Sponsors Link

10 Jenis Olahraga Air Terbaru dan Penjelasannya

Sponsors Link

Kegiatan berolahraga selain menyehatkan juga bisa menyenangkan. Apalagi untuk olahraga tertentu, misalnya olahraga air. Olahraga air saat ini memiliki jenis dan variasi yang cukup banyak. Jika pada umumnya orang lebih famiar dengan renang, maka sebenarnya ada banyak olahraga air lainnya yang menyenangkan, khususnya untuk disaksikan.

ads

Berikut ini adalah 10 jenis olahraga air disertai dengan penjelasan lengkapnya. Kebanyakan dari olahraga air ini dilakukan dengan teknik dan latihan khusus untuk bisa ahli ketika melakukannya.

  1. Polo Air

Jenis olahraga air yang pertama yaitu polo air atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah water polo. Olahraga ini merupakan olahraga yang memadukan banyak olahraga lain, yaitu renang, bola basket, sepak bola, dan gulat. Olahraga air satu ini memang belum terlalu dikenal oleh masyarakat banyak. Namun di Indonesia cukup memiliki peminatnya sendiri.

Dalam satu tim polo air terdapat tujuh pemain yang terdiri atas satu penjaga gawang dan enam pemain inti. Aturan main olahraga ini juga sama dengan sepak bola, yaitu mencetak gol lawan sebanyak-banyaknya. Di Indonesia, polo air masuk dalam cabang olahraga yang dipertandingkan.

  1. Renang

Renang merupakan salah satu olahraga air yang paling dikenal di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Selain itu, olahraga ini juga memiliki banyak peminatnya, dari anak-anak hingga orang dewasa. Olahraga renang membutuhkan kekuatan tangan dan kaki serta ketahanan napas yang baik. Renang dapat dilakukan di kolam renang, sungai, pantai, atau danau. Selain sangat baik untuk melatih pernapasan, olahraga renang juga bagus untuk program menurunkan berat badan.

Di dalam olahraga renang, terdapat beberapa gaya, yaitu gaya punggung, gaya kupu-kupu, gaya bebeas, dan gaya dada masing-masing dengan teknik renang tersendiri. Perlengkapan standard dalam olahraga renang yaitu baju renang, kacamata renang, dan topi renang. Penting untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari kram dan masalah pada persendiran kaki.

  1. Renang Indah

Renang indah merupakan variasi dari olahraga renang. Dalam bahasa Inggris, renang indah dikenal dengan istilah synchronized swimming. Jika dalam olahraga renang standard mengenal istilah gaya punggung, dada, bebas, dan lain-lain, maka renang indah juga memiliki tekniknya tersendiri. Teknik yang khas dari renang indah yaitu memadukan antara senam dan tari dengan olahraga renang.

Renang indah biasa dilakukan secara individu, trio, dan regu. Dibutuhkan kekuatan fisik dan ketahanan yang baik untuk melakukan olahraga ini. Selain itu juga keluwesan anggota tubuh. Renang indah menciptkan gerakan yang artistic sesuai dengan namanya. Olahraga ini umumnya paling banyak didominasi oleh kaum wanita saja.

  1. Loncat Indah

Olahraga air yang keempat yaitu loncat indah. Olahraga loncat indah memiliki banyak peminat, laki-laki maupun perempuan. Olahraga ini memadukan antara loncatan dan gerakan akrobatik di udara. Pada umumnya, olahraga ini dilakukan di kolam renang. Posisi awal seorang peloncat indah berada di atas papan loncat yang memiliki ketinggian tertentu. Bagian yang dinilai dari loncat indah yaitu lompatan dan gerakan yang dihasilkan di udara hingga posisi atlet ketika menyentuh air.

Sponsors Link

  1. Kano

Kano atau dalam bahasa Inggris disebut Canoe adalah salah satu jenis perahu berukuran kecil yang bergerak menggunakan tenaga manusia. Setiap ujung kano, depan dan belakang, berbentuk agak lancip dengan bagian atas yang terbuka. Kano bergerak dengan menggunakan kayuhan dayung. Permainan olahraga ini biasanya dilakukan di danau dan di sungai.

Sekilas olahraga ini terlihat mirip dengan olahraga dayung. Namun perbedaan keduanya adalah terletak pada cara mendayungnya. Dalam olahraga kano, pendayung dapat mendayung dengan sisi tunggal maupun ganda. Sebaliknya, dalam olahraga dayung, pendayung biasanya mendayung dengan membelakangi tujuan.

  1. Kayak

Jenis olahraga air selanjutnya yaitu kayak. Olahraga kayak agak mirip dengan kano, namun terdapat beberapa perbedaan. Perbedaan pertama terletak pada lokasi. Dalam olahraga kano, biasanya dilakukan di perairan yang tenang dan bersifat rekreasional. Sedangkan pada kayak dilakukan di sungai berarus deras. Kedua, desain perahu yang digunakan. Jika pada kano biasanya dek terbuka, sedangnya kayak memiliki dek yang tertutup. Selanjutnya dari posisi duduk pendayung. Jika pada kano pendayung biasanya duduk dengan melipat kakinya. Sedangkan pada kayak pendayung biasanya duduk di buritan atau diujung dengan meluruskan kedua kakinya.

  1. Selancar

Permainan olahraga selancar atau dalam istilah bahasa Inggris disebut surfing, merupakan olahraga yang dilakukan di pantai saat ombak tinggi. Perlengkapan yang digunakan dalam olahraga ini yaitu papan selancar. Papan selancar digunakan untuk melakukan gerakan-gerakan maneuver di atas ombak. Untuk para pemula, ketahui cara bermain surfing yang benar agar bisa menjadi peselancar yang handal nantinya. Diperlukan keseimbangan yang baik untuk dapat berdiri di atas papan selancar saat menerjang ombak tinggi.

Selancar merupakan salah satu olahraga ekstrem yang memacu adrenalin. Perlu latihan yang cukup dan keberanian yang tinggi untuk melakukan olahraga ini. Risiko yang dihadapi juga tinggi, bahkan harus berhadapan dengan kematian karena harus menghadapi ombak yang besar dan tinggi.

  1. Snorkeling

Snorkeling merupakan olahraga menyelam dan berenang menggunakan peralatan tertentu yaitu masker dan snorkel. Peralatan tambahan lainnya yang juga biasa digunakan adalah kaki katak untuk mempermudah gerak ketika berada di dalam air.

Syarat utama yang harus dimiliki ketika melakukan snorkeling adalah mampu berenang. Selain itu, ketika menyelam di air yang bersuhu rendah, penyelam sebaiknya menggunakan baju selam untuk menjaga kehangatan tubuh. Selain itu juga untuk menghindari tubuh terluka ketika oleh karang. 

Sponsors Link

  1. Scuba-Diving

Scuba-diving merupakan salah satu jenis olahraga rekreasi air yang akhir-akhir ini sedang populer. Alat yang dibutuhkan dalam scuba-diving yaitu tabung oksigen yang dibawa ketika menyelam dalam air. Tabung oksigen fungsinya sebagai alat untuk membantu penyelam bernafas di dalam air. Karena memiliki tabung oksigen, ini memungkinkan penyelam untuk menyelam ke kedalaman yang lebih jauh. Untuk melakukan scuba-diving, diperlukan pelatihan khusus sebelum menggunakan alatnya. Terkadang untuk kasus-kasus tertentu, seorang penyelam yang ingin melakukan scuba-diving harus memiliki lisensi atau ijin terlebih dahulu.

  1. Ski Air

Olahraga air yang terakhir yaitu ski air. Ski air adalah olahraga yang menggunakan papan dan perahu. Cara mainnya adalah dengan berdiri di atas papan lalu ditarik dengan perahu cepat. Dibutuhkan keseimbangan yang baik untuk bisa melakukan olahraga ini. Bagi para pemula, biasanya papan ski diganti dengan tubing untuk lebih bisa melatih keseimbangan tubuh. Ski air termasuk olahraga rekreasi yang banyak diminati para anak muda akhir-akhir ini. Olahraga ini juga sangat menyenangkan dilakukan karena dapat melatih adrenalin.

Nah itulah tadi 10 jenis olahraga air dilengkapi dengan penjelasannya. Beberapa dari olahraga ini membutuhkan peralatan dan teknik khusus untuk melakukannya. Namun meskipun begitu tidak mengurangi kesenangan dalam melakukannya, terutama bagi yang menyenangi olahraga tersebut. Anda sendiri lebih senang olahraga air yang mana?

Sponsors Link
,
Post Date: Thursday 09th, August 2018 / 12:11 Oleh :
Kategori : Penjaskes