8 Teknik Kuncian Dalam Pencak Silat

Salah satu teknik dasar dalam pencak silat adalah teknik kuncian. Teknik kuncian merupakan salah satu teknik dasar dalam pencak silat yang harus dipelajari dengan baik. Teknik kuncian sendiri terbagi dalam beberapa jenis yang berbeda. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya.

Teknik kuncian I

Teknik kuncian I dilakukan dengan menargetkan lengan bagian atas miliki lawan. Teknik ini dilakukan ketika lawan melayangkan sebuah pukulan ke arah atas. Saat pukulan datang, segera hindari ke arah samping.

Ketika membelokkan badan itulah secara bersamaan tangkap lengan bagian atas lawan dan lakukan kuncian. Dengan begini, lawan tidak akan bisa bergerak lagi.

Teknik kuncian II

Target dari teknik kuncian II adalah leher. Teknik kuncian yang satu ini cukup membuat lawan menjadi shock karena mengarah ke bagian yang vital.

Cara melakukan teknik kuncian II adalah ketika lawan melayangkan pukulan, fokuslah pada tangan yang datang lalu tangkap dan secara bersamaan dengan menggunakan tangan lain, cengkeram leher lawan. Teknik kuncian ini dilakukan untuk membuat lawan mengarahkan kepalanya ke arah lain.

Teknik kuncian III

Selanjutnya adalah teknik kuncian III dimana sasarannya adalah pinggang atau pinggul lawan. Cara melakukan teknik ini adalah dengan menekan lutut lawan hingga ia tersungkur kemudian menarik kaki bahu atau badan bagian atas ke belakang untuk dikunci gerakannya.

Teknik kuncian IV

Teknik kuncian IV bisa dibilang teknik kuncian yang paling mudah yakni dengan menendang pergelangan kaki lawan. Dengan begini, lawan akan terjatuh karena kehilangan keseimbangan.

Teknik kuncian V

Teknik kuncian V ditujukan untuk mencegah lawan menangkap kaki kita. Caranya hampir sama dengan teknik kuncian III yakni dengan menekuk kaki lawan kemudian tangkap bahu atau lengan bagian atasnya. Kemudian putar hingga lawan jatuh tersungkur.

Teknik kuncian VI

Teknik kuncian VI dilakukan dengan menjadikan lengan bagian atas lawan sebagai sasaran. Cara melakukannya adalah dengan menangkap lengan bagian atas lawan kemudian putar ke belakang hingga lawan tidak dapat bergerak.

Teknik kuncian VII

Teknik ini dilakukan dengan mengunci lawan menggunakan bagian tubuh kita sendiri. Caranya adalah dengan melakukan kuncian pada kaki lawan dengan kaki sendiri sehingga lawan akan sulit bergerak.

Teknik kuncian VIII

Jika pada teknik sebelumnya semua menyasar lengan bagian atas, maka teknik ini justru menyasar lengan bagian bawah. Ketika lawan melakukan serangan, segera tangkap lengan bagian bawahnya dan kemudian putar hingga ia terbanting.

Itulah penjelasan singkat mengenai teknik kuncian dalam pencak silat. Teknik ini harus dikuasai dengan baik agar dapat naik ke tingkat selanjutnya.