Sponsors Link

4 Latihan Fisik Pencak Silat Ini Perlu Dilakukan

Sponsors Link

Apakah anda sudah tahu mengenai teknik dasar pencak silat dan juga manfaat pencak silat? Jika sudah, maka kali ini anda juga harus tahu tentang apa saja latihan fisik pencak silat yang biasanya dilakukan oleh para atlet pencak silat handal yang menjadikannya sebagai salah satu atlet pencak silat terbaik yang ada di Indonesia.

ads

Tidak bisa diragukan lagi bahwa pencak silat merupakan salah satu seni yang berasal dari Indonesia meskipun beberapa waktu yang lalu ada yang mengklaim bahwa bela diri pencak silat pada dasarnya berasal dari negeri tetangga. Pencak silat termasuk kedalam salah satu olahraga bela diri yang sering dimasukkan di dalam salah satu perlombaan internasional seperti Asian Games, Sea Games, dan bahkan Olimpiade.

Oleh sebab itulah kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai apa saja latihan fisik pencak silat yang bisa anda coba agar supaya anda memiliki daya tahan tubuh yang kuat serta memiliki kelincahan yang akan menjadikan anda sebagai salah satu orang yang pantai dalam bela diri yang satu ini.

1. Jogging

Jogging merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa seseorang yang memiliki hobi pencak silat harus memiliki kondisi fisik yang kuat.

Dan salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan membiasakan diri jogging kurang lebih seminggu 3 kali dengan waktu 15-20 menit. Dengan melakukan latihan seperti ini secara rutin, maka anda akan memiliki kondisi fisik yang kuat sehingga anda bisa melakukan pencak silat dalam jangka waktu yang lumayan lama.

2. Latihan memukul

Cara lain yang juga bisa anda lakukan agar supaya anda menjadi seseorang yang terkenal dengan kemampuan penak silatnya adalah dengan melakukan latihan memukul. Seperti halnya olahraga bela diri lainnya, latihan memukul adalah salah satu bagian terpenting yang tidak boleh anda lewatkan karena jika anda mengasah terus dengan melakukan latihan memukul, maka anda akan memiliki pukulan yang kuat dan tentu saja akan memberikan keuntungan tersendiri bagi anda.

Yang harus anda lakukan adalah dengan membuat sebuah benda yang akan anda jadikan sebagai objek sasaran pukulan anda. Lakukan teknik fisik ini setiap hari dan nantinya seiring dengan berjalannya waktu, maka anda akan memiliki pukulan yang kuat dan bahkan kemungkinan anda akan dengan mudah menjatuhkan lawan dengan pukulan anda.

3. Push Up

Push up juga menjadi salah satu latihan fisik pencak silat yang berguna untuk meningkatkan daya tahan atau stamina anda. Namun push up kali ini mungkin akan kami jelaskan dengan sebuah variasi bagi anda yang sudah sering dan sudah mahir melakukan push up.

Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan meletakkan beban dengan berat tertentu di punggung anda dan kemudian anda lakukan push up seperti biasanya. Lakukan latihan ini secara rutin guna memperoleh kondisi fisik yang lebih kuat dan tentu saja jika anda sudah menguasai teknik fisik yang satu ini, maka anda tidak akan mengalami masalah jika harus meladeni atau melakukan olahraga pencak silat dalam waktu yang lumayan lama, terlebih lagi jika anda harus mengeluarkan beberapa jurus yang menguras stamina.

Sponsors Link

4. Continous Run

Tidak jauh berbeda dengan program latihan fisik sepak bola, jika anda ingin memiliki daya tahan tubuh yang kuat maka yang harus anda lakukan adalah dengan menerapkan teknik berupa Continous Run. Continous Run merupakan sebuah teknik dimana anda harus berlari dengan jarak tertentu dan yang terpenting dari teknik ini adalah anda harus mempertahankan kecepatan anda karena biasanya teknik berlari akan membuat seseorang yang melakukannya semakin lama semakin menurunkan kecepatannya.

Adapun waktu yang diperlukan untuk melakukan teknik ini adalah kurang lebih 30 menit. Dengan kata lain, anda harus berlari selama 30 menit dengan mempertahankan kecepatan anda dan jangan sampai anda menguranginya sedikitpun. Jika anda mampu menguasai teknik ini, maka dijamin anda akan terkenal dengan kondisi tubuh atau fisik anda yang sangat kuat.

Namun sebelum anda melakukan Continous Run, kami anjurkan agar terlebih dahulu anda melakukan pemanasan terlebih dahulu. Alasannya tentu saja anda sudah tahu bahwa jika anda tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga, maka kemungkinan anda bisa mengalami beberapa masalah yang tentu anda tidak ingin mengalaminya.

Demikian informasi yang bisa kami berikan untuk anda. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Saturday 29th, September 2018 / 03:12 Oleh :
Kategori : Pencak Silat