Inilah 8 Teknik Kuncian Dalam Pencak Silat yang Wajib Diketahui!

Teknik kuncian dalam pencak silat adalah salah satu teknik yang digunakan untuk menghentikan lawan melakukan pergerakan selanjutnya. Dalam teknik kuncian, hal yang paling penting adalah kecepatan dan ketepatan. Hal ini dikarenakan teknik kuncian adalah teknik yang menyasar organ vital lawan sehingga dibutuhkan ketepatan dan kecepatan agar teknik ini berjalan sukses.

Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah beberapa penjelasan singkat tentang teknik kuncian dalam pencak silat:

1. Teknik kuncian I

Teknik kuncian yang satu ini menyasar bagian lengan atas lawan. Ketika lawan mengarahkan pukulan dari depan, maka segera hindari dengan menangkap lengan bagian atas lawan kemudian menguncinya sehinggaia tidak dapat bergerak.

2. Teknik kuncian II

Teknik kuncian II menargetkan leher lawan. Ketika lawan melayangkan pukulan, maka dengan segera tangkap leher lawan dengan salah satu tangan sedangkan tangan yang satu lagi menangkap tangan yang akan melakukan pukulan. Leher lawan ditangkap dengan cara memaksa kepala berputar ke arah berlawanan.

3. Teknik kuncian III

Teknik ini mengarah kepada pinggang atau pinggul lawan. Caranya adalah dengan menekan lutut lawan dengan menggunakan kaki kemudian menarik lengan atau bahu lawan ke arah belakang.

4. Teknik kuncian IV

Teknik kuncian IV merupakan salah satu teknik kuncian yang cukup mudah. Teknik ini menyasar pada pergelangan kaki lawan. Cukup dengan menyepak pergelangan kaki lawan sehingga lawan akan langsung terjatuh.

5. Teknik kuncian V

Teknik kuncian selanjutnya ditujukan untuk mencegah lawan menangkap kaki kita. Cara melakukan teknik kuncian V ini adalah dengan menekukkan kaki lawan kemudian tangkap tangan atau bahu lawan. Putar tangan atau bahu lawan kemudian bantingkan ke bawah.

6. Teknik kuncian VI

Teknik selanjutnya adalah teknik kuncian VI. Teknik yang satu ini menyasar lengan bagian atas dengan menangkap tangan lawan kemudian putar ke belakang sehingga lawan tidak dapat bergerak lagi.

7. Teknik kuncian VII

Teknik yang satu ini hampir mirip dengan teknik kuncian IV. Teknik ini dilakukan dengan mengunci kaki lawan dengan menggunakan kaki kita sendiri sehingga lawan tidak dapat bergerak atau melangkah kemana-mana.

8. Teknik kuncian VIII

Teknik ini menyasar pada lengan bagian bawah. Ketika lawan melakukan serangan, segera tangkap lengan bagian bawahnya kemudian putar dan banting.

Itulah beberapa teknik kuncian dalam pencak silat yang perlu diketahui. Teknik tersebut sangat berguna dalam mempertahankan diri dari serangan lawan, namun harus dilakukan latihan yang rutin untuk menyempurnakannya.