Inilah Cara Membuat Meja Billiard Sederhana yang Bisa Kamu Coba Sendiri di Rumah!

Siapa bilang permainan billiard itu mahal? Kalau kamu tidak memiliki dana yang cukup, kamu bisa membuat meja biliar sendiri di rumah. Selain lebih murah, kamu bisa puas bermain tanpa harus mengeluarkan uang untuk bermain biliar per jamnya seperti dulu. Berikut ini adalah cara membuat meja biliar sederhana yang bisa kamu coba:

Bahan:

  1. Papan yang agak tebal dengan ukuran 243,84 x 91,44 cm
  2. Papan putih
  3. Lem kayu
  4. Lem semprot
  5. 6 buah kayu untuk rel dengan ukuran 1x3x8
  6. 3 buah kayu untuk bingkai rel dengan ukuran 1x6x8
  7. Karet rem untuk rel
  8. Sekrup
  9. Kantung jaring atau bisa menggunakan jaring untuk nyamuk
  10. Kertas pasir
  11. Potongan ban bekas
  12. Kain tebal hijau

Cara membuat:

1. Membuat papan dasar

Letakkan papan putih di atas papan yang agak tebal. Rekatkan dengan lem kayu. Kemudian potong papan putih sesuai ukuran papan yang tebal.

2. Membuat rel

Membuat rel untuk meja biliar gampang-gampang susah. Pertama, potong kayu dengan sudut 40 derajat dan 70 derajat pada bagian kantong. Jangan lupa untuk menyisakan sedikit ruang untuk memasukkan rel dan lubangnya.

Pekerjaan yang satu ini akan jauh lebih mudah jika menggunakan mesin potong, namun karena biaya terbatas, kamu juga bisa melakukannya dengan gergaji atau pisau biasa.

3. Membuat lubang

Langkah selanjutnya adalah membuat lubang. Lubang untuk kantung bola biliar dibuat agak lebih besar dari ukuran bola biliar. Potong papan yang telah disatukan sebelumnya dengan menggunakan gergaji. Haluskan bagian pinggiran dengan menggunakan kertas pasir.

4. Memasang rel

Selanjutnya adalah menyempurnakan rel. Kamu bisa menggunakan potongan ban bekas untuk mendapatkan pantulan yang baik dari bola biliar. Namun pastikan pula ketinggian pemasangan karet ban pada rail sesuai agar bola memantul dengan baik. Ketinggian yang sesuai biasanya adalah 3/4 dari ukuran bola.

5. Memasang kain

Untuk memasang kain tebal sebagai alas papan diperlukan kecepatan. Semprotkan lem semprot pada bagian papan yang akan dialasi kain, kemudian pasang kain dengan membuka gulungan kain di atas papan. Cara ini akan membuat tampilan akhir menjadi lebih rapi dibandingkan harus menarik kain dari satu sudut ke sudut lainnya. Jangan lupa pula untuk menutupi rel dengan sisa kain kemudian rekatkan pada bagian tepi papan dengan menggunakan lem.

6. Membingkai meja

Bingkai meja dengan sisa kayu berukuran 1x6x8. Lakukan finishing dengan merekatkan kantong bola biliar pada setiap lubang. Pastikan ukuran kantong sesuai dengan ukuran bola biliar. Haluskan bagian yang masih kasar pada pinggiran meja kemudian lapisi dengan cat kayu.

Itulah cara membuat meja biliar sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Ajak teman-teman untuk membuat bersama-sama agar lebih mudah dan cepat selesai sehingga kamu bisa langsung bermain biliar bersama.