15 Cara Bermain Bola Basket yang Benar Bagi Pemula

Bola basket merupakan sebuah permainan olahraga yang menyenangkan di mana banyak orang baik pria maupun wanita menyukainya. Olahraga menghibur satu ini juga termasuk menantang dan oleh karena itu bola basket pun dipertandingkan. Mengetahui teknik dasar permainan bola basket adalah penting, namun cara bermain bola basket yang benar pun perlu untuk kita pahami dengan baik.

  1. Memiliki 2 Tim

Dalam permainan bola basket, tentu saja posisi pemain basket perlu diatur dengan baik dan untuk itulah harus pecah menjadi 2 tim. Basket memang dimainkan secara beregu dan ada 2 buah tim atau regu yang masing-masing memiliki 5 orang pemain untuk permainan lapangan penuh.

Itu artinya, permainan setengah lapangan pun bisa dilakukan di mana setiap tim harus terdiri dai 3 pemain saja. Bola basket sebenarnya juga boleh dimainkan secara beramai-ramai, hanya saja pastikan untuk memainkan olahraga ini dengan jumlah pemain genap.

  1. Ada Bola dan Ring

Tentunya saat hendak bermain bola basket, bola dan ring menjadi kebutuhan utama permainan yang harus sudah tersedia. Ukuran bola pun tak boleh sembarangan karena perlu disesuaikan berikut juga ring di mana jaring yang digunakan pun bisa dilalui oleh bola. Ketinggian ring pun perlu ditentukan dan pastikan cukup menantang bagi para pemain.

Pada peraturan permainan bola basket, bola yang digunakan untuk permainan adalah berbahan karet dan juga kulit sintetis di mana juga mudah untuk ditembakkan dengan nyaman. Sementara untuk ring basket adalah 10 meter dengan 18 inci sebagai diameternya dengan papan plexiglass yang mendukung untuk memantulkan bola saat menembak. Lapangan basket sendiri juga perlu memiliki 2 buah lingkaran di maan panjang sau lingkaran pada tiap akhir lapangan adalah 94 kaki.

  1. Mencetak Angka

Pada permainan bola basket, pemain perlu mencetak angka yang bernilai 1-3 poin dengan cara menembakkannya melalui ring; pemain penyeranglah yang perlu melakukan tembakan ini. Perhatikan pula adanya pelanggaran dalam bola basket yang meliputi tembakan pelanggaran dengan nilai satu poin masing-masing dan perlu diambil dari garis lemparan bebas dengan jarak 15 kaki dari ring basket. Ketika terjadi pelanggaran selama dalam usaha pemain dalam proses menembak, maka pemain biasanya diberi kesempatan antara 1 dan 3 lemparan bebas.

  1. Mengoper Bola

Passing atau mengoper bola adalah cara untuk memindahkan bola dari kita ke pemain sekutu alias teman satu tim kita. Dari posisi dan gerakan mendribble atau menggiring bola, kita bisa kemudian memutuskan untuk mengoper bola kepada teman apabila ia memiliki posisi yang bagus untuk menyerang atau mempunyai kesempatan baik dalam mencetak angka dengan memasukkan bola ke ring tim lawan.

  1. Mengoper secara Akurat dan Tajam

Operan seorang pemain basket yang baik adalah akurat dan tajam. Operan dada adalah cara mengoper bola basket yang paling kerap digunakan oleh para pemain basket dengan memegang bola tepat di depan dada menggunakan kedua tangan. Dari depan dada itulah, bola kemudian dilemparkan ke arah teman setim.

Operan memantul juga adalah jenis operan bola basket paling umum di mana cara memegangnya sama seperti pada operan dada namun bola kemudian dipantulkan ke lantai dan diterima oleh pemain yang Anda targetkan untuk menerimanya. Operan ini terlihat lebih mudah, namun pada pertandingan yang sesungguhnya, pemain lawan bisa sewaktu-waktu mengambil kesempatan untuk merebut bola saat bola memantul, jadi waspadai akan hal tersebut.

  • Tidak Boleh Berhenti Menggiring Bola
  • Meski tujuan dan maksud kita adalah hendak mengoper bola kepada teman setim, bola yang kita bawa dengan cara menggiringnya tak boleh sampai berhenti. Teruslah bergerak untuk menggiring bola sampai berhasil mengoperkannya kepada teman atau menembakkan bola ke arah ring tim lawan. Berhenti menggiring bola justru adalah pelanggaran ketika menggiring, berhenti lalu lanjut menggiring bola kembali.

    Justru bila sampai terjadi hal tersebut, ini adalah bentuk pelanggaran yang kita istilahkan sebagai “double-dribble.” Saat sudah akan menembakkan bola, pastikan untuk lebih dulu mengambil 2 langkah tanpa menggiring bola sebelum bola ditembakkan atau dioperkan kepada teman setim. Mengambil  lebih dari 2 angka akan berakibat pelanggaran.

    1. Menggunakan Ujung Jari untuk Memantulkan Bola

    Demi mengendalikan bola dengan baik serta aman, menggiring bola bisa dilakukan dengan ujung jari dan bukan menggunakan telapak tangan. Para pemula biasanya akan mengalami kesalahan pada poin ini. Lakukan lebih dulu dengan posisi berdiri sambil memantulkan bola.

    Pergelangan tangan harus lentur ketika memantulkan bola, upayakan juga untuk menjaga siku pada pinggul dan kemudian menggerakkan siku hanya sesekali saja dan tak perlu banyak-banyak. Untuk pantulan yang nyaman dan sempurna, memang hal ini tergantung juga pada bola basket yang digunakan. Spesifikasi dari bola yang mengembang perlu setepat mungkin dan kalau kurang bisa memantul, tambahkan udara ke dalamnya.

    1. Mengendalikan Bola Setinggi Pinggang

    Bagi para pemula, mengendalikan bola memang cukup sulit ketika memantulkannya. Namun, untuk dapat mengendalikan bola dengan baik diperlukan latihan dan praktik yang cukup sering dan teratur dalam menggiring bola. Lakukan secara rendah lebih dulu dan kemudian jaga tetap stabil untuk bola yang pantulannya setinggi pinggang.

    1. Pandangan Harus Benar

    Walau kita berjalan atau bahkan berlari sambil menggiring bola dan mengendalikannya agar tetap stabil dan tak jauh dari kita, kepala dan pandangan tak boleh hanya berfokus pada bola yang tengah kita bawa. Pemain basket perlu waspada terhadap serangan dari tim lawan.

    Pandangan harus benar, yakni melihat sekeliling kita dan bukannya ke arah bawah, fokus kepada bola atau bahkan lurus ke depan saja. Pemain bola basket pun perlu melihat apakah ada celah yang bagus untuk mengoper bola kepada teman setim dan juga celah untuk menyerang dan memasukkan bola ke ring demi mencetak angka.

    1. Bergerak dengan Berjalan

    Pada permainan basket, menggiring bola bukan diawali dengan posisi berdiri atau bahkan berlari, melainkan berjalan dengan nyaman. Ketika menggiring bola dengan berjalan sudah cukup nyaman, maka mulailah untuk berlari dan ambil gerak lari cepat nan pendek sewaktu menggiring bola.

    Saat berjalan cepat, pemain perlu juga tetap tahu bagaimana cara mengontrol bola dengan baik supaya tetap stabil memantul. Untuk melatih hal ini, sediakan beberapa kursi atau kerucut yang bisa membantu Anda dalam praktik menggiring bola dengan bentuk angka 8. Lakukan dengan cepat namun bola tetap terkendali dengan baik.

    1. Menggiring Bola Menggunakan Kedua Tangan

    Menggiring bola basket tentunya perlu dilakukan dengan tangan yang dominan agar lebih nyaman dan hasilnya tidak merugikan kita dan tim. Namun, penting pula bagi seorang pemain basket untuk bisa bermain bola basket menggunakan kedua tangan, khususnya dalam hal menggiring atau mendribble bola.

    Untuk dasar-dasar menggiring bola basket, kita bisa menggunakan tangan dominan kita, yakni tangan yang biasa kita pakai untuk menulis. Tapi juga tak salah bila kita pun berlatih menggunakan tangan yang kurang dominan untuk menggiring bola. Lakukan sambil berjalan lebih dulu sebelum kemudian bisa dilakukan sambil berlari. Pemain bola profesional tentunya menggiring bola dengan kedua sisi tangan merupakan hal sepele.

    1. Menembak dengan Lurus

    Saat hendak menembakkan bola yang Anda bawa ke ring lawan, berhenti lebih dulu dalam menggiring bola dan pegang bola menggunakan kedua tangan dengan arah tubuh dan pandangan menuju ring secara lurus. Lemparkan bola untuk memasukkan bola ke dalam ring dengan cara mengambil satu dribble atau pantulan bola sambil mengubah arah pinggul dengan cepat.

    1. Menembak dengan Kaki Melompat

    Supaya tembakan mendapatkan tenaga lebih, berjongkoklah lebih dulu dan dan lakukan lompatan yang bersamaan dengan gerakan menembakkan bola. Lompatan harus dilakukan lurus ke atas dan bukannya ke belakang atau ke depan agar kekuatan tambahan dalam menembak dapat diperoleh dari situ. Namun pada kasus lemparan bebas biasanya tak perlu dilakukan dengan lompatan.


    1. Lay-Up

    Lay-up merupakan latihan dasar yang para pemula perlu latih dan kuasai karena dengan lay-up inilah memperoleh 2 poin pun lebih mudah. Cara melakukan lay-up sendiri adalah dengan memosisikan tubuh agak jauh dari ring di mana kaki salah satunya bisa agak ke depan. Bola dipegang dengan kedua tangan dan berlarilah sambil menggiring bola. Ketika sudah dekat dengan ring, tolakan bisa dilakukan di mana puncak lompatan adalah di waktu yang sama dengan bola yang ditembakkan ke ring hingga tangan sampai menyentuh ring.

    1. Mengambil Bola Pantulan

    Ketika bermain bertahan, penting untuk berlatih meraih pantulan. Saat pemain lawan melakukan tembakan yang kemudian kurang berhasil, kita bisa mengambil peluang tersebut dengan merebut bola. Jadi, posisi kita sebagai pemain bisa tetap ada di bawah keranjang dan mengambil bola ketika terjadi pantulan bebas; saat terjadi perebutan bola, kita perlu menjadi pemain yang duluan meraih bola tersebut.

    Dalam cara bermain bola basket, itulah beberapa hal penting untuk diperhatikan khususnya bagi para pemula. Menghindari melakukan pelanggaran juga adalah catatan serius untuk dipahami agar mampu menjadi tim pemenang.