6 Cara Menusuk Bola Billiard Dengan Tepat Bagi Pemula

Bagi pemula, melakukan tembakan pada saat bermain biliar bukan hal yang gampang. Butuh latihan yang rutin untuk bisa membiasakan diri menggunakan tongkat biliar. Bagi kamu yang pemula, berikut ini adalah penjelasan singkat tentang cara menusuk bola biliar dengan tepat:

1. Fokus

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat akan menusuk bola biliar adalah dengan fokus pada bola yang akan ditusuk. Fokus merupakan hal yang sangat penting dalam biliar, bahkan meskipun posisi bola yang akan disodok sangat mudah. Fokuskan pada sudut bola yang akan disodok.

2. Bidik bola

Jika sudah mendapatkan sudut bola yang tepat, selanjutnya bidik bola. Letakkan tongkat biliar dan posisikan ujung tongkat ke arah bidikan bola. Pastikan kembali apakah sudut bola yang ditargetkan sudah pas ke lubang yang akan dituju. Jika sudah pas, maka jangan melirik ke arah lubang lagi. Fokuskan pandangan pada sudut bola yang akan disodok.

3. Kuatkan bridge

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menguatkan posisi bridge. Bridge adalah posisi tangan dalam menargetkan bola yang akan disodok. Banyak macam bridge yang bisa digunakan dalam permainan bola biliar. Namun bagi pemula, sebaiknya gunakan teknik bridge yang mudah digunakan.

Posisi bridge harus kuat menopang tongkat biliar. Posisi bridge yang mudah goyah akan menyebabkan tembakan menjadi tidak stabil sehingga arah bola akan ikut melenceng.

4. Seimbangkan kaki

Tak hanya posisi bridge saja, posisi kaki juga harus seimbang dan kuat menopang badan. Hal ini dikarenakan keseimbangan badan sangat bergantung pada posisi dan kekuatan kaki.

5. Gunakan kekuatan sedang

Setelah semua sudah pasti, maka lakukan sodokan dengan tenaga yang pas. Tidak terlalu kuat juga tidak terlalu ringan. Namun jaga kestabilan tangan agar tembakan tetap lurus. Jangan pula tegang saat melakukan tembakan. Jika tangan terlalu tegang, maka posisi bidikan akan melenceng.

6. Posisi setelah menembak

Ketika ujung tongkat sudah menyentuh bola, usahakan untuk tidak langsung menegakkan badan. Kebanyakan orang secara spontan langsung menegakkan badan, padahal posisi ini justru bisa menyebabkan arah bola berubah.

Tetap tundukkan badan dan fokus pada arah bola. Dengan begitu, arah bola akan tetap stabil dan kamu bisa memprediksi sudut tembakan selanjutnya.

Itulah cara menusuk bola biliar dengan tepat. Meskipun terlihat sulit, namun akan terasa lebih mudah jika sering melakukan latihan.