7 Cara Melatih Kecepatan Tendangan Pencak Silat yang Mudah Dilakukan

Pencak silat merupakan salah satu cabang olahraga atau atletik beladiri yang sudah pasti mempunyai gerakan – gerakan dasar. Gerakan itu harus di kembangkan dan juga di pelajari agar kita dapat mempraktekanya dengan benar dan dapat mendapatkan tendangan yang keras dan kuat. Nah kali ini kita akan membahas tentang bagaimaa teknik tendangan. Di dunia pencak silat sangat banyak sekali variasi tendangan dan semua orang yang mengikuti olahraga pencak silat sudah sewajarnya menginginkan tendangan yang cepat dan kuat. Nah simak saja artikel kita di bawah ini yang akan menjelaskan cara melatih kecepatan tendangan pencak silat. Pertama latih otot kaki anda, jika otot kaki anda sudah kuat maka anda akan mendapatkan tendangan yang kuat.

  • Lari 100m / sprint

Sebelum melakukan latihan ini anda dapat belajar terlebih dahulu tentang jenis cedera saat berlari untuk menhindari cedear. Latihan lari ini dapat melatih agar daya otot kaki anda menjadi semakin besar sehingga kaki anda akan bergerak lebih cepat dan semakin kuat. Sebelum anda menjalani latihan sprint anda juga dapat melakukan pemanasan terlebih dahulu. Anda dapat melakukan sprint maksimal 3 set, jangan paksakan tubuh anda. Anda dapat beristirahat 1 menit per set. Setelah anda menjalani latihan sprint selama 3 set anda dapat mengistirahatkan kaki anda agar rileks dan tidak tegang. Setelah itu anda dapat melakukan sprint lagi akan tetapi dengan mengangkat lutut anda hingga sampai perut, metode ini cukup di lakukan 2 set saja.

  • Squat jump

Squat merupakan salah satu gerakan yang mudah, akan tetapi dapat memperkuat kaki anda agar tendangan anda dapat kuat. Squat juga dapat di lakukan di manapun karena gerakanyapun sangat mudah sekali. Anda hanya perlu berjongkok , berdiri dan ulangi it uterus hingga sampai di rasa cukup. Jangan paksakan diri anda karna nanti malah akan mengalami macam macam cidera olahraga yang paling sering terjadi dan pada akhirnya akan memberi kendala latihan tendangan cepat anda.

  • Skiping

Ternyata skiping juga merupakan gerakan yang mampu memperkuat otot anda agar mendapatkan tendangan yang cepat. Skiping juga di lakukan untuk cara memperkuat kaki untuk menendang bola. Skiping juga merupakan gerakan yang mudah dan dapat anda lakukan di manapun dan kapanpun, akan tetapi kami lebih menyarankan anda melakukanya pada pagi hari ataupun sore hari. Skiping juga dpat di gunakan untuk membakar lemak pada tubuh anda. Anda dapat melakukan skiping dengan menggunakan tali khusus skiping atau membuatnya sendiri.

  • Ikat kaki anda dengan karet pada pohon atau menggunakan benda lain

Yang di maksut disini adalah melakukan gerakan menendang dengan kaki anda di ikat pada karet ban, anda dapat melakukan ini 100x perhari, jika kaki anda sudah mulai terbiasa dengan latian berat maka tidak mustahil lagi untuk anda mendapatkan tendangan yang cepat dan kuat. Selain melatih kecepatan menendang anda, anda juga harus melatih fisik anda ketahanan tubuh anda, karena menendang dengan cepat dan kuat itu juga membutuhkan daya yang kuat juga dan pastinya akan menghabiskan stamina anda.

  • Box jump

Selain itu anda juga dapat melakukan box jump di sela – sela anda melatih tendangan anda. Box jump merupakan gerakan yang di laukan ke atas sebuah pijakan baik itu meja, batu , ataupun objek yang lainya. Anda dapat melakukan gerakan ini 50x / hari agar otot anda semakin kuat dan fisik anda semakin terlatih. Jadi anda akan tidak mudah merasa lelah dan kaki anda semakin kuat dan siap untuk menendang dengan cepat dan kuat. Latihan ini juga dapat di gunakan di latihan fisik bola voli.

  • Lunges

Lunges juga merupakan gerakan yang dapat memperkuat otot anda. Anda dapat melakukan lunges dengan cara berdiri tegak dengan kaki dalam posisi terbuka hingga -+ selebar bahu, selanjutnya anda dapat melangkahkan salah satu kaki anda ke depan dan turunkan tubuh anda. Sehingga akan membuat lutut kaki anda menekuk. Anda dapat melkukan lunges sebanyak 30x/hari jika dirasa sudah cukup atau lelah anda dapat menyudahi nya sebelumnya, dan latih setiap harinya naikan jumlah gerakanya pada setiap harinya semisal naik 10x/hari. Cara ini juga dapat memperkuat kaki dan otot kaki anda sehingga dapat mendapatkan tendangan yang cepat dan kuat.

  • Lakukan tendangan cepat

Jika latihan fisik dan memerkuat otot sudah anda jalani, maka anda dapat menguji tendangan cepat anda dengan menggunakan sandsack anda dapat menendang secepat mungkin yang anda bisa. Target yang perlu anda kejar adalah 25x tendangan /10 detik. Jika di hari pertama atau kedua anda belum memenuhinya tidak apa – apa terus berlatih hingga target tersebut terpenuhi dengan di barengi latihan yang sudah kita bahas di atas tadi. Ketika target sudah terpenuhi maka anda dapat menaikan jumlah target sesuai dengan kebutuhan anda.


Cara melatih teknik tendangan pencak silat :

  • Angkat kaki satunya dan letakan di atas meja ataupun tembok dan dada anda sentuhkan dengkul dan lakukan sekuat mungkin , lakukan bergantian kaki kanan dan juga kaki kiri.
  • Kuda – kuda tengah dengan posisi yang benar dan anda dapat melakukan tendangan dengan secara pelan terlebih dahul hingga di rasa sudah benar dan lakukan dengan cepat seperti latiahan yang sudah kita bahas di atas tadi.
  • Ketika teknik tendangan sudah di kuasai anda dapat mengayunkan sandsack dan mulai menendangi objek tersebu dengan cepat dan kuat hingga menyentuh target di atas yaitu 25x tendangan /10 deetik.

Nah ketika anda sudah melakukan latihan di atas dengan rutin dan teratur maka anda akan mendapatkan tendangan cepat dan kuat. Perlu di ingat ketika tubuh anda sedang merasa capek ataupun tidak fit anda dapat melewatkan latihan tersebut, jangan paksakan tubuh anda agar tidak mendapatkan luka ataupun cedera.

Tendangan yang cepat dan kuat tidak hanya di ingin kan untuk seorang yang mengikuti olahraga pencak silat akan tetapi juga seorang pemain bola seperti Lionel Messi dan yang lainya. Karna bagi mereka otot kaki yang kuat dapat memberikan tendangan yang kuat juga hampir sama dengan pencak silat hanya berbeda objek, untuk pemain bola objek nya adalah sebuah bola dan untuk seorang atlet beladiri adalah musuh nya ataupun sandsack. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu mewujudkan keinginan anda. Terimakasih.