Sponsors Link

Inilah 5 Unsur Kebugaran Jasmani dan Bentuk Latihannya yang Paling Utama

Sponsors Link

Apakah anda sudah tahu perihal apa saja macam macam tes kebugaran jasmani serta manfaat yang terkandung di dalamnya? Jika sudah, maka anda juga kami sarankan untuk mengetahui informasi yang masih berhubungan dengan kesehatan jasmani yakni mengenai apa saja unsur kebugaran jasmani yang wajib diperhatikan yang memang setiap manusia selalu menginginkan untuk memiliki jasmani yang sehat.

ads

Seseorang yang memiliki kondisi jasmani yang bugar, maka ia tidak akan rentan terkena penyakit dan malah ia akan tetap prima meskipun memiliki aktivitas yang cukup padat. Selain itu, memang kebugaran jasmani menjadi bagian yang menjadi syarat menjadi pemain sepak bola handal.

Di bawah ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai apa saja unsur kebugaran jasmani yang wajib anda perhatikan jika anda ingin selalu memiliki kondisi yang prima.

1. Kecepatan

Salah satu unsur kebugaran jasmani yang harus anda perhatikan yakni berkaitan dengan kecepatan atau speed. Kecepatan adalah gerakan untuk mencapai suatu titik dengan jarak waktu yang singkat. Namun untuk pengertian kecepatan secara umum adalah waktu yang diperlukan di dalam melakukan suatu gerakan yang berbeda atau berkesinambungan.

Sebenarnya kecepatan itu sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, seperti kecepatan reaksi, kecepatan gerak, atau juga kecepatan sprint. Selain itu, memang kecepatan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya seperti keturunan, elastisitas otot, waktu reaksi, atau juga kemampuan untuk menahan tekanan dari luar.

Kecepatan juga menjadi salah satu program latihan fisik sepak bola yang wajib dimiliki jika ia ingin menjadi seorang pemain sepak bola yang handal.

2. Kekuatan

Kekuatan atau yang dalam Bahasa Inggris disebut strength adalah salah satu unsur kebugaran jasmani lainnya yang sebenarnya tidak lepas dari kecepatan. Untuk definisi dari kekuatan adalah sebuah kondisi yang mampu memaksimalkan tenaga ketika seseorang melakukan latihan fisik.

Seseorang yang ingin memiliki kekuatan atau strength, maka ia harus membiasakan diri untuk melakukan latihan secara rutin. Beberapa latihan yang harus anda lakukan antara lain seperti di bawah ini:

  • Push up berfungsi di dalam melatih otot lengan agar lebih kuat
  • Sit up berfungsi untuk melatih otot perut
  • Back up dilakukan dalam upaya untuk melatih meningkatkan kekuatan pada otot perut
  • Angkat beban memiliki fungsi untuk melatih kekuatan pada otot lengan
  • Squad jump yang berfungsi untuk melatih kekuatan tungkai maupun otot perut

3. Kelenturan

Kelenturan merupakan sebuah kondisi dimana seseorang memiliki tingkat keleluasaan di dalam mengolah otot, terutama otot pada persendian. Kelenturan ini memang menjadi salah satu unsur kebugaran jasmani yang penting yang juga berhubungan dengan kedua poin sebelumnya yang telah kami jelaskan.

Selain itu, memang kelenturan menjadi salah satu latihan fisik untuk pemain basket yang akan membuatnya mampu mengolah bola dan melewati lawan dengan mudah. Meskipun begitu, memang kelenturan selalu berhubungan setiap olahraga yang diperlombakan baik secara nasional maupun juga internasional.

Beberapa latihan yang bisa anda lakukan di dalam melatih kelenturan antara lain seperti berenang, yoga, atau juga bisa dengan membiasakan diri untuk melakukan senam.

4. Daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh atau endurance adalah kondisi dimana seseorang mampu menggerakkan seluruh bagian tubuhnya di dalam tempo yang berbeda secara efektif dan juga efisien tanpa sedikitpun merasakan lelah apalagi sakit.

Daya tahan tubuh diperlukan oleh setiap atlet agar supaya ia dapat mencapai finish atau menyelesaikan lombanya tanpa mengalami kelelahan yang sangat. Dengan kata lain, salah satu cara menjadi atlet bulu tangkis handal adalah anda harus memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Sponsors Link

Beberapa latihan yang bisa anda manfaatkan di dalam meningkatkan daya tahan tubuh anda antara lain seperti lari atau jogging yang kami sarankan untuk anda lakukan minimal seminggu dua kali. Jika anda sudah membiasakan diri melakukan latihan ini, maka sudah dipastikan bahwa anda memang memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

5. Kelincahan

Kelincahan merupakan salah satu unsur kebugaran jasmani yang juga dibutuhkan hampir diseluruh cabang olahraga seperti sepakbola, voli, basket, bulu tangkis, maupun olahraga lainnya. Kelincahan merupakan kemampuan seseorang di dalam menyesuaikan gerakan dari posisi satu ke posisi lainnya seperti misalnya dari posisi kiri ke kanan maupun ketika melakukan perpindahan gerak dari depan ke belakang atau sebaliknya.

Jika anda memiliki tingkat kelincahan yang baik, maka kemungkinan besar anda memiliki kesehatan jasmani yang baik juga. Bagi anda yang ingin berlatih untuk meningkatkan kelincahan atau agility anda, maka yang harus dilakukan adalah dengan membiasakan diri melakukan gerakan seperti lari zig-zag atau juga bisa membiasakan diri latihan naik turun tangga.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
,
Post Date: Friday 09th, November 2018 / 03:46 Oleh :
Kategori : Penjaskes