Sponsors Link

4 Teknik Lompat kangkang Yang Benar

Sponsors Link

Lompat kangkang atau bisa disebut straddle vault merupakan salah satu gerakan senam ketangkasan. Senam  sendiri merupakan gerakan yang dirancang secara sistematis yang diguanakan untuk melatih kesehatan jasmani dan kebugaran. Dalam bahasa Inggris Senam  disebut dengan Gymnastic, yang berasal dari bahasa Yunani yaitu Gymnos yang berarti terlanjang. Pertandingan senam di Indonesia pertama kali dilakukan ketika GANEFO pada tahun 1963.

ads

Lompat kangkang biasanya dikombinasikan dengan gerakan senam lantai lainya, seperti teknik loncat jongkok dan guling depan. Lompat kangkang lebih tepat disebut dengan loncat kangkang, karena menggunakan kaki sebagai tumpuan dalam meloncat. Cara melakukan loncat ini adalah dengan menggunakan alat bantu berupa box dan dengan menggunakan tumpuan tangan sebagai pelecutnya. Box atau peti  yang digunakan dinamakan dengan vaulting horse.

Lompat kangkang sendiri terbagi menjadi dua macam, dimana yang membedakan adalah sikap ketika berada di atas peti tumpuan yaitu :

  • Lompat kangkang dengan panggul lurus, dalam teknik ini ketika akan melakukan sikap kangkang, posisi badan lurus.
  • Lompat kangkang dengan panggul ditekuk, dalam teknik ini ketika melakukan sikap kangkang, posisi pinggul ditekuk.

Tahapan dalam lompat Kangkang

Pada dasarnya loncat kangkang atau biasanya juga disebut lompat kangkang terdapat empat tahap yang hampir mirip dengan teknik lompat jauh. Dimana 4 tahap tersebut adalah awalan, tolakan, sikap saat berada di atas peti tumpuan dan pendaratan.

Dan berikut adalah tahapan-tahapan dalam lompat kangkang

1. Awalan Teknik Lompat Kangkang

Awalan merupakan gerakan permulaan sebelum melakukan tolakan. Dimana awalan pada teknik lompat kangkagn tidak terlalu jauh dengan melakukan teknik lompat jauh, bedanya adalah jika lompat jauh, anda harus melakukan sprint dari awal, sedangkan lompat kangkang sprint dilakukan ketika mendekati titik tolakan. Dan berikut adalah beberapa tahapan dalam melakukan tahapan teknik lompat kangkang.

  • Berdiri dengan jarak beberapa langkah dari peti tumpuan, biasanya berjarak antara 10 hingga 15 meter.
  • Setelah anda siap, berlarilah menuju peti tumpuan dengan menggunakan ujung kaki, dengan kepala tegak, dan pandangan lurus kedepan.
  • Berlarilah dalam kecepatan sedang, ketika sudah mendekati peti tumpuan, percepat laju lari anda, sehingga anda bisa mendapatkan tenaga loncatan yang bagus.

2. Tolakan Kaki Teknik Lompat kangkang

Selain mengangkang, dalam melakukan lompat kangkang, anda harus mencapai ketinggian yang diharapkan untuk mencapai peti tumpuan, dimana hampir sama dengan teknik lompat tinggi. Setelah melakukan awalan dengan berlari dan meningkatkan kecepatan lari saat mendekati peti tumpuan. Maka anda harus bersiap untuk meloncat dan menyiapkan tangan anda untuk selanjutnya melakukan tumpuan pada balok, guna meningkatkan gaya jangkau agar bisa sampai pada seberang peti tumpuan. Dan berikut beberapa tahapan tolakan kaki dalam lompat kangkang.

  • Fokus pada peti tumpuan
  • Sedikit jongkokkan kaki anda, agar mendapatkan tenaga pantulan yang bagus
  • Lakukan lompatan dengan menggunakan kaki, dengan tangan bersiap untuk menopang badan untuk memberikan lecutan ke depan.
  • Ketika dalam kondisi melayang antara tolakan kaki dan akan menumpukan tangan pada box tumpuan, condongkan sedikit badan anda dan julurkan tangan kedepan agar tangan bisa meraih tumpuan untuk melakukan tolakan.
Sponsors Link

3. Sikap disaat diatas peti tumpuan Teknik Lompat Kangkang

Setelah anda melakukan loncatan, secara otomatis tubuh anda akan terdorong keatas dan karena dorongan dari sikap awalan, akan membuat laju loncatan anda lebih maju kedepan. Ketika posisi tangan sudah mencapai pada peti tumpuan. Tahap selanjutnya dalam melakukan lompat kangkang adalah sebagai berikut:

Lompat kangkang dengan panggul lurus

  • Ketika tangan sudah menumpu pada peti tumpuan, usahakan posisi badan membentuk sudut antara 20 hingga 30 derajat ke depan.
  • Setelah itu, kuatkan tangan untuk mengangkat tubuh anda, dan angkat panggul anda dan buka kaki anda, dan gunakan tangan untuk menopang tubuh dan lecutkan tubuh kedepan.
  • Setelah kaki melewati peti tumpuan, angkat tangan dari tumpuan dan luruskan badan anda kedepan.

Lompat kangkang dengan Panggul menekuk

  • Setelah melakukan tolakan pada kaki, angkat pinggul ke atas setinggi mungkin.
  • Ketika tangan sudah menyentuh peti tumpuan, selanjutnya adalah tekuk panggul anda, dan buka kaki ada dengan menggerakkan kesamping (mengangkang)
  • Tolakkan tangan kearah depan dan angkat kepala dan dada ke atas
  • Setelah kaki melewati peti tumpuan, luruskan panggul dan bersiaplah untuk mandarat.

4. Sikap Mendarat Teknik Lompat Kangkang

Setelah anda melewati peti tumpuan dengan berhasil, maka anda harus bersiap untuk melakukan pendaratan. Dan ini merupakan tahapan terakhir dalam melakukan lompat kangkang. Dimana pendaratan cukup berbeda dengan teknik loncat harimau yang juga sama-sama sebagai locatan dalam senam ketangkasan. Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan pendaratan lompat kangkang.

  • Setelah anda melakukan tolakan dengan tangan pada peti tumpuan, pindahkan beban dari berat badan ke depan, dengan cara mengayunkan pinggul dan tungkai ke depan.
  • Ketika pinggul dalam keadaan terdorong ke depan, kedua tungkai masih dalam posisi lurus di samping.
  • Setelah kaki melewati peti tumpuan, segera majukan kaki ke depan dengan rapat dan lurus.
  • Jangkaukan kaki kedepan menuju tempat tumpuan dengan memberikan tenaga pada tangan untuk memberikan tenaga pada tubuh agar tubuh bisa sampai depan
  • Dan lepaskan tumpuan tangan pada peti tumpuan dan bersiap mendarat
  • Pendaratan hampir sama dengan teknik lompat jauh yaiut dengan menggunakan dua kaki. Dan ketika kaki sudah menyentuh tempat untuk mendarat, tekukkan lutut seperti pegas untuk mengurangi tekanan pada kaki, sehingga tidak terjadi cidera.
  • Tempat untuk mendarat biasanya menggunakan matras atau pasir sebagai pengaman.

Diatas adalah tahapan-tahapan dalam melakukan lompat kangkang. Dimana pada intinya lompat kangkang merupakan lompatan dimana ketika melayang melakukan sikap mengangkang.

Kesalahan dalam melakukan lompat kangkang

Dalam melakukan lompat kangkang, dibutuhkan kekuatan kaki maupun tangan, jadi anda bisa melatih kekuatan otot kaki maupun tangan untuk menghasilkan lompatan yang maksimal. Dimana lompat kangkang dinilai dari seberapa tinggi balok tumpuan yang digunakan. Dalam melakukan lompat kangkang andapun juga bisa melakukan kesalahan diantaranya yaitu:

  1. Saat berada di atas peti tumpuan, Panggul kurang mengangkat, sehingga anda gagal untuk melewati peti tolakan.
  2. Ketika melakukan tumpuan tangan diatas papan tumpuan, kepala terlalu condong ke depan, sehingga posisi lengan tidak lurus dengan tubuh.
  3. Setelah melakukan lompatan dengan tolakan kaki, tungkai anda kurang terangkat atau posisi badan kurang lurus. 
    Sponsors Link

  4. Lutut terlalu bengkok
  5. Dada dan kepala tidak ikut keatas ketika tangan sudah berada pada peti tumpuan.
  6. Lengan tidak kuat ketika melakukan tumpuan, sehingga anda akan malah tersangkuy diatas peti tumpuan.

Lompat kangkang merupakan salah satu olahraga cabang atletik yang menggunakan kekuatan tangan dan kaki. Jika anda masih gagal dalam melakukan lompat kangkang, anda bisa berlatih satu step demi step mulai dari awalan dan tumpuan, hingga melakukan pendaratan.

Untuk pemula anda bisa menyuruh teman anda dahulu untuk membungkuk atau menggunakan peti yang hanya memiliki satu tingkat. Lakukan berulang-ulang hingga menacapai sikap yang sempurna. Jika dengan menggunakan satu peti tumpuan, anda dapat melaluinya dengan sempurna, tambahkan peti tumpuan lagi untuk mengetes ketrampilan anda dalam melakukan lompat kangkang.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 10th, May 2018 / 08:18 Oleh :
Kategori : Atletik