Sponsors Link

5 Teknik Fisik Sepak Bola ini, Wajib Dilakukan untuk Calon Atlet

Sponsors Link

Setelah sebelumnya kita sudah mengupas tuntas tentang macam-macam istilah pelanggaran dalam sepakbola dan juga jenis pelanggaran dalam sepakbola, maka kali ini anda juga harus tahu tentang seperti apa teknik fisik sepak bola yang harus anda pahami jika anda ingin menjadi seorang pemain yang memiliki ketahanan fisik yang kuat.

ads

Seperti yang kita tahu bersama bahwasanya memiliki skill di dalam sebuah olahraga sepakbola merupakan sebuah anugerah yang jarang dimiliki oleh orang lain, namun anda juga harus paham bahwa skill tidak cukup untuk membuat anda menjadi seorang pemain sepak bola profesional sehingga anda harus melakukan beragam latihan fisik untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Mempelajari teknik fisik sepak bola juga merupakan salah satu cara memperkuat kaki untuk menendang bola karena latihan yang akan anda lakukan nantinya bisa membuat tubuh anda lebih tahan ketika melakukan body challenge. Maka dari itu, di bawah ini kami akan memberikan beberapa informasi tersebut yang nantinya bisa coba anda praktekan untuk kemudian anda bisa menjadi seorang pemain sepak bola yang handal.

1. Latihan jogging

Sekedar informasi bahwa jogging adalah lari-lari kecil yang biasanya dilakukan dengan cara memutari lapangan dengan jangka waktu tertentu. Jogging termasuk salah satu teknik fisik di dalam dunia sepak bola yang juga menjadi sebuah teknik dasar yang harus dilakukan setiap pemain sepak bola.

Namun yang harus anda perhatikan adalah sebelum anda melakukan jogging, tentu anda harus melakukan pemasanan atau warm up terlebih dahulu agar supaya anda tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan karena tidak sering para pemain sepak bola karena kurangnya waktu pemanasan kemudian menyebabkan mereka mengalami cidera pada saat melakukan teknik atau latihan fisik.

Biasanya seseorang akan diminta jogging mengelilingi lapangan selama kurang lebih 15 sampai dengan 20 menit agar supaya kondisi fisik mereka tidak kaget ketika nantinya sudah tiba waktunya untuk bertanding. Maka dari itu, ketika anda melakukan jogging, anda harus melakukannya dengan sungguh-sungguh agar supaya fisik anda kuat dan bisa bermain penuh selama 90 menit tanpa mengalami kelelahan yang sangat.

2. Push up

Push up juga merupakan salah satu teknik fisik sepak bola yang harus anda lakukan. Sebenarnya push up bukan hanya dilakukan oleh para pemain sepak bola, melainkan hampi semua olahraga yang ada di dunia ini selalu meminta pemain tersebut untuk melakukan push up.

Push up akan membuat seorang pemain sepak bola memiliki kekuatan pada sisi pernapasan dan juga badannya. Hal inilah yang akan memberikan keuntungan ketika pemain tersebut bertabrakan dengan pemain lain, ia tidak akan mudah terjatuh karena sebelumnya sudah sering melakukan latihan push up.

Namun seperti poin pertama, sebelum anda melakukan push up maka anda diharuskan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk mengencangkan otot-otot anda dan memperlancar peredaran darah.

3. Skipping

Apakah anda pernah tahu skipping? Skipping memiliki istilah lainnya yang mungkin anda sering melakukannya yakni lompat tali. Lompat tali juga merupakan salah satu teknik fisik yang bisa dimanfaatkan oleh bukan hanya pemain sepak bola, namun para pemain atau atletik olahraga lainnya untuk membantu dalam meningkatkan daya tahan atau kondisi fisik mereka.

Tidak bisa kita pungkiri bahwa aktivitas ini akan membantu anda dalam menambah atau meningkatkan stamina yang mana stamina merupakan sebuah bagian terpenting yang harus dimiliki oleh setiap pemain atau para pecinta olahraga karena jika ia memiliki stamina yang buruk, maka otomatis orang tersebut akan terpinggirkan di dalam sebuah tim atau kompetisi. 

Sponsors Link

Anda bisa membiasakan diri untuk melakukan skipping selama kurang lebih 15 menit guna mendaptkan kondisi stamina yang lebih kuat sehingga anda tidak akan mudah mengalami kelelahan.

4. Shuttle run

Shuttle run atau yang juga dikenal dengan istilah lari bolak-balik merupakan teknik fisik lainnya di dalam dunia sepak bola yang juga harus anda lakukan. Shuttle run ini juga masuk kedalam latihan fisik sepak bola di dalam urusan melatih kecepatan.

Teknik ini biasanya akan dilakukan dengan membentuk sebuah angka mirip 8 dan terdapat 2 tiang yang posisinya sudah diatur dengan jarak kurang lebih 1o meter. Anda perlu melakukan shuttel run selama kurang lebih 3 kali sampai nanti anda akan kembali pada posisi awal.

5. Sprint jarak pendek

Sebelum anda mempelajari cara belajar juggling untuk pemula seperti yang pernah dilakukan oleh Lionel Messi, anda harus terlebih dahulu meningkatkan kondisi fisik anda dengan cara melakukan sprint jarak pendek. Sprint merpakan lari dengan mengeluarkan kecepatan maksimal pada jarak tertentu. Jarak sprint sendiri bisa bermacam-macam yakni 100 sampai dengan 400 meter.

Jika anda membiasakan diri melakukan teknik fisik yang satu ini, maka kecepatan dan daya fisik anda akan semakin lama semkain meningkat sehingga anda akan terkenal sebagai seorang pemain yang memiliki kecepatan di atas rata-rata.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Saturday 29th, September 2018 / 03:02 Oleh :
Kategori : Sepak Bola