Cara Bermain Billiard 9 Ball dan Aturannya

Selain permainan biliar 8 ball pool, ada juga permainan biliar 9 ball pool. Meskipun sama-sama biliar, namun cara bermain kedua permainan biliar ini berbeda. Bagi kamu yang belum mengetahui cara bermainnya, berikut ini adalah penjelasan singkat tentang cara bermain biliar 9 ball pool:

1. Pemain

Permainan biliar 9 ball biasanya dilakukan satu lawan satu. Kalaupun terdapat beberapa orang, biasanya dibagi dalam dua kelompok saja. Namun usahakan pembagian kelompok sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai kelompok yang satu lebih dominan agar permainan lebih adil.

2. Susun bola

Berbeda dengan pada permainan biliar 8 ball pool. Pada permainan biliar 9 ball, bola disusun dengan bentuk wajik atau diamond. Posisinya bola 1 diletakkan di atas sedangkan bola 9 diletakkan di tengah. Bola lainnya boleh disusun secara acak.

3. Menembak bola

Dalam permaiann biliar 9 ball, bola dimasukkan dengan menembak melalui bola lain atau bola putih. Namun bola yang dimasukkan harus berurutan mulai dari yang kecil hingga yang besar.

Lakukan tembakan dengan tenaga yang tidak terlalu pelan agar tembakan mencapai bola sasaran dan bola menyentuh dinding meja. Hal ini dikarenakan jumlah bola tidak terlalu banyak sehingga butuh tenaga yang berbeda dibandingkan saat bermain biliar 8 ball pool.

4. Giliran

Berbeda dengan permainan biliar 8 ball pool, dalam permainan biliar 9 ball, pemain diperbolehkan untuk menembak setiap kali ia berhasil memasukkan bola ke dalam lubang. Giliran baru diberikan jika ia gagal memasukkan bola atau melakukan pelanggaran.

5. Pemenang

Pemenang ditentukan dengan bola bernomor 9. Pemain yang berhasil memasukkan bola 9, maka ia adalah pemenangnya. Kemenangan ini tidak harus dilakukan dengan menghabiskan bola lain. Jika terdapat bola dengan angka 1 di atas meja, kemudian ketika bola putih menyentuh bola 1 dan memantul mengenai bola 9 hingga bola 9 masuk ke dalam lubang, maka ia dianggap sebagai pemenangnya.

6. Pelanggaran

Dalam permainan biliar 9 ball juga terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan pelanggaran yang mungkin terjadi. Berikut ini adalah beberapa jenis pelanggaran dalam biliar 9 ball:

  1. Bola yang ditembak bukan bola dengan angka paling kecil di atas meja
  2. Bola putih atau bola berwarna keluar dari meja biliar
  3. Bola putih masuk ke dalam lubang
  4. Bola putih tidak menyentuh bola yang akan ditembak
  5. Tidak ada bola yang menyentuh dinding meja saat melakukan tembakan
  6. Bagian tubuh atau pakaian pemain menyentuh bola
  7. Meletakkan tongkat biliar di atas meja
  8. Mengganggu pemain yang akan melakukan tembakan

Itulah beberapa cara bermain biliar 9 ball yang perlu diketahui. Permainan biliar ini tentu akan lebih menarik jika dimainkan bersama teman-teman. Namun jangan lupa menjaga sportivitas dalam permainan.