Sponsors Link

14 Sarana dan Prasarana Olahraga Voli Paling Penting

Sponsors Link

Dalam olahraga voli, bukan hanya cara bermain bola voli yang benar perlu kita ketahui dan pahami dengan baik, melainkan setiap sarana dan prasarana olahraga voli juga penting untuk kita ketahui. Setiap cabang olahraga memerlukan sarana dan prasarana dalam mendukung jalannya permainan supaya lancar dan sempurna, begitu pun halnya dengan voli yang akan kita bahas kali ini.

ads
  1. Lapangan

Lapangan bola voli tentu merupakan salah satu sarana prasarana penting karena tanpa adanya lapangan, kita tak akan bisa bermain bola voli. Seperti halnya sarana dan prasarana basket, lapangan untuk permainan voli memiliki standarnya sendiri yang perlu kita ketahui.

Ukuran untuk lapangan voli pun memiliki standar, yakni 9 x 18 meter, sementara itu jarak garis batas serang pemain belakang setidaknya harus 3 meter jika diukur dari garis tengah yang sejajar dengan jaring. Lebih dari itu, 5 cm adalah garis tepi lapangan yang berlaku di mana seluruh sarana prasarana ini akan mendukung kelancaran permainan maupun pertandingan bola voli.

  1. Jaring/Net

Sama halnya seperti perlengkapan tenis meja dan tenis lapangan, permainan bola voli membutuhkan jaring atau net yang dipasang untuk membagi wilayah kedua tim yang bermain. Bahkan untuk jaring atau netnya pun tidak boleh berukuran sembarang sebab sudah ada standar ukuran yang sudah ada kesepakatan secara nasional.

Ukuran net untuk permainan voli yang dimainkan oleh laki-laki dan perempuan dibedakan sehingga keduanya perlu menggunakan sesuai yang sudah ditentukan. Tinggi net untuk permainan voli laki-laki adalah 2,44 meter, sedangkan 2,24 meter adalah ukuran tinggi net bila voli dimainkan oleh tim perempuan.

  1. Bola Voli

Setelah lapangan dan juga jaring atau net, tentu saja sarana prasarana berikutnya yang tak boleh sampai ketinggalan adalah bola voli itu sendiri. Ada standar nasional bahkan untuk ukuran bola voli yang digunakan untuk bermain, terlebih permainan atau pertandingan resmi. Untuk keliling lingkaran bola voli, besarnya haruslah 65-67 cm.

Sedangkan untuk berat bola voli standar nasionalnya adalah 260-280 gram yang juga telah diatur tekanan di dalam bola. Hanya diperbolehkan 0.30 sampai 0.325 kg/cm2 saja untuk tekanan dalam dari bola voli menurut standarnya. Ukuran-ukuran tersebut pun perlu diperhatikan karena tidak boleh sampai kurang atau bahkan lebih dari yang telah ditentukan.

  1. Peran Penting dalam Voli

Sebuah permainan voli, khususnya dalam sebuah pertandingan perlu ada beberapa peran yang bertugas penting untuk mendukung jalannya pertandingan tersebut dan biasanya mereka akan mengenakan seragam khusus serta resmi, seperti:

  • Pencatat skor – Tugas dari pencatat skor tentunya adalah mencatat jumlai poin yang kedua tim hasilkan.
  • Hakim garis – Tugas hakim garis adalah sebagai penjaga garis kiri dan kanan sekaligus pengamat jatuhnya bola.
  • Wasit – Tugas seorang wasit adalah sebagai pemimpin jalannya sebuah pertandingan voli.
  1. Papan Skor

Sarana prasarana lain yang penting untuk tersedia selama permainan berlangsung dan dapat terbilang wajib adalah papan skor, yakni sebuah papan khusus yang menjadi pencatat skor kedua tim saat bermain. Walau ada petugas yang berjaga mengawasi pertandingan dan juga skor setiap tim, alangkah memudahkan bila tersedia papan skor sebagai bagian di lapangan. Petugas pencatat skor akan dengan gampang melakukan pencatatan skor untuk kedua tim ketika pertandingan sedang berlangsung.

  1. Rod Antena

Merupakan bagian dari jaring atau net bola voli, antena ini merupakan tongkat lentur yang dijadikan sebagai batas samping dari area penyebrangan bola. Untuk bagian rod antena pun sudah ada ukuran standarnya sendiri yang perlu untuk disediakan sesuai standarnya.

Sponsors Link

1,80 meter adalah untuk panjang antena sementara 10 mm adalah untuk garis tengahnya. Rod antena ini biasanya terbuat dari bahan fiberglass atau sejenisnya. Pemasangan antena ini biasanya di bagian luar setiap pita samping dan tinggi antena yang ada di atas net berukuran 80 cm. Tak lupa, ada pemberian garis dengan warna kontras yang panjangnya 10 cm di mana warna terbaik adalah putih dan merah.

  1. Daerah Service

Area service merupakan bagian penting juga dalam sarana dan prasarana permainan voli di mana telah ada ukuran standarnya pula. Daerah ini memiliki lebar 9 meter yang dapat dijumpai di belakang setiap garis akhir. Ada 2 buah garis pendek yang membatasi daerah ini.

Garis pendek tersebut diketahui berukuran sepanjang 15 cm dan dibuat di belakang garis akhir 20 cm yang menjadi kepanjangan garis samping. Dapat dikatakan, 2 buah garis pendek itulah yang termasuk di dalam batas area servicedi mana untuk perpanjangan area service adalah sampai dengan batas akhir area bebas, yakni ke belakang.

  1. Perlengkapan Pemain

Dalam sarana prasarana permainan olahraga voli, tak ketinggalan perlengkapan olahraga bola voli bagi pemain pun turut diperhitungkan, seperti berikut ini:

Sponsors Link

  • Pakaian seragam tim – Seragam tim biasanya dalam bentuk kaos yang sebaiknya memiliki nomor punggung dan juga warna khas tim yang berbeda dari tim lawan. Untuk pakaian seragam, bahan yang bisa menyerap keringat dengan baik akan lebih nyaman dikenakan. Biasanya libero mengenakan kaos yang warnanya berbeda dari kawan setim.
  • Kaos kaki – Kaos kaki adalah hal pertama yang dikenakan sebelum disusul dengan sepatu khusus voli. Kaos kaki akan melindungi dan membuat kaki lebih nyaman sewaktu bermain.
  • Sepatu voli – Pilihlah sepatu yang memang didesain untuk permainan bola voli; memang tergolong mahal, namun akan sangat nyaman dipakai dan mendukung gerakan-gerakan aktif saat bermain voli.
  • Pelindung/dekker – Pemain dianjurkan untuk mengenakan pelindung lutut maupun siku walau bukanlah hal wajib. Dengan perlengkapan ini, otomatis dapat meminimalisir cedera sekaligus meningkatkan kenyamanan saat bergerak.
  1. P3K

Sarana prasarana dalam permainan voli sebaiknya juga dilengkapi dengan P3K di mana hal ini termasuk hal wajib yang tersedia selama permainan berlangsung. Ketika pemain ada yang mengalami cedera, ketersediaan P3K akan sangat membantu penanganan cedera secara cepat.

Sarana dan prasarana olahraga voli paling wajib telah disebutkan dan diuraikan di atas demi kelangsungan permainan yang baik menurut peraturan permainan bola voli. Demi permainan yang tak hanya seru tapi juga nyaman dan baik, segala sarana prasarana tersebut penting untuk disediakan.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 21st, February 2018 / 13:32 Oleh :
Kategori : Bola Voli