Inilah Fungsi Pukulan Dalam Pencak Silat yang Sebenarnya!

Pencak silat adalah salah satu olahraga bela diri yang berasal dari Asia Tenggara. Dalam pencak silat, terdapat beberapa teknik dasar yang wajib dipelajari. Salah satunya adalah teknik pukulan. Teknik pukulan dalam pencak silat sendiri disesuaikan dengan fungsinya. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai fungsi pukulan dalam pencak silat:

1. Melawan musuh 

Teknik pukulan dalam pencak silat digunakan untuk melawan musuh. Sebagaimana olahraga bela diri lainnya, pencak silat bertujuan untuk membela diri. Maka dari itu, teknik pukulan sangat penting untuk melawan musuh yang menyerang, baik dengan menggunakan tangan maupun kaki.

Pukulan yang dikeluarkan harus memiliki tenaga yang sesuai untuk melawan musuh agar memberikan efek jera. Untuk melawan musuh dari depan, gunakan pukulan ke arah depan dengan menjulurkan kepalan ke arah musuh.

2. Melemahkan lawan

Pukulan juga bisa digunakan untuk melemahkan lawan dengan menyasar organ vitalnya. Pukulan seperti ini akan membuat lawan lemah dan tidak ingin melawan lagi. Arahkan pukulan ke organ vital yang disasar, biasanya ulu hati, namun pukul dengan tenaga yang pas dan tidak berlebihan.

Ingat, tujuan utama adalah melemahkan lawan bukan membuat lawan sekarat karena inti dari seni bela diri adalah membela diri bukan menjatuhkan lawan dan menjadi yang terkuat.

3. Melindungi diri

Pukulan tak hanya berfungsi untuk memberikan perlawanan pada lawan, tapi juga berfungsi melindungi diri dari serangan lawan. Teknik pukulan ini dilakukan dengan memukul lawan hanya jika ia melakukan penyerangan.

Teknik pukulan ini dilakukan dengan cara memukul ke arah lawan dengan menggunakan tangan kanan atau tangan yang dominan, sedangkan tangan yang satu lagi menutup tubuh agar tidak terkena serangan lawan.

4. Menghindari lawan

Pukulan dalam bela diri pencak silat juga berfungsi untuk menghindari lawan. Teknik ini dilakukan dengan cara memukul lawan untuk mengecoh perhatiannya.

Lakukan pukulan ke depan untuk mendapatkan perhatian lawan, kemudian langsung serongkan badan ke samping lawan ketika ia memberikan perlawanan balik. Ketika itu pula, lancarkan pukulan selanjutnya ke arah badan lawan yang tidak terlindungi.

Itulah beberapa fungsi pukulan dalam pencak silat yang perlu kamu ketahui. Untuk bisa menggunakan teknik pukulan dengan sempurna, lakukan latihan dengan sungguh-sungguh. Dan jangan lupa pula tetap mempertahankan kode etik atlet bela diri.