Sponsors Link

5 Cara Melempar Bola Basket dengan Benar

Sponsors Link

Olahraga basket merupakan olahraga yang cukup populer di dunia. Dimainkan oleh 5 pemain dalam satu tim, dimana hanya ada 2 tim yang akan bertanding untuk memasukkan bola sebanyak – banyaknya ke jaring lawan. Basket menggunakan tangan sebagai media utama dalam memainkanya. Salah satu atlet basket terkenal dunia adalah Kobe Bryant dimana merupakan pemain di yang bermain di NBA Amerika.

ads

Di Indonesia sendiri bola basket juga memiliki penggemarnya tersendiri dan juga termasuk olahraga populer selain sepak bola dan bulu tangkis. Bahkan, olahraga basket juga dimasukkan ke dalam materi perlajaran sekolah. Dalam permainan basket, terdapat banyak teknik dasar yang bisa anda pelajari, diantaranya yaitu teknik mendribble bola, teknik melempar bola, teknik menangkap bola, teknik shooting, dan juga teknik rebounding. Selain itu juga terdapat beberapa teknik tanpa bola, dimana mengajarkan anda bagaimana cara merebut bola dari lawan, dan teknik defense. Karena basket sangat sensitif terhadap kontak fisik antar pemain.

Untuk menjadi seorang pemain basket professional, anda perlu menguasai semua teknik dasar. Dan salah satu teknik dasar yang terpenting adalah teknik melempar bola basket. Dalam melempar bola basket, bukanlah perkara yang mudah bagi seorang pemula. Karena bola basket memiliki bobot yang lumayan berat. Untuk itu kami sajikan 5 Cara melempar bola basket yang baik dan benar.

  1. Chest Pass (Melempar setinggi dada)

Sebelum anda belajar melempar bola basket, anda bisa mempelajari dahulu cara memegang bola basket, dimana teknik ini merupakan teknik paling dasar dalam bermain basket. Chest Pass, merupakan cara melempar bola basket secara lurus setinggi dada dengan menggunakan dua tangan. Lemparan ini biasa digunakan untuk mengoper lawan yang jaraknya dekat, dan tanpa halangan. Karena lemparan ini lurus setinggi dada. Dan berikut adalah cara melempar basket dengan teknik chest pass.

Sikap awalan dalam melakukan lemparan chest pass.

  • Anda bisa berdiri dengan menghadap ke pemain yang ingin anda oper, kedua kaki dibuka ke depan selebar bahu, badan agak condong ke depan, dan lutut agak sedikit ditekuk
  • Bola dipegang dengan kedua tangan, dan diletakkan di depan dada
  • Tekuk siku dan tarik bola kedalam, sehingga bola tepat di depan dada.
  • Lempar bola dengan meluruskan tangan dan lecutkan dengan tenaga
  • Sambil melepaskan bola dari tangan, dan ketika tangan sudah pada kondisi lurus. Telapak tangan juga ikut mendorong, dengan diikuti gerakan jari-jari agar lemparan kuat dan tepat.

Dalam melakukan lemparan ini, sebisa mungkin lemparan kuat. Agar bola yang datang bisa lurus dan cepat, sehingga kemungkinan bola di potong lawan sangat kecil. Untuk itu perlu menguatkan tangan anda agar lemparan bisa akurat. Anda bisa mempelajari latihan fisik untuk pemain basket.

  1. Overhead Pass (Melempar diatas kepala)

Overhead pass atau lemparan di atas kepala biasanya digunakan ketika memberikan operan kepada pemain dengan jarak jauh, kepada pemain dengan jarak dekat namun lawan sangat dekat dengan anda. Selain itu teknik lemparan ini juha bisa digunakan untuk melakukan shooting ke dalam ring dari jarak yang sangat jauh. Untuk mempelajari teknik shooting yang lain anda bisa mempelajari Macam-macam teknik shooting dalam bola basket. Overhead pass bertujuan untuk menghindari jangkauan tangan dari lawan. Dan berikut adalah cara melempar bola basket dengan teknik overhead pass.

  • Sikap Awalan, dalam melakukakn sikap permulaan, anda bisa berdiri dengan salah satu kaki didepan dengan kaki dibuka selebar bahu. Pegang bola diatas kepala dengan menggunakan bola tangan. Tekuk kedua kaki dan pusatkan pandangan pada sasaran lemparan.s
  • Sikap Melempar, Setelah anda sudah berada pada sikap awalan, gerakkan bola yang tadinya berada diatas kepala tarik kebelakang hingga ke belakang kepala, atau sesuai jarak dari obyek yang akan anda lempar. Lempar bola dengan melewati kepala dan lecutkan bola dengan menggerakan telapak dan juga jari tangan.
    Sponsors Link

  • Sikap Akhir, jari tangan berfungsi untuk lebih lebih mengarahkan dan juga meningkatkan akurasi dari lemparan anda.
  1. Bounce Pass (Lemparan pantul)

Bounce Pass merupakan Lemparan dengan memantulkan bola ke lantai. Tujuan dari lemparan ini adalah untuk mengoper kepada teman, untuk menghindari pemain lawan yang jangkung. Dalam melakukan lemparan ini, anda harus bisa memprediksi sudut lemparan dan juga letak teman anda berada. Dan berikut adalah tehapan dalam melakukan lemparan bola basket dengan teknik bounce pass.

  • Berdiri dengan kedua kaki terbuka, kira-kira selebar bahu.
  • Tekuk sedikit lutut
  • Condongkan sedikit badan anda ke depan
  • Pegang bola dengan kedua tangan di depan dada dan tangan dalam keadaan menekuk
  • Lempar kebawah hingga memantul lantai untuk memberikan umpan kepada teman anda
  • Anda bisa menggunakan jari tangan untuk menambah kecepatan dan akurasi dari laju bola, namun juga jangan terlalu keras, karena akan menyulitkan teman anda dalam menangkap bola.

Lakukan latihan beberapa kali, dan simulasikan dengan teman anda. Lakukan bertahap, mulai dari jarak yang dekat dan jauh, variasikan dengan lawan yang juga ikut bermain untuk menghalangi pandangan. Selain itu, untuk melakukan bounce pass anda harus bisa memprediksi sudut dan kecepatan lemparan.s

  1. Baseball Pass

Lemparan ini biasa dilakukan ketika mengoper dengan rekan satu tim dalam jarak yang sangat jauh.  Biasanya base ball pass digunakan untuk mengumpan dengan jarak lebih dari setengah lapangan.  Base ball pass dilakukan dengan menggunakan satu tangan dimana lemparan dilakukan dari atas. Lemparan ini memang tidak terlalu akurat, namun sangat efektif jika untuk melakukan serangan balik atau Fast Break. Berikut adalah cara untuk melakukan lemparan base ball pass.

  • Posisikan badan berdiri dengan salah satu kaki di depan selebar bahu
  • Bawa bola dengan satu tangan ke bagian belakang kepala
  • Angkat satu tangan yang tidak memegang bola ke depan hingga hampir setinggi dada. Hal ini bertujuan untuk menambah tenaga lemparan dan meningkatakan akurasi lemparan.
  • Lalu lempar bola ke atas, namun juga perkirakan bola jatuh pada sasaran yang anda tuju.
  1. Behind The back Pass (Lemparan belakang punggung)

Lemparan ini sengat jarang digunakan, dimana teknik lemparan ini juga cukup rumit untuk dilakukan. Teknik Lemparan behind the back pass bertujuan untuk mengecoh lawan yang berada di depan dengan cara mengopernya ke pemain di yang menyambut bola disamping secara cepat. Sehingga pemain lawan tidak bisa memprediksi arah lemparan bola. Dan berikut adalah beberapa tahapan dalam melakukan behind the back pass. 

Sponsors Link

  • Pegang bola dengan satu tangan, dengan kaki terbuka selebar paha.
  • Lakukan gerakan dengan cepat, dengan memutar telapak tangan dan jangan sampai bola terjatuh.
  • Lalu sapukan bola menuju samping berlawanan dengan tangan anda.
  • Pergunakan telapak tangan dan jari-jari dalam memaksimalkan laju bola

Lakukan latihan berkali-kali, sehingga anda bisa melakukanya dengan baik. Dalam melakukan teknik lemparan ini dalam bermain bola basket, anda harus bergerak cepat dan berkoordinasi dengan pemain satu tim anda.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 10th, May 2018 / 08:08 Oleh :
Kategori : Basket