Sponsors Link

6 Cara Memegang Bola Basket yang Paling Benar

Sponsors Link

Setiap pemain basket, terutama bagi yang masih tergolong pemula, harus sudah mampu menguasai cara memegang bola basket yang benar. Walau kelihatannya sepele karena hanya memegang bola basket, cara yang diterapkan pada permainan ini tidaklah sembarangan. Merupakan salah satu teknik dasar permainan bola basket, kita perlu mempelajarinya bahkan sebelum berlatih menggiring, melempar atau menembakkan bola.

ads

Memegang bola basket menjadi yang paling dasar dan penting selain mengenal sarana dan prasarana basket karena kita akan selalu emmegangnya terutama sewaktu menerima atau menangkap bola operan dari kawan satu tim. Bahkan sewaktu kita hendak menembak bola ke dalam ring lawan, pegangan bola basket juga harus benar. Pengendalian bola ditentukan dari cara memegangnya secara tepat.

  1. Membentuk Mangkok Besar

Membentuk Mangkok BesarPada umumnya, memegang bola basket adalah dengan membentuk lebih dulu mangkok besar untuk sikap awal tangan. Bila ingin memegang bola basket dengan kedua tangan, maka kedua tangan inilah yang kita bentuk dengan sikap seperti mangkok besar sementara bola letaknya ada di anatra kedua telapak tangan kita.

Pastikan agar telapak tangan melekat di samping bola tapi ke belakang sedikit, sambil bagian jari-jari kedua tangan melekat juga tapi dalam keadaan berjarak satu dengan lainnya. Ibu jari adalah yang letaknya paling dekat dari tubuh, yakni di bagian belakang bola yang arahnya menghadap ke tengah depan.

  1. Meletakkan Jari-jari Tangan pada Jalur Bola

Meletakkan Jari-jari Tangan pada Jalur BolaUntuk bagian ibu jari, kita dapat letakkan pada alur yang lurus dan membentang pada area tengah bola, sementara empat jari lainnya bisa diletakkan pada alur di atas alur tengah bola. Antara jari yang satu dengan lainnya hendaknya diberi jarak atau diregangkan meski tidak usah begitu lebar.

Memerhatikan alur garis yang ada pada bola basket pada dasarnya dapat dijadikan sebagai panduan yang lebih mudah juga bagi kita dalam menempatkan jari-jari saat memegangnya. Arah manapun tidak masalah, namun ketika baru mulai memegang bola basket, ada baiknya meletakkan jari sesuai alur yang sudah ada.

  1. Menggunakan Ibu Jari, Telunjuk, Jari Tengah dan Jari Manis

Menggunakan Ibu Jari, Telunjuk, Jari Tengah dan Jari ManisSaat memegang bola, pastikan bahwa kita juga menggunakan ibu jari, telunjuk, jari tengah serta jari manis. Justru pada waktu memegang bola basket ini, ujung-ujung jarilah yang bertugas menjaga bola agar tidak jatuh dan tetap pada genggaman kita. Pada poin ini yang dimaksudkan adalah bahwa ujung jari lebih banyak bekerja daripada bagian telapak tangan kita.

Dengan menekan ujung-ujung jari yang sudah disebutkan tadi pada bola yang dipegang menuju ke dalam. Jangan heran apabila telapak tangan tidaklah menempel pada bola sewaktu kita sudah menekankan ujung-ujung jari tadi pada bola. Ini adalah cara memegang yang benar sehingga tak perlu ragu ketika telapak tangan tak menyentuh bola.

Sponsors Link

  1. Meremas Bola

Meremas BolaLatihan tidak cukup hanya sampai pada penekanan dari ujung-ujung jari mulai dari ibu jari, telunjuk, jari tengah, serta jari manis. Ketika memegang bola, ada kalanya kita perlu meremas bola dan hal seperti ini pun wajib menjadi bagian dari latihan kita. Latihan ini bisa dilakukan dengan tujuan utama sebagai pembangun kekuatan jari.

Saat latihan memegang bola basket yang benar, pastikan untuk mengambil waktu khusus untuk menggunakan ujung-ujung jari yang sebelumnya sudah disebutkan untuk diremaskan pada bola. Hal ini berlaku saat kita memegang bola basket menggunakan kedua tangan dan dengan cara memegang yang benar, maka kita akan juga bisa berlatih cara mengoper bola basket yang benar serta akan lebih mudah lagi untuk melatih cara meningkatkan kemampuan tembakan bebas pada bola basket.

  1. Berlatih Pura-pura Mengoper

Berlatih Pura-pura MengoperKedua tangan kita perlu lebih dulu terbiasa memegang bola untuk kemudian dioper kepada teman satu tim. Saat pegangan kurang pas, kita bisa saja salah mengoper atau bola justru bisa dengan mudah lepas dari pegangan. Oleh karena itu, latihan pura-pura mengoper ini adalah salah satu langkah penting dalam meningkatkan pegangan bola basket di tangan.

Cara paling tepat pada latihan ini adalah dengan menggerakkan bola seperti hendak melempar atau mengoper namun kemudian menggunakan ujung-ujung jari yang telah menempel pada bola untuk memberikan tekanan dan menahannya kembali. Ini adalah cara yang otomatis mampu membiasakan tangan kita dalam menggerakkan bola selama masih di dalam pegangan. Dan juga dengan cara ini, kita mampu mengendalikan bola lebih baik sambil memperkuat pegangan pada bola.

Sponsors Link

  1. Menggunakan Bola Berukuran Lebih Kecil

Menggunakan Bola Berukuran Lebih KecilUntuk pemula, menggunakan langsung bola basket yang berukuran besar akan lebih sulit, jadi mengapa tidak membiasakan lebih dulu menggunakan bola basket dengan ukuran kecil? Lakukan latihan-latihan seperti yang sudah diulas sebelumnya di atas. Membiasakan diri dengan latihan tersebut akan memudahkan kita nantinya saat sudah menggunakan bola basket yang lebih besar.

Walau berbeda ukuran, namun paling tidak kita telah terbiasa memegang bola basket kecil secara stabil dan kuat yang kemudian kita terapkan pada bola yang lebih besar. Hanya membutuhkan waktu sebentar untuk bisa terbiasa dengan penggunaan bola besar berikut juga cara memegangnya.

Penting untuk melakukan peregangan tangan lebih dulu sebagai bagian dari latihan fisik untuk pemain basket sebelum latihan cara memegang bola basket yang benar supaya tangan kita tetap dalam bentuk yang baik dan lebih kuat. Karena pegangan bola basket ditentukan dari kekuatan jari-jari tangan kita, pastikan supaya kekuatan jari pun kita jaga.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Saturday 24th, February 2018 / 02:11 Oleh :
Kategori : Basket