Sponsors Link

8 Teknik Tinju untuk Pemula yang Benar dan Efektif

Sponsors Link

Tinju adalah suatu cabang olahraga yang dapat dikatakan menuntut secara fisik dan memerlukan stamina dan kondisi fisik yang baik. Tak hanya itu, teknik dasar tinju pun perlu dikuasai dengan benar supaya keterampilan dalam setiap aksi bisa sempurna. Bagi para pemula, hal ini tentu tidaklah mudah, jadi berikut ini merupakan teknik tinju untuk pemula dapat pelajari.

ads
  1. Pukulan Hook

Pukulan HookBila Anda penggemar olahraga tinju, maka pasti juga tahu betul bahwa pukulan hook merupakan teknik pukulan andalan dari petinju kelas berat bernama Mike Tyson. Tak hanya Mike Tyson, Ellyas Pical yang merupakan petinju Indonesia pun juga mempunyai pukulan hook kiri keras yang mampu meng-KO-kan lawan-lawannya.

Pukulan ini bisa dilakukan dengan melontarkannya ke arah badan lawan atau kepala, manapun asalkan tidak sedang dilindungi. Pukulan hook paling sering juga dikombinasi dengan jenis pukulan lainnya, namun kelemahannya adalah lontaran pukulaan yang sifatnya hanya menyapu. Karena dengan demikian, kita bisa menjadi lebih mudah terserang atau memperoleh pukulan balasan dari lawan.

  1. Pukulan Jab

Pukulan JabSeorang pemula juga perlu mempelajari pukulan jab di mana jab ini adalah pukulan pembuka pada olahraga tinju, yakni dengan mengarahkan pukulan lurus ke depan. Arah target bisa saja ke badan lawan atau bahkan wajahnya. Apabila petinju bergaya ortodoks, maka tangan kirilah yang dilontarkan untuk pukulan jab ini.

Bila petinju bergaya kidal, otomatis pukulan jab dieksekusi menggunakan tangan kanan yang dilontarkan ke depan secara lurus. Pukulan pendek ini memang sengaja dilakukan melalui tangan depan yang justru lebih lemah dengan tujuan agar lawan menjauh dari kita. Para petinju yang sudah profesional pada umumnya akan memilin pergelangan tangan sekaligus lengan mereka sebelum berkontak dengan lawan di depannya.

  1. Pukulan Uppercut

Pukulan UppercutPukulan pendek lainnya dalam tinju selain pukulan jab adalah pukulan uppercut. Pada umumnya pukulan ini menjadi andalan karena mampu membuat lawan KO. Jenis pukulan ini pun menjadi sangat penting bagi para pemula untuk menguasainya.

Pukulan uppercut biasanya bisa dilakukan dengan membentuk huruf V pada tangan dan siku, lalu dilontarkan dari arah bawah dengan target utama perut dan dagu lawan. Ulu hati juga termasuk menjadi sasaran yang bisa kita fokuskan saat hendak menggunakan teknik pukulan uppercut ini. Uppercut kiri maupun kanan milik Muhammad Rachman, petinju asal Indonesia terbilang sangat mengagumkan.

Sponsors Link

  1. Pukulan Silang

Pukulan SilangPukulan silang pun menjadi salah satu teknik tinju yang para pemula wajib untuk ketahui sekaligus latih dengan baik. Agak berbeda dari pukulan jab, lontaran pukulan memang mengarah lurus ke depan tubuh, namun tangan perlu digerakkan melintasi badan ke atas sedikit sambil memberikan kekuatan penuh di tangan tersebut.

Pada jenis pukulan silang ini, agar lontaran pukulan sukses dengan kekuatan yang cukup besar dan sempurna, maka kita perlu memanfaatkan bagian bahu. Bahu inilah yang menjadi pemberi tenaga di pukulan silang yang pada akhirnya bisa dieksekusi dengan baik.

  1. Pukulan Kombinasi

Saat teknik pukulan dasar pada tinju untuk pemula telah dikuasai dengan baik, maka pukulan kombinasi pun bisa dilakukan. Kombinasi antara pukulan jab dan silang adalah jenis pukulan kombinasi yang banyak diaplikasikan oleh para petinju kebanyakan. Kedua pukulan tersebut dapat disatukan dan merupakan kombinasi pukulan kuno yang tergolong efektif bila digunakan untuk memukul lawan.

Selain itu, kombinasi pukulan lainnya dengan efektivitas tinggi adalah kombinasi kuno tadi ditambah juga dengan pukulan hook. Untuk melakukannya, gunakan tangan kanan di mana pukulan jab dilakukan dengan tangan kiri di mana pukulan silang menggunakan tangan kanan bisa menyusul, lalu sebagai akhir pukulan adalah pukulan hook yang dieksekusi dengan tangan kiri.

Sponsors Link

  1. Menangkis, Memblokir dan Menghindar

Menangkis, Memblokir dan MenghindarTeknik lainnya di dalam tinju yang para pemula harus tahu dan kuasai adalah menangkis sekaligus juga memblokir pukulan lawan. Pada waktu menangkis, pastikan kedua sarung tangan diangkat ke atas lalu dagu diturunkan. Sebagai alternatif tangkisan, kita juga bisa menggunakan kedua tangan saat lawan memukul ke arah kita.

Pada waktu memblokir pukulan lawan, kedua tangan bersarung tinju dapat dirapatkan di depan dada dan wajah. Dampak pukulan dari lawan hanya akan dirasakan oleh kedua sarung tangan sehingga tubuh tak akan merasakan apapun. Namun, perhatikan juga waktu yang tepat untuk menyerang balik agar tidak terus-menerus dalam kondisi memblokir.

Pada waktu menghindar, inti dari teknik ini adalah gerakan memutar pinggang serta bahu secara tajam. Saat lawan menyerang dengan pukulannya yang ditargetkan pada kepala kita, segera putar pinggang sekaligus bahu dengan cepat. Tinju tak hanya tentang memukul, namun juga bagaimana kita bisa membuat pukulan lawan terminimalisir dengan baik.

Sedikit informasi teknik tinju untuk pemula telah diuraikan, memperbanyak latihan fisik juga merupakan suatu kunci agar penguasaan teknik tinju bisa menjadi lebih mudah bagi para pemula. Kiranya teknik gerakan-gerakan standar tersebut berhasil dikuasai.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Monday 26th, February 2018 / 15:46 Oleh :
Kategori : Tinju