Inilah 5 Tujuan Permainan Bola Voli Bagi Para Pemainnya

Olahraga bola voli merupakan sebuah cabang olahraga bola besar yang pada waktu itu diciptakan oleh seorang bernama Wiliam G.morgan pada tahun 1895. Pada awal permulaannya, olahraga yang satu ini hanya berkembang dan sering dimainkan di Amerika maupun negara sekitarnya sehingga pada waktu itu memang olahraga ini masih kurang begitu terkenal. Namun seiring berjalannya waktu, olahraga bola voli kemudian menyebar ke Benua Eropa dan Asia sehingga semakin banyak orang yang memainkan olahraga tersebut.

Hal inilah yang membuat olahraga bola voli telah dijadikan sebagai salah satu cabang olahraga Asian Games yang diselenggarakan setiap rutin. Bagi anda yang saat ini memiliki hobi atau malah ingin memulai melakukan olahraga yang satu ini, maka langkah awal yang harus anda lakukan adalah dengan mempersiapkan perlengkapan olahraga bola voli karena hal inilah yang menjadi salah satu faktor pendukung anda bisa menjadi seorang pemain bola voli handal.

Perlu anda ketahui juga bahwa seperti halnya cabang olahraga yang lain, olahraga bola voli juga memiliki tujuan yang terkandung di dalamnya, baik tujuan secara eksplisit maupun juga tujuan secara implisit. Untuk memahami hal tersebut, maka kami menyarankan agar anda menyimak penjelasan dari kami mengenai apa saja tujuan permaianan bola voli yang harus anda ketahui.

1. Melewatkan bola di atas net

Mungkin untuk tujuan yang pertama ini semua dari anda pasti mengetahuinya karena memang tujuan yang kami jelaskan di poin pertama ini juga termasuk kedalam salah satu peraturan permainan bola voli yang paling utama. Kedua tim yang bermain harus berusaha membuat bola melewati net dan kemudian berusah menempatkan bola tersebut di lantai area lawan dimana lawan tidak bisa menjangkau bola tersebut.

Jika anda perhatikan memang tujuan ini tidak jauh berbeda dengan tujuan yang ada pada seseorang yang bermain bulu tangkis atau badminton maupun mereka yang saat ini sedang hobi memainkan tenis dimaan seseorang yang bermain olahraga tersebut akan berusaha untuk bagiamana caranya agar bola mampu melewati net dan jauh di dearah yang tidak bisa dijangkau lawan.

2. Menjaga kesehatan tubuh

Sama halnya dengan tujuan olahraga pencak silat, permainan bola voli juga memiliki tujuan untuk menjaga kesehatan tubuh. Seseorang yang hobi bermain bola voli akan membuatnya tubuhnya selalu dalam kondisi prima serta memiliki stamina yang kuat sehingga tidak heran meskipun ia memiliki kegiatan atau aktivitas yang padat, ia masih terlihat segar dan tidak letih.

Hal ini disebabkan karena di dalam permainan bola voli, terdapat banyak posisi tubuh yang dilakukan yang akan mempelancar peredaran darah, meregangkan otot sehingga akan membuat tubuh anda menjadi sehat dan bugar. Selain itu, seseorang yang hobi bermain bola voli akan memiliki ketahanan jantung yang kuat sehingga anda jangan heran jika ia memiliki stamina yang cukup kuat ketika berlari atau jogging.

3. Mencari prestasi

Hampir semua orang yang melakukan sebuah olahraga bukan hanya bertujuan untuk sekedar menyehatkan tubuh dan menuruti hobinya, melainkan jauh di dalam hati kecilnya bhawa ia ingin mencari sebuah prestasi yang akan membuatnya bangga. Tidak ada seorang pun pemain atau atlet olahraga yang tidak menginginkan mendapatkan prestasi yang akan mengharumkan nama dirinya maupun daerahnya. 


Oleh sebab itu, bagi anda yang ingin lebih dalam mempelajari bola voli sehingga nanti anda bisa berprestasi, maka anda harus terlebih dahulu menguasi berbagai macam teknik dan skill yang ada pada olahraga tersebut. Selain itu, anda juga tidak boleh melewatkan bahwa anda juga harus belajar mengenai variasi permainan bola voli yang memang jarang orang mengetahui dan mempelajarinya.

4. Mencapai kemenangan

Baik olahraga bola voli maupun olahraga yang lainnya tentu tujuan memperoleh kemenangan merupakan salah satu tujuan utama karena hal inilah yang kemudian akan membuat pemain tersebut menorehkan prestasi. Tidak ada satu olahraga pun yang tidak bertujuan untuk memperoleh kemenangan ketika dipertandingkan.

Maka dari itu, menurut kami bahwa kemenangan juga masuk kedalam salah satu tujuan permainan bola voli yang juga sekaligus menjadi tujuan paling umum yang dimiliki oleh olahraga yang lainnya.

5. Membentuk solidaritas serta mencari teman

Tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga yang dimainkan secara beregu akan memberikan keuntungan atau dampak positif yakni membentuk solidaritas antara sesama pemain. Para pemain akan berusaha melengkapi satu dengan yang lainnya sehingga kemudian akan membentuk sebuah kekompakan yang ada di antara sesama pemain bola voli.

Selain itu, dengan banyaknya waktu bermain dari pemain atau atlet yang bersangkutan, maka ia kemudian juga akan memiliki banyak teman dari berbagai daerah atau negara jika olahraga yang diperlombakan tersebut sudah ranah internasional.