Sponsors Link

5 Cara Melatih Timing Smash Voli yang Bisa Dipelajari Sendiri

Sponsors Link

Seperti yang kita tahu bahwasanya smash merupakan salah satu diantara sekian teknik yang harus dikuasai bagi anda yang ingin bermain bola voli. Selain itu, cara bermain bola voli yang benar juga ditunjukkan dari bagaimana anda melakukan teknik smash yang benar sehingga anda bisa memperoleh poin atau angka dari smash yang anda lakukan

ads

Salah satu faktor yang bisa membuat anda mendapatkan poin dari smash adalah dengan mengatur waktu yang tepat untuk melakukannya. Maka dari itu, di bawah ini kami akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai bagaimana cara melatih timing smash voli yang bisa anda coba sendiri.

Dengan menguasai timing smash, maka anda bisa memperkirakan kapan saatnya anda melakukan smash sehingga membuat lawan anda tidak bisa mengantisipasinya.

1. Menggunakan otot pergelangan tangan

Sala satu cara melatih timing smash bola voli yang pertama harus anda lakukan adalah dengan memperkuat pergelangan tangan anda. Hal ini sebenarnya tidak jauh dengan cara smash keras badminton biar keras yang memang di dalam melakukannya harus memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk menguasainya.

Langkah atau cara yang harus anda lakukan adalah dengan sering-sering berlatih memperkuat otot pergelangan anda sehingga ketika sewaktu-waktu dibutuhkan atau ketika anda memiliki kesempatan, anda bisa langsung menggunakan otot pergelangan anda untuk melakukan smash.

Kami jamin bahwa lawan anda akan cenderung kesulitan untuk mengantisipasi smash anda. Dan tidak jarang bahwa karena otot pergelangan anda kuat, maka smash yang anda lakukan menukik tajam dengan kecepatan yang tidak bisa ditandingi oleh lawan.

2. Melatih plantara dinding

Cara melatih timing smash voli yang kedua adalah dengan membiasakan diri untuk melatih plantara dinding. Maksudnya adalah kami sarankan agar anda berlatih timing smash melalui pantulan dinding karena memang metode ini terbukti ampuh di dalam melatih timing smash pada permainan bola voli.

Yang harus anda lakukan adalah dengan membiasakan diri untuk mulai berlatih menggunakan cara ini sehingga nantinya anda bisa benar-benar menguasai bagaimana cara melakukan smash yang tepat dan kemudian anda bisa mendapatkan poin.

Dan yang harus anda tahu bahwasanya teknik ini juga termasuk kedalam salah satu variasi permainan bola voli yang harus dikuasai oleh setiap pemain bola voli yang ingin menjadi seorang pemain yang profesional.

3. Melatih gerakan melangkah kaki

Dengan melatih gerakan melangkah kaki, maka anda bisa menguasai timing smash pada permainan bola voli. Perlu anda ketahui bahwasanya di dalam melatih timing smash, anda harus benar-benar menguasai bagaimana melakukan pergerakan melangkah kaki yang tepat.

Maka dari itu, anda harus membiasakan diri untuk melakukan gerakan melangkah kaki secara tepat agar supaya anda juga bisa melakukan smash keras dan tepat karena jika anda berlari maupun juga ketika buru-buru, maka nantinya hanya akan membuat timing smash yang anda lakukan sia-sia.

Sekedar informasi bahwasanya agar anda tidak sampai mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, maka kami sarankan agar anda melakukan pemanasan terlebih dahulu karena olahraga apapun memang kebanyakan harus terlebih dahulu dimulai dengan pemanasan.

4. Berlatih tanpa menggunakan bola

Cara lain yang juga bisa anda lakukan untuk melatih timing smash pada permainan bola voli adalah dengan berlatih tanpa menggunakan bola. Apakah anda sudah mengetahui maksud dan tujuan membiasakan diri melakukan latihan tanpa menggunakan bola?

Latihan ini bukan hanya untuk melatih anda dalam meningkatkan timing smash, namun juga akan membuat anda lebih tangkas dan cepat ketika merespon serangan lawan. Dengan kata lain, latihan ini bukan hanya bertujuan untuk meningkatkan teknik smash, melainkan juga bisa membantu anda di dalam meningkatkan teknik block atau blocking.

Sponsors Link

Yang harus anda lakukan adalah dengan berlatih secara rutin. Meskipun memang di awal anda merasa bahwa cukup sulit membiasakan melatih tanpa menggunakan bola, namun ketika anda sudah terbiasa maka anda akan merasakan bahwa ketangkasan dan kecepatan anda lebih meningkat dan juga akan meningkatkan kepercayaan diri anda.

5. Melatih otot tangan

Bukan hanya melatih otot pergelangan tangan, anda juga harus sering-sering melakukan latihan untuk meningkatkan ketahanan pada otot tangan anda. Smash memang mengandalkan kekuatan dari otot tangan dan pergelangan tangan.

Semakin kuat otot tangan anda, maka smash yang anda lancarkan tentu saja akan semakin kuat sehingga akan membuat anda mendulang banyak poin.

Demikian informasi dari kami mengenai cara meningkatkan timing smash voli. Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Monday 05th, November 2018 / 03:11 Oleh :
Kategori : Bola Voli