Sponsors Link

Kejuaraan Bola Basket Internasional dan Nasional

Sponsors Link

Selain sepak bola, basket tentu saja menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia. Sarana dan prasarana basket seperti bola warna oranye yang khas, ring yang menggantung di atas tiang hingga jersey panjang kedodoran menjadi ciri khas olahraga ini. Kejuaraan bola basket internasional dan nasional secara rutin digelar di seluruh dunia dan terus menghasilkan atlet atlet terbaik.

ads

Para atlet yang berkompetisi pada level profesional tentu saja sudah jauh melampaui teknik dasar permainan bola basket dan bisa mengembangkan strateginya sendiri. Kompetisi basket paling terkenal di dunia tentu saja adalah NBA dari Amerika Serikat. Sedangkan untuk level nasional, National Basketball League atau NBL adalah turnamen tahunan yang digelar secara rutin.

Ini dia penjelasan tentang kejuaraan bola basket internasional dan nasional secara lebih lanjut:

Basket Dalam Olimpiade

Pertandingan basket dalam Olimpiade telah digelar sejak tahun 1936 untuk tim pria. Kemunculan basket kali pertama adalah tahun 1904 sebagai cabang olahraga demonstrasi. Sejauh ini, Amerika Serikat menjadi negara paling sukses pada cabang olahraga basket, dengan memenangkan 15 medali emas dari 18 kali keikutsertaannya dalam Olimpiade. Sejak tahun 2008, Amerika Serikat berhasil mempertahankan medali emas 3 kali berturut turut hingga Olimpiade Rio di Brazil tahun 2016.

Sementara itu pertandingan basket untuk tim putri mulai diadakan pada tahun 1976 pada Olimpiade di Montreal, Kanada. Tim yang bermain pada turnamen ini memiliki pemain bintang yang menempati posisi pemain basket masing masing.

Kejuaraan Dunia FIBA

Kejuaraan Dunia FIBA atau FIBA Basketball World Cup adalah kejuaraan dunia pada olahraga basket yang mulai diadakan pada tahun 1950. Sama seperti piala dunia sepak bola, peserta turnamen ini adalah 32 tim dari 32 negara. Peserta yang ikut dalam kejuaraan ini adalah anggota FIBA sebagai penyelenggara resmi. Kejuaraan Dunia FIBA bahkan dianggap sejajar dengan turnamen basket pada even Olimpiade 4 tahunan. Kejuaraan dunia FIBA untuk tim basket putri juga diadakan secara khusus.

Gelaran terakhir diadakan pada tahun 2014 di Spanyol sebagai tuan rumah. Amerika Serikat keluar sebagai juara setelah mengalahkan Serbia dengan skor 129-92 di partai final. Peringkat teratas versi FIBA adalah Amerika Serikat dan Yugoslavia dengan masing masing 5 medali emas. Sementara itu pemegang medali terbanyak adalah Amerika Serikat dengan total 12 medali. Pada kejuaraan dunia seperti ini, latihan fisik untuk pemain basket harus dilakukan secara rutin.

National Basketball League

Di kancah nasional, ada liga basket yang digelar tiap tahun yaitu Indonesian Basketball League atau IBL. IBL adalah liga bola basket profesional tertinggi yang ada di Indonesia. Liga ini diatur oleh Perbasi (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) dan dimulai pada tahun 2003.

Mulai musim 2010, IBL dikelola oleh DBL Indonesia. Namun karena minimnya popularitas, liga ini di-rebranding pada tahun 2011. IBL kemudian berganti nama menjadi NBL (National Basketball League). Di sepanjang sejarah pagelaran turnamen basket nasional, hanya ada 2 tim yang menjadi juara. Satria Muda yang memenangkan gelar sebanyak 8 kali dan Aspac sebanyak 4 kali juara.

Pada semua pertandingan ini, peraturan permainan bola basket ditaati oleh semua tim dan pemain dengan mengusung semangat fair play untuk menyuguhkan pertandingan yang  menarik bagi penonton dan penggemar di seluruh nusantara.

Itulah penjelasan tentang kejuaraan basket internasional dan nasional. Di samping ketiga turnamen tersebut, tentu masih banyak lagi kejuaraan basket yang diselenggarakan, baik pada level nasional maupun level dunia.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Thursday 23rd, August 2018 / 18:36 Oleh :
Kategori : Basket