Inilah 5 Tujuan Olahraga Di Sekolah bagi Para Siswa dan Guru

Olahraga merupakan kebutuhan semua orang yang harus dilaksanakan karena jika tidak, maka orang tersebut akan rentan terkena berbagai macam penyakit yang bahkan bisa mengancam nyawanya. Sangking pentingnya olahraga, maka olahrga di kemas dan dimasukkan kedalam mata pelajaran di sekolah yang lebih dikenal dengan istilah Pendidikan Jasmani.

Pendidikan jasmani memang memiliki manfaatkan yakni untuk mendorong siswa dalam mengembangkan keterampilan motorik, kemampuan fisik, sikap sportifitas, dan juga mampu memberikan manfaat berupa membiasakan pola hidup sehat yang akan membuat siswa tersebut selalu bugar dan tidak rentan terkena penyakit.

Bahkan melalui pendidikan jasmani inilah, kemudian akan diadakan berbagai macam lomba yang beberapa cabang olahraga diantaranya terkadang juga masuk kedalam cabang olahraga Asian Games seperti basket, sepakbola, lari, dan lain sebagainya.

Lantas apa sebenarnya tujuan olahraga di sekolah? Bukannya olahraga bisa dilakukan dimana saja? Untuk menjawab mengenai hal tersebut, maka kami sarankan agar anda simak baik-baik ulasan yang akan kami berikan kepada anda.

1. Mengembangkan keterampilan pengolaan diri

Tujuan yang pertama dari penerapan olahraga di sekolah adalah untuk membantu siswa di dalam mengembangkan keterampilan pengolaan diri. Penerapan olahraga di sekolah memang sudah tidak bisa dipungkiri akan membantu siswa di dalam melatih dan mengembangkan bakat yang ia miliki yang tidak jarang melalui pendidikan jasmani inilah siswa tersebut mampu menjadi seorang pemain atau atlet yang handal.

Namun hal ini juga membutuhkan ketelitian atau kejelian dari guru olahraga untuk mampu membaca dan memahami setiap potensi yang dimiliki oleh peserta didiknya. Salah satu cara untuk mengetahui tersebut adalah dengan melakukan pertandingan antar sekolah, antar kecematan, ataupun antar kabupaten yang memang bertujuan untuk melihat bakat-bakat pengembangan keterampilan dari siswa tersebut, dan salah satunya yaitu memainkan cabang olahraga bola besar seperti bakset, voli, dan sepakbola.

2. Meningkatkan pertumbuhan fisik dan psikis

Tujuan yang kedua adalah untuk membantu siswa dalam meningkatkan pertumbuhan fisik dan psikisnya. Mungkin anda sudah tahu bahwa ada banyak olahraga yang bertujuan untuk membantu meningkatkan pertumbuhan fisik dan psikis seseorang.

Seseorang yang jarang berolahraga, tentu ia akan cenderung mengalami resiko yang lebih besar terkena berbagai macam masalah atau gangguan yang menyerang kondisi fisik maupun psikisnya. Maka dari itu, anda melalui olahraga di sekolah inilah, maka anda bisa meningkatkan pertumbuhan anda sehingga menjadi seseorang yang sehat, baik secara fisik maupun psikis.

Sekedar informasi bahwa salah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan psikis siswa adalah dengan mempelajari stategi bermain catur, meskipun memang cabang olahraga yang satu ini jarang diajarkan di sekolah karena beberapa sekolah cenderung mengajarkan olahraga fisik.

3. Membantu meningkatkan perkembangan mental

Tujuan yang ketiga dari penerapan olahraga di sekolah adalah untuk membantu siswa di dalam meningkatkan perkembangkan mentalnya. Perlu anda ketahui bahwa pada dasarnya pendidikan jasmani atau olahraga di sekolah bukan hanya membahas mengenai apa saja cabang olahraga yang biasanya dimainkan dan dilombakan, melainkan juga melatih siswa tentang bagaimana ia menerapkan seluruh pengetahuan yang didapatnya ke dalam lingkungan.

Hal inilah yang tidak bisa didapatkan oleh seseorang secara otodidak karena memang harus melalui langkah-langkah yang sistematis yang biasanya disusun dalam RPP yang juga dengan bantuan LKS atau Lembar Kerja Siswa.

4. Mengembangkan sikap supportif

Seperti yang telah kami jelaskan pada paragraf kedua bahwa salah satu tujuan dari penerapan olahraga di sekolah adalah untuk membantu mengembangkan sikap supportif. Sebenarnya bukan hanya sikap supportif yang akan anda dapatkan, melainkan beberapa sikap lainnya seperti jujur, tanggung jawab, disiplin, lapang dada, maupun juga kerja sama akan anda daptkan melalui pelajaran olahraga yang diterapkan di sekolah.

Oleh karena itulah, guru akan memberikan pengertian kepada anda bahwasanya dalam suatu permainan pasti ada yang kalah dan ada yang menang, namun anda harus tetap berlapang dada dan bermain supportif. Kemudian melaui hal ini, maka siswa akan merasa bahwa ia harus memiliki sikap yang jujur serta tanggung jawab.

5. Membantu perkembangan sosial

Tujuan olahraga olahraga di sekolah adalah untuk membantu siswa di dalam mengembangkan nilai-nilai sosial yang akan berguna bagi siswa tersebut ketika ia berinteraksi dengan suatu kelompok atau masyarakat tertentu. Dengan begitu, ia akan dengan mudah menyesuaikan diri dan membaur dengan lingkungannya sekalipun ia sebelumnya tidak pernah berada di lingkungan tersebut.

Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat bagi anda semuannya.