Cara Bermain Biliar 8 Ball Pool Multiplayer

Permainan biliar 8 ball pool multiplayer adalah salah satu permainan biliar yang paling banyak digunakan. Permainan ini terbilang cukup sederhana sehingga banyak disukai. Bagi kamu yang belum mengetahui cara bermain biliar 8 ball pool, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai cara bermainnya:

1. Jenis bola

Dalam permainan 8 ball pool terdapat 2 jenis bola yang digunakan, yakni bola solid dan bola strip. Bola solid adalah bola yang memiliki warna solid dan angka 1 sampai 7. Sedangkan bola strip adalah bola yang memiliki strip dengan angka 9 sampai 15.

2. Kelompok

Permainan biliar 8 ball pool dimainkan secara multiplayer atau dengan menggunakan banyak pemain di dalamnya. Permainan ini membagi beberapa orang ke dalam 2 kelompok, yakni kelompok yang memasukkan bola solid dan kelompok yang memasukkan bola strip.

3. Cara menembak

Dalam permainan biliar 8 ball pool, bola tidak bisa ditembak sembarangan. Masing-masing pemain harus menembak bola jatahnya masing-masing terlebih dahulu. Barulah diperbolehkan menembak atau memasukkan bola berwarna hitam dengan angka 8. Jika pemain memasukkan bola hitam sebelum bolanya habis, maka ia dinyatakan kalah.

4. Break

Break dalam permainan biliar 8 ball pool juga memiliki aturan. Jika setelah break dilakukan, kemudian ada bola yang masuk lagi, maka tim dari pemain tersebut diperbolehkan untuk melakukan tembakan lagi.

Setelah break, pemain yang akan menembak diperbolehkan memilih bola yang akan ditembak dengan cara memasukkan bola solid atau bola strip. Jika yang masuk bola solid, maka selanjutnya timnya harus memasukkan bola solid.

5. Pemain yang menang

Pemain yang dianggap menang adalah pemain yang berhasil memasukkan bola hitam setelah seluruh bolanya habis. Selain itu, tim akan dianggap menang jika salah satu pemain tim lawan memasukkan bola 8 ke dalam lubang yang salah atau memasukkan bola 8 sebelum bola mereka habis.

6. Pelangggaran

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai bentuk pelanggaran dalam permainan bola biliar. Berikut ini adalah beberapa pelanggaran yang perlu diperhatikan:

  1. Bola yang ditembak bukan bola miliknya
  2. Menembak bola hitam padahal bola miliknya belum habis
  3. Mengakibatkan bola hitam keluar dari meja biliar
  4. Memasukkan bola putih ke dalam lubang
  5. Memasukkan bola hitam ke lubang yang salah
  6. Bola putih atau bola berwarna keluar dari meja
  7. Bagian tubuh atau pakaian menyentuh bola
  8. Menembak sebelum bola berhenti bergerak
  9. Memasukkan bola yang bukan miliknya
  10. Mengganggu pemain yang akan melakukan tembakan

Itulah penjelasan singkat mengenai cara bermain biliar 8 ball pool multiplayer. Permainan tentu akan semakin seru jika dimainkan bersama dengan teman-teman. Namun jangan lupa untuk tetap menjunjung sportivitas dalam bermain.