Sponsors Link

Begini 5 Cara Agar Pukulan Keras Dalam Badminton, Wajib Dipelajari !

Sponsors Link

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di dalam permainan bulu tangkis atau yang juga lebih dikenal dengan badminton, ada begitu banyak teknik dasar permainan bulu tangkis yang harus dikuasai oleh setiap atlet bulu tangkis agar supaya mereka menjadi seseorang yang handal seperti Taufik Hidayat atau Kevin Sanjaya.

ads

Salah satu hal yang menjadi andalan di dalam permainan bulu tangkis adalah pukulan keras atau yang lebih kita kenal dengan istilah smash. Sebenarnya informasi yang akan kami berikan kali ini tidak jauh berbeda dengan cara smash badminton biar keras yang sebelumnya sudah pernah kami ulas khusus untuk anda.

Bagi anda yang ingin menjadi pemain bulu tangkis yang handal, maka di bawah ini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara agar pukulan keras dalam badminton yang bisa anda terapkan. Namun yang harus anda perhatikan bahwa sebelum anda memperlajari dan melakukan teknik ini, anda harus terlebih lagi melakukan beragam pemanasan seperti melakukan latihan fisik bulu tangkis karena latihan smash yang akan anda lakukan membutuhkan stamina yang benar-benar kuat.

1. Menggunakan otot pergelangan tangan

Hal pertama kali adalah dengan latihan untuk memperkuat otot pergelangan tangan. Beberapa pemain bulu tangkis berpikir bahwa kekuatan smash tergantung kepada seberapa kuat mereka memegang raket, padahal jika anda terlalu keras memegang raket maka akan mempengaruhi tingkat akurasi anda di dalam permainan tersebut.

Oleh sebab itu, yang harus anda lakukan adalah dengan menitikberatkan kekuatan anda pada otot pergelangan tangan karena bagian inilah yang memiliki peran penting untuk membuat pukulan atau smash anda keras dan tidak jarang karena saking kerasnya akan membuat pukulan anda menukik tajam.

Dan karena itulah, mulai sekarang anda harus mulai melakukan cara melatih otot tangan untuk badminton agar supaya anda mampu menguasai cara yang pertama ini sehingga anda bisa mendulang banyak poin dari smash anda yang keras.

2. Berlatih Scissor Jump

Cara yang kedua yang bisa anda lakukan untuk memperkuat pukulan badminton anda adalah dengan mulai membiasakan diri untuk berlatih sebuah teknik yang disebut dengan Scissor Jump. Bagi anda yang ingin melakukan teknik yang satu ini, langkah-langkah yang harus anda lakukan tentu tidak terlalu mudah seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Pertama anda harus mulai berlari menuju shuttlecok dan kemudian anda lakukan lompatan dengan memposisikan kaki kiri di depan, sementara untuk kaki kanan harus diposisikan ke belakang.
  • Kedua yaitu anda harus melakukan putaran badan secara horizontal ke posisi kiri pada saat tubuh anda masih berada di udara.

Di awal memang teknik yang satu ini cukup sulit dikuasai, namun dengan latihan yang tekun dan sungguh-sungguh, maka bukan tidak mungkin anda bisa menguasai teknik Scissor Jump ini dengan sempurna sehingga anda bisa menjadi salah satu pemain badminton yang disegani di tempat anda karena anda memiliki pukulan yang keras.

3. Menghindari otot terlalu menegang

Seperti yang kita tahu bahwa ketika seseorang bertanding, terutama di kejuaraan yang terkenal yang termasuk kedalam cabang olahraga Asian Games akan menuntut setiap pemain untuk mengeluarkan semua kemampuannya agar supaya bisa berdiri menjadi yang terbaik.

Hal ini tidak jarang membuat para pemain mengalami stress sehingga kemudian akan membuat ototnya menegang. Ketika otot pemain tersebut menegang, maka tentu saja akan berpengaruh terhadap kekuatannya ketika melakukan pukulan atau smash ke lawannya.

Maka dari itu, yang harus anda lakukan adalah sebisa mungkin untuk menghindari otot tegang dengan cara selalu berpikir tenang dan jangan terlalu memaksakan kondisi anda dan lebih memilih untuk sejenak mengambil istirahat sambil memulihkan pikiran anda.

4. Memposisikan tubuh dengan benar

Sponsors Link

Salah satu hal yang bisa membuat anda memiliki pukulan yang keras ketika bermain badminton adalah memposisikan tubuh anda dengan benar. Yang harus anda lakukan adalah sedikit mencondongkan tubuh anda ke depan ketika anda ingin melakukan smash dibandingkan dengan mencondongkan tubuh anda ke arah belakang.

Hal ini yang menuntut para pemain bulu tangkis mampu melakukan analisa dengan tepat dan cepat mengenai lambungan kok dan langsung bisa memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan pukulan keras.

5. Berlatih kelincahan dan kecepatan

Cara agar pukulan keras dalam badminton yang juga kami sarankan untuk anda lakukan adalah dengan membiasakan diri berlatih kelincahan dan ketangkasan atau kecepatan. Salah satu hal yang harus anda lakukan adalah kemampuan untuk membaca timing atau situasi yang tepat untuk melakukan smash.

Ketika anda sudah menemukan kesempatan, maka segeralah anda melompat dan mencondongkan tubuh anda kedepan sambil menitikberatkan kekuatan anda pada kok sehingga nantinya anda mampu memberikan pukulan yang keras.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 06th, November 2018 / 03:36 Oleh :
Kategori : Bulu Tangkis