Inilah 6 Tujuan Olahraga Pencak Silat, Bukan Sekedar Olahraga Beladiri

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pencak silat merupakan seni bela diri asli yang berasal dari Indonesia yang mana olahraga ini termasuk kedalam cabang olahraga Asian Games yang beberapa waktu yang lalu telah usai diselenggarakan. Beberapa orang mempelajari olahraga ini terbagi kedalam tiga bagian. Yang pertama karena mereka memang ingin mempertahankan dirinya, yang kedua karena mereka menjadikan pencak silat hanya sebagai hobi dan olahraga, dan yang ketiga mereka menggabungkan antara olahraga dan cara untuk mempertahankan diri.

Selain itu, tidak bisa dipungkiri bahwa selain ada manfaat pencak silat ternyata juga ada tujuan olahraga pencak silat yang akan kami jelaskan kepada anda. Bagi anda yang penasaran mengenai apa saja tujuan dari olahraga tersebut, maka silahkan simak baik-baik penjelasan yang akan kami sampaikan berikut ini.

1. Mengembangkan pendidikan mental dan spiritual

Salah satu tujuan dasar orang melakukan olahraga pencak silat adalah karena mereka ingin mengembangkan pendidikan mental dan juga spiritualnya. Memang ada beberapa teknik dasar pencak silat yang akan membantu anda di dalam pengembangan mental dan spiritual yang mana beberapa teknik tersebut ada yang mudah dan juga ada yang sulit.

Pencak silat mengenalkan sikap percaya diri bahwa ia merupakan makhluk ciptaaan Tuhan. Karena itulah, pencak silat bukan hanya merupakan seni bela diri, melainkan melalui seni bela diri yang satu ini maka akan membantu anda dalam mengembangkan watak luhur, karakter, jiwa ksatria, percaya diri, dan lain sebagainya.

2. Mengembangkan aspek bela diri

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa salah satu alasan orang mempelajari pencak silat adalah karena mereka ingin membela diri yang juga berguna di dalam mengembangkan keterampilan, kepribadian, maupun juga sikap yang akan anda dapatkan melalui latihan yang serius.

Untuk lebih jelas memahami mengenai pengembangan aspek bela diri, maka akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Membantu dalam meningkatkan efektifitas serta keterampilan diri di dalam menjaga keselamatan maupun juga harga diri, baik untuk diri sendiri maupun juga untuk negaranya.
  • Membantu dalam meningkatkan sikap cermat dan tanggap di dalam memahami berbagai persoalan yang ada dan akan berusaha dengan keras untuk menemukan solusinya.
  • Membantu di dalam meningkatkan keuletan dan juga ketangguhan untuk mengembangkan kemampuan dasar yang berasal dari dalam diri masing-masing.

3. Membantu dalam mengembangkan seni

Sebagai seni bela diri khas Indonesia, mempelajari pencak silat juga berarti bahwa anda ikut melestarikan kebudayaan daerah, terlebih lagi pencak silat ternyata mampu mengikuti estetika, wirama, wiraga, dan juga wirasa sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh.

Dengan kata lain, pencak silat juga membantu dalam untuk pengembangan keterampilan dalam gerakan yang serasi, unik, dan juga menarik yang didasarkan pada kecintaan terhadap budaya Indonesia. Sementara itu, untuk tujuan yang lainnya sebagai berikut:

  • Mencegah dan mengatasi masuknya budaya asing yang bernilai negatif, namun tetap menyaring budaya asing yang bersifat positif untuk pembangungan bangsa dan negara.
  • Mengembangkan nilai-nilai yang terkandung di dalam pencak silat agar supaya sesuai dengan kepribadian yang sesuai dengan Pancasila.
  • Mengembangkan nila-nilai budaya luhur agar sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

4. Pengembangan pendidikan

Ternyata pencak silat juga memiliki beberapa tujuan yang berhubungan dengan pendidikan, beberapa tujuan tersebut antara lain:

  • Membantu meningkatkan pengetahuan yang lebih dalam.
  • Membantu dalam memiliki sikap yang lebih efektif dan positif yang akan bermanfaat di dalam penyesuaian dengan lingkungannya.
  • Membantu di dalam meningkatkan fungsi organ tubuh karena memang pencak silat menggunakan kekuatan otot dan tubuh serta keseimbangan dan kecepatan. Oleh sebab itu, ada ada beberapa latihan fisik pencak silat serta cara melatih kecepatan tendangan pencak silat yang harus dikuasi oleh setiap orang yang ingin mempelajari atau menggeluti seni bela diri yang satu ini.

5. Wadah penyaluran hobi

Tujuan olahraga pencak silat juga bisa sebagai wadah untuk menyalurkan hobi. Setiap orang tentu saja akan memiliki hobi yang berbeda-beda. Ada yang hobi terhadap olahraga seperti sepakbola, voli, basket, badminton, namun tidak sedikit orang yang memiliki hobi terhadap seni bela diri.

Karena itulah, pencak silat bisa dijadikan sebagai salah satu wadah untuk menyalurkan hobinya yang nantinya berbentuk komunitas yang akan diadakan sebuah acara kumpul minimal sebulan sekali.

6. Membentuk jiwa ksatria

Pencak silat juga akan membantu di dalam pembentukan karakter seseorang yang akan membuat mentalnya kuat sehingga ia juga bisa menjadi seseorang yang berjiwa ksatria. Orang yang benar-benar belajar dan memahami apa tujuan dari pencak silat, akan membuatnya menjadi orang yang suka menolong, namun tidak ingin disebut sebagai orang yang pamer. Di akan tetap merendah, namun akan selalu siap dan tanggap ketika dimintai tolong.