4 Jurus Pencak Silat yang Paling Mematikan

Pesilat memeragakan gerakan silat saat Pengukuhan Beladiri Militer Pencak Silat Nusantara di lapangan upacara Batalyon Para Raider 501/Bajra Yudha Madiun, Jawa Timur, Kamis (4/4/2019). Brigif Para Raider 18/Sarvatra Eva Yudha yang membawahi Batalyon Rara Raider 501/Bajra Yudha mengukuhkan bela diri pencak silat yang gerakannya berasal dari berbagai perguruan silat di nusantara untuk dijadikan beladiri militer. ANTARA FOTO/Siswowidodo/aww.

Ketangguhan para pemain pencak silat tidak diragukan lagi dalam sebuah pertarungan. Banyaknya jurus yang beredar dalam ilmu pencak silat membuat bela diri yang satu ini memiliki ragam. Namun ternyata ada beberapa jurus pencak silat yang sangat mematikan dan berbahaya. Berikut ini adalah jurus pencak silat yang sangat mematikan tersebut:

1. Kuntao

Jurus yang satu ini adalah jurus dalam pencak silat yang paling populer. Saking populernya, penyebarannya tak hanya di Indonesia tapi hingga ke Malaysia dan Singapura yang masih serumpun dengan kita. Jurus ini juga sempat diperebutkan hak patennya oleh beberapa pihak.

Namun apa istimewanya jurus ini jika hampir semua pemain pencak silat dapat mempelajarinya? Salah satu kelebihan dari jurus ini adalah ilmu pedang atau trisulanya. Konon, beberapa orang yang memiliki jurus kuntao dapat melakukan beberapa jurus di atas pecahan kaca tanpa terluka sedikit pun.

2. Pulo Kali

Jurus yang satu ini benar-benar mematikan karena salah satu jurus dari 24 jurus dalam ilmu Pulo Kali dapat mematahkan leher lawan hingga mengakibatkan lawan mati seketika. Ada juga teknik yang menghentakkan lawan mulai dari lambung hingga leher sehingga tulang lawan akan patah.

Berbeda dengan teknik pukulan pada umumnya yang menggunakan kepalan tangan, teknik pukulan dalam jurus Pulo Kali justru menggunakan telapak tangan. Jurus yang mematikan ini tidak diajarkan pada sembarang orang. Bahkan dari 40 orang yang mempelajarinya, hanya 3 orang saja yang mampu lulus.

3. Brajamusti

Meskipun ilmu Pulo Kali terdengar sangat mematikan, namun ternyata ada yang lebih mematikan lagi. Nama jurus ini adalah Brajamusti. Sebagian orang percaya bahwa jurus ini tidak sembarangan diturunkan. Ada yang menganggap ini bisa dipelajari, namun ada pula yang menganggap bahwa jurus ini bersifat diturunkan melalui keturunan langsung.

Namun yang paling terkenal dari jurus Brajamusti adalah kemampuan telapak tangannya yang sangat mematikan. Hanya dengan melakukan tamparan biasa saja, lawan yang dihadapi bisa mati saat itu juga. Ilmu ini masih dapat ditemukan di daerah Jawa.

4. Pamur

Jurus pencak silat yang satu ini berasal dari Madura. Orang Madura memang dikenal dengan kelihaiannya dalam pencak silat. Jurus silat pamur memiliki kelebihan pada kuda-kudanya yang begitu kuat. Selain itu, kecepatan yang dimiliki para pengguna jurus ini juga sangat hebat.

Itulah beberapa jurus pencak silat mematikan yang perlu diketahui. Apapun jurus yang dipelajari, hal yang paling penting adalah menggunakan bela diri hanya untuk pertahanan diri saja, bukan untuk merusak atau bahkan menghilangkan nyawa seseorang.