Inilah Teknik Jatuhan Dalam Pencak Silat yang Sangat Penting!

Dalam pencak silat, teknik dasar yang perlu dipelajari salah satunya adalah teknik jatuhan. Teknik jatuhan adalah teknik yang digunakan untuk menjatuhkan lawan yang juga merupakan tindakan lanjut dari teknik tangkapan atau serangan langsung.

Teknik jatuhan bisa dilakukan dengan beberapa cara, misalnya menambah, merubah, atau bahkan menghilangkan tenaga serangan. Teknik jatuhan dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti di bawah ini:

1. Merubah arah serangan lawan dengan melakukan tarikan, dorongan, atau putaran

Merubah arah serangan lawan dengan melakukan tarikan, dorongan, atau putaran dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Sapuan: pertama kita harus meniadakan tumpuan badan lawan dengan sapuan. Teknik ini dilakukan dengan menyapu kaki lawan menggunakan kaki sendiri. Teknik ini dapat dilakukan dengan posisi tegak, rebah maupun lingkar.
  2. Kaitan: Teknik kaitan dilakukan dengan cara mengait kaki lawan dengan menggunakan kaki sendiri. Teknik ini dapat dilakukan dengan arah luar, dalam ataupun belakang.
  3. Angkatan: Teknik angkatan dilakukan dengan cara mengangkat kaki lawan dengan menggunakan kaki sendiri. Teknik ini dapat dilakukan dari dalam atau dari belakang kaki lawan.
  4. Ungkitan: Teknik menjatuhkan lawan dengan ungkitan adalah dengan cara mengungkit kaki lawan dengan menggunakan kaki sendiri kemudian diikuti dengan dorongan tangan.
  5. Guntingan: Teknik guntingan dilakukan dengan cara menggunting kaki lawan dengan menggunakan kaki sendiri. Teknik ini biasanya dilakukan dengan merebahkan diri.

2. Menambah tenaga serangan lawan searah

Teknik jatuhan yang satu ini dapat dilakukan dengan cara tarikan atau dorongan. Jika dilakukan dengan cara tarikan, pertama tangkap dan tarik tangan atau kaki lawan searah dengan serangan. Sedangkan jika dilakukan dengan cara dorongan, maka segera lakukan aksi hindar kemudian dorong kaki atau tangan lawan searah dengan serangan.

3. Merubah arah serangan lawan dengan tarikan dan dorongan

Teknik jatuhan selanjutnya adalah dengan merubah arah serangan lawan. Sama seperti teknik sebelumnya, teknik jatuhan ini dapat dilakukan dengan cara tarikan, dorongan, dan putaran.

Jika dilakukan dengan cara tarikan, maka tangkap kemudian tarik ke samping atau ke arah bawah tangan atau kaki lawan hingga ia terjatuh.

Sedangkan cara dorongan dilakukan dengan elakan kemudian dorong lawan ke samping. Untuk cara putaran dilakukan dengan menangkap kemudian putar ke kiri atau kanan tangan atau kaki lawan yang telah ditangkap agar lawan jatuh.

Itulah beberapa teknik jatuhan dalam pencak silat yang perlu diketahui. Teknik tersebut akan semakin sempurna jika banyak dilakukan latihan.