Sponsors Link

5 Teknik Dasar Permainan Bola Basket dan Cara Melakukannya yang Perlu Dikuasai

Sponsors Link

Apakah anda sudah tahu seperti apa peraturan permainan bola basket? Jika sudah, maka anda juga harus memperhatikan informasi yang akan kami bagikan berikut ini mengenai apa saja teknik dasar permainan bola basket dan cara melakukannya yang memang harus dikuasai oleh setiap pemain basket jika mereka ingin menjadi sosok yang penting di tim.

ads

Maka dari itu, bagi anda yang ingin menjadi sosok pemain basket handal seperti profil Kobe Bryant yang telah kita bahas pada kesempatan sebelumnya, maka kami sarankan agar anda menyimak baik-baik penjelasan yang akan kami sampaikan berikut mengenai apa saja tekniknya !

1. Teknik menggiring bola tinggi

Teknik dasar pertama yang harus dikuasai oleh para pemain basket adalah teknik untuk menggiring atau mendribble bola tinggi yang mana teknik ini harus dilakukan dengan kecepatan tinggi. Biasanya seseorang menggunakan teknik ini ketika mereka sudah mulai memasuki pertahanan lawan dengan cara berlari atau juga dengan cara berjalan cepat.

Hal ini bertujuan agar supaya lawan tidak bisa mengambil bola sehingga kita bisa memasukkan bola ke jaring lawan untuk memperoleh angka atau skor. Yang harus anda perhatikan bahwa ketika anda melakukan teknik yang satu ini, maka anda harus memastikan bahwa jangan sampai posisi lawan terlalu dekat dengan anda.

2. Teknik menggiring bola rendah

Teknik dasar yang kedua adalah pemain bola basket harus mampu menggiring bola rendah yang akan sangat berguna ketika pemain lawan berusaha untuk merebut bola sehingga memang teknik yang satu ini menjadi salah satu hal yang perlu dikuasai untuk membuat pertahanan anda sulit ditembus.

Kapan anda melakukan teknik menggiring bola rendah? Jawabannya adalah ketika anda berhadapan langsung dengan lawan, dan melalui teknnik inilah anda bisa memanfaatkan celah yang mungkin saja ditinggalkan oleh lawan anda ketika mereka sedang lengah.

Mungkin di awal anda cukup mengalami kesulitan ketika menggunakan teknik yang satu ini, namun ketika anda sudah terbiasa, maka anda akan dengan mudah menggiring bola dan mempertahankan bola yang anda bawa agar tidak mudah direbut oleh lawan.

3. Teknik spin dribble

Perlu anda tahu bahwa bagi anda yang ingin menguasai teknik spin dribble, maka pastikan bahwasanya anda memang merupakan pemain basket yang memiliki skill yang mempuni. Namun bagi anda yang baru belajar, anda masih bisa melakukan teknik yang satu ini asalkan dengan latihan yang keras dan membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Salah satu alasan mengapa kami sarankan agar anda berlatih keras demi melakukan teknik spin dribble adalah agar supaya gerakan dribble anda bisa stabil sehingga membuat bola tidak bergerak dengan liar karena tidak jarang pemain basket yang mencoba teknik ini, ternyata mereka gagal karena kurang banyak latihan.

Memang tidak heran bagi anda yang baru memulai bermain bola basket mengalami kesulitan dan bahkan anda tidak bisa menguasai bola, namun dengan latihan yang keras dan rutin anda coba, maka lama kelamaan anda akan bisa menguasainya sehingga pemain lawan pun tidak jarang merasa kagum jika anda bisa melakukan teknik yang satu ini.

4. Teknik Between the Legs Dribble

Pada kejuaraan bola basket internasional dan nasional, biasanya anda akan disuguhkan pertunjukkan gratis ketika salah satu pemain bola basket melakukan teknik yang disebut dengan Between the Legs Dribble Technique. Teknik ini tidak bisa anda katakan mudah untuk dikuasai karena biasanya hanya bisa dikuasai oleh para pemain basket profesional.

Sponsors Link

Teknik Between the Legs Dribble menuntut pemain mampu melakukan penggiringan bola yang nantinya bola tersebut akan ditempatkan pada bagian depan kaki. Bagi anda yang baru memulai menyukai bola basket dan ingin menguasai teknik ini, maka yang harus anda lakukan adalah bersabar dan jangan menyerah untuk terus berlatih karena memang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Dan kami sarankan bahwasanya ketika anda melakukan teknik ini, anda harus berada di dalam pengawasan pelatih profesional karena memang teknik ini tidak semuanya bisa dikuasai oleh para pemain bola basket.

5. Teknik Behind the Back Dribble

Salah satu teknik dasar permainan bola basket yang juga bisa dikatakan sulit untuk dikuasai adalah Behind the Back Dribble yang kebanyakan bisa dilakukan oleh para pemain profesional. Jika anda mampu menguasai teknik yang satu ini, maka akan membuat tim anda akan sulit untuk dibobol.

Sekali lagi kami ingatkan bahwasanya jika anda ingin melakukan teknik yang satu ini, memang membutuhkan waktu yang lumayan lama dan disarankan agar supaya anda berada di bawah pengawasan pelatih profesional.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 09th, November 2018 / 03:40 Oleh :
Kategori : Basket