Sponsors Link

4 Teknik Lompat Jauh Paling Tepat

Sponsors Link

Salah satu aktivitas olahraga Penjaskes selain dari cara melakukan roll depan dan teknik lompat katak adalah teknik lompat jauh di mana cukup sering kita lakukan ketika masih duduk di bangku sekolah. Pada nomor lompat jauh, seperti kita sudah ketahui, pelaksanaan olahraga ini bertujuan untuk melompat sejauh mungkin.

ads

Lompat tinggi dan juga lompat jauh memiliki teknik yang berbeda sekaligus juga lapangan yang tak sama. Untuk mengenal teknik dari lompat jauh, maka ulasan di bawah ini kiranya akan memperjelas bagaimana cara melakukan olahraga ini dengan benar  dan dengan langkah-langkah yang tepat. Mulai dari teknik awalan, teknik tolakan, teknik melayang hingga pendaratan bisa disimak di bawah ini.

  1. Awalan

Awalan pada olahraga lompat jauh tidaklah sama bila dibandingkan dengan awalan dari lompat tinggi. Inti dari awalan lompat jauh adalah berlari secepat mungkin sebelum akhirnya bisa melakukan tolakan. Dalam gerakan awalan, lari dengan kecepatan tinggi adalah poin utama yang perlu dilakukan.

Meski kecepatan lari harus setinggi mungkin, kita harus tetap mampu mengendalikan gerakan untuk melakukan gerakan menolak. Sewaktu sudah dekat dengan papan tolakan atau 3-5 langkah terakhir pastikan untuk menyiapkan pengalihan kecepatan gerak lari awalan pada kecepatan gerak tolakan di mana bisa dilakukan dengan langkah akhir yang pendek.

Minimal 40 meter dan maksimal 45 meter untuk panjang lintasan lari awalan lompat jauh dengan lebar maksimal 1,25 meter dan minimal 1,22 meter. Pada lintasan lari awalan, ada garis putih dengan lebar 5 cm yang menjadi pembatas lintasan pada kiri dan kanannya, jadi pastikan jalur lari tidaklah miring atau menyerong melewati garis melainkan dilakukan lurus ke depan.

  • Dalam melakukan awalan, pastikan sikap awalan yang siap dan berlari secepat-cepatnya pada lintasan lari yang sudah diulas sedikit tadi.
  • Kecepatan selama lari jangan diubah dan pastikan agar langkah pun tetap sama ketika hendak bertumpu di papan tumpuan atau papan tolakan.
  1. Tolakan

Gerakan dasar tolakan lompat jauh adalah yang selanjutnya kita perlu ketahui bersama karena setelah berlari secepat mungkin, gerakan pasti selanjutnya adalah menolak. Tolakan merupakan gerakan dasar yang dilakukan sebagai tahap di mana telapak kaki dialihkan alias ditolakkan untuk lepas landas. Tujuan utama dari gerakan menolak adalah gerakan tubuh yang diangkat ke atas pada gerakan melayang alias sikap badan di udara.

Ketika hendak melakukan tolakan, bengkokkan sedikit kaki yang digunakan untuk menolak, kemudian tapakkan kaki dan dilanjutkan dengan meluruskan bagian tungkai pada bagian gerakan lepas landas. Kecepatan bukan satu-satunya hal yang diperlukan ketika melakukan gerakan tolakan, melainkan juga koordinasi dan kecepatan gerakan yang mumpuni adalah kuncinya.

Gerakan tolakan pada lompat jauh pasti akan lebih efektif apabila kita bisa menggabungkan dan menyeimbangkan ketiga kunci tersebut, kekuatan, kecepatan yang disertai pula dengan koordinasi gerakan yang baik. Berikut ini bisa dilihat beberapa langkah dalam melakukan tolakan yang benar agar eksekusinya pun tepat demi menghindari atau menurunkan risiko cedera.

  • Kaki yang digunakan sebagai kaki tolak haruslah kaki yang Anda tahu dan yakin paling kuat. Tolakan pun harus dilakukan sekuat tenaga.
  • Kedua belah tangan atau lengan bisa diayunkan ke atas untuk membantu proses tolakan ini sambil mengangkat tubuh juga ke atas depan sewaktu berada di udara.
  • Posisi tubuh kita tegakkan pada waktu kaki tumpu mulai menolak di bagian papan tumpuan atau papan tolakan.
  • Ada urutannya untuk tumpuan kaki menolak di bagian papan tolakan, yakni tumit lebih dulu, telapak kaki, barulah disusul dengan ujung telapak kaki.
Sponsors Link

  1. Melayang

Pada teknik dari lompat jauh, ada pula sikap badan di udara alias teknik melayang seperti pada lompat tinggi ada teknik ini juga. Walau sama-sama melayang, gerakan yang dilakukan atau sikap tubuh jelas berbeda dari teknik lompat tinggi. Dari tolakan, tubuh akan berada di udara, dan pada saat inilah kaki kanan kita ayunkan ke arah depan secepat mungkin.

Pada waktu titik paling tinggi sudah dicapai dengan sikap badan yang melayang di udara, kaki bisa diatur untuk menyerupai posisi yang tengah duduk atau berjongkok. Sewaktu turun dari sikap tubuh di udara, kaki bisa dijulurkan ke depan. Dengan gerakan ini, tubuh pasti condong ke depan, namun perhatian dan fokus Anda sebaiknya tetap pada tempat pendaratan saja.

Ada beberapa teknik gaya dalam gerakan melayang pada lompat jauh, agar Anda bisa melakukan olahraga ini dengan maksimal, berikut perlu disimak apa saja teknik gaya yang bisa dipahami sekaligus dilatih.

  • Melayang dengan sikap melayang. Dalam sikap satu ini, kaki ayun bisa dibiarkan tergantung lurus saat berada dalam posisi menumpu. Tubuh dalam sikap ini perlu tetap tegak dan kaki tumpuan bisa menyusul di mana lutut bisa ditekuk sambil mendorong pinggul ke depan. Rentanganlah lengan keduanya ke arah atas demi menjaga keseimbangan.
  • Melayang dengan sikap berjongkok. Pada waktu sikap pada di udara, kaki bisa diayun tinggi, setinggi mungkin sesuai kemampuan Anda yang kemudian kaki tumpuan dapat menyusul. Letakkan kaki ke arah depan sewaktu ada pada posisi melayang.
  • Melayang dengan sikap berjalan. Ayunkan kaki belakang ke arah atas kuat-kuat sewaktu tubuh melayang. Lakukanlah gerakan seperti sedang berjalan namun di udara dan kaki yang digunakan bisa adalah kaki yang sudah digunakan untuk menumpu maupun untuk menolak.
Sponsors Link

Supaya teknik melayang dapat dilakukan dengan tepat, berikut ini lebih jelasnya cara melakukan sikap melayang pada lompat jauh yang bisa dipraktikkan:

  • Saat sudah masuk pada gerakan tolakan, ayunkanlah kaki menuju arah depan atas.
  • Ketika badan melayang atau di udara, kaki bisa diturunkan dan pada waktu yang sama pinggul Anda dorong ke depan sambil kepala posisinya bisa ditengadahkan. Dada pun sebaiknya Anda busungkan sambil kedua tangan diposisikan ke arah belakang.
  • Ketika hendak berada pada posisi mendarat, kedua kaki bisa diayun ke arah depan di mana tubuh bisa dibungkukkan, lalu tundukkanlah kepala seperti memang sudah siap untuk pendaratan.
  1. Pendaratan

Teknik pendaratan pada lompat jauh pun tak boleh dilakukan secara sembarangan karena pada prosesnya sendiri meliputi persiapan dengan menundukkan kepala, mengayunkan lengan, serta pinggang yang kita bawa ke arah depan. Sewaktu mendarat pun anggota tubuh lainnya tak boleh menyentuh pasir lebih ke belakang ketimbang kaki kita. Kalaupun harus menyentuh pasir karena tubuh tak seimbang, bagian tubuh lain bisa menyentuh pasir yang lebih depan ketimbang posisi kaki kita.

  • Pendaratan dianggap sempurna dan baik saat kedua kaki berada dalam sikap rapat dan lutut dalam posisi ditekuk.
  • Pendaratan paling awal perlu memakai telapak kaki sambil tangan diluruskan ke arah depan dan tubuh pun cenderung mengarah ke depan.
  • Pendaratan juga perlu disesuaikan dengan teknik gaya lompat jauh yang Anda pilih.

Demikian inti dari teknik lompat jauh yang kiranya bisa membantu Anda untuk melakukan gerakan dengan baik, mulai dari awalannya, gerakan tolakan, sikap tubuh saat di udara, hingga cara mendarat yang benar.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Monday 22nd, January 2018 / 05:37 Oleh :
Kategori : Lompat Jauh