Jenis tembakan jump shoot ini perlu dilakukan secara cepat sehabis pemain menerima operan bola dari kawan satu tim. Tembakan bisa dilakukan dengan mendahului penjagaan lawan.
  • Standing jump shoot. Shooting jenis ini bisa dilakukan pada area bebas halangan dari tim lawan sesudah mendapatkan operan dari teman satu tim.
  1. Dunking

DunkingDunking ini merupakan suatu jenis shooting bola basket yang menguntungkan bagi para pemainnya. Walau dulunya sempat dianggap sebatas atraksi khusus yang istimewa namun rupanya kini telah umum melihat tembakan ini dipergunakan oleh banyak pemain basket.

Salah satu keuntungan dari tembakan ini adalah sulitnya dihalangi oleh lawan walau tanpa lompatan jauh. Gerakan shooting ini adalah gerakan serangan yang sangat memesona dan bahkan mampu meningkatkan semangat tim. Selain itu, dunking merupakan jenis shooting yang bisa dilakukan menggunakan kedua tangan atau bahkan satu saja, baik itu dari depan maupun belakang.

Berikut ini merupakan beberapa jenis teknik dunking yang juga perlu untuk kita pahami dengan baik dengan tetap berpegang pada peraturan permainan bola basket, terutama jika masih menjadi pemula dalam bola basket.

  • Crossover Dunk – Tembakan dilakukan dengan sebelumnya tangan yang satu mengoper bola basket ke tangan lainnya melalui celah pada kedua kaki. Maka dari itu, cara mengoper bola basket pun perlu dikuasai dengan baik.
  • Back Dunk – Dunk jenis ini biasanya pemain lakukan dengan posisi tubuh justru mengarah ke belakang.
  • Tip Dunk – Dunk jenis ini adalah saat teman setim menembakkan bola namun tak masuk ke ring dan pemain lain melakukan lompatan untuk menangkap bola yang memantul alias rebound yang kemudian dilanjutkan langsung dengan tembakan memasukkan bola ke ring sebelum kaki menyentuh permukaan lantai.
  • Alloy-Ops – Jenis ini adalah jenis slam dunk yang pelaksanaannya dilakukan untuk mengoper bola dari satu orang ke teman satu timnya yang tengah melompat. Target operan perlu menangkan bola saat melompat tersebut dan segera slam dunk.
  • Walking in the Air – Teknik tembakan ini juga masih termasuk golongan slam dunk di mana cara melakukannya adalah dengan melakukan lompatan jauh dan setinggi mungkin seperti tengah berjalan di udara. Dari posisi itulah, bola ditembakkan langsung pada ring basket lawan.
  • 360 Degree Dunk – Dunk jenis ini pemain perlu lakukan dengan cara memutar tubuh lebih dulu 360 derajat dan disusul dengan dunk.
  1. Reverse Lay Up Shoot

Reverse Lay Up ShootJenis shooting pada bola basket ini pada dasarnya memanfaatkan backboard dan ring supaya mampu menjaga pemain penembak dari pemain bertahan yang bertugas sebagai blocker atau penghalang tembakan dari arah belakang. Reverse lay up shoot merupakan jenis tembakan yang sempurna dan bermanfaat ketika dilakukan justru sesudah penetrasi sepanjang garis belakang.

Teknik ini juga akan lebih baik bila dilakukan saat pemain telah mendapatkan bola. Ketika telah menerima bola terutama pada area terlarang yang posisinya memunggungi ring basket lawan, tembakan bisa dilancarkan.

Macam-macam shooting bola basket telah diuraikan dan kiranya dapat menjadi pengetahuan khususnya bagi para pemula dalam dunia olahraga bola basket. Dengan mengenal macam-macam shooting, ini adalah salah satu cara bermain bola basket supaya tepat hasilnya.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Saturday 03rd, February 2018 / 16:02 Oleh :
Kategori : Basket