Sponsors Link

Inilah Perbedaan Lari Pagi dan Sore, Pahami yang Paling Baik Untuk Mu

Sponsors Link

Olahraga lagi merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak digemari, khususnya oleh pria karena memang olahraga yang satu ini bisa dilakukan dimanapun dan kapan pun tanpa harus memerlukan tempat atau arena khusus. Bahkan sampai detik ini, olahraga lagi dipercaya memiliki banyak manfaat yang akan didapatkan seperti membuat tubuh menjadi bugar, menurunkan lemak, meregangkan otot, dan lain sebagainya.

ads

Perlu anda ketahui juga bahwa seperti halnya peraturan lari jarak menengah atau peraturan permainan golf, olahraga lari juga memiliki beberapa peraturan yang harus anda perhatikan. Salah satu peraturannya adalah anda harus menggunakan baju yang nyaman, sepatu yang sesuai, dan juga yang terpenting adalah anda harus melakukan pemanasan terlebih dahulu. Jika anda sebelumnya tidak melakukan pemasanan dan kemudian anda langsung lari, maka dikhawatirkan anda bisa terkena resiko cedera otot. Oleh sebab itu, sebelum lari maka anda harus melakukan pemanasan dengan cara olahraga peregangan otot.

Olahraga lari juga memiliki perbedaan dan terbagi menjadi dua bagian, yakni olahraga di pagi hari dan juga olahraga di sore hari. Kedua jenis olahraga lari tersebut sama-sama memberikan manfaat, meskipun sebenarnya ada beberapa perbedaan yang akan kami jelaskan kepada anda.

Di bawah ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai apa saja perbedaan lari pagi dan sore yang harus anda ketahui.

1. Lari pagi lebih sejuk

Salah satu perbedaannya adalah terletak pada udara itu sendiri. Ketika seseorang melakukan lari pagi, tentu udara di sekitarnya masih alami dan terasa sejuk sehingga tidak heran jika orang yang melakukan lari pagi akan lebih merasakan kesegaran udara dibandingkan seseorang yang melakukan olahraga lari di sore hari.

Selain itu, alasan melakukan lari pagi adalah karena waktu pagi termasuk salah satu waktu terbaik untuk mendapatkan kesegaran badan sebelum melakukan aktivitas yang padat sehingga meskipun mulai siang sampai malam anda memiiki aktivitas padat, anda tidak akan merasakan terlalu lelah karena sebelumnya anda sudah berolahraga di pagi hari.

Meskipun begitu, olahraga ini juga harus diimbangi dengan mengkonsusmi buah-buahan atau suplemen herbal jika memang anda termasuk seseorang yang memiliki jadwal yang padat. Dengan begitu, tubuh anda akan tetap dalam kondisi bugar atau prima, sekalipun anda memilik kegiatan atau aktivitas yang padat. Selain itu, tidak sedikit yang berpendapat bahwa lari pagi akan membuat anda lebih fokus dan berkonsentrasi melakukan tugas atau pekerjaan anda.

2. Lari sore lebih baik untuk latihan pernapasan

Beberapa ahli mengatakan bahwa lari sore merupakan waktu yang tepat untuk melatih pernapasan seseorang. Hal ini bukan tanpa alasan karena sore hari akan membuat paru-paru anda bekerja hingga 6% lebih baik dibandingkan waktu-waktu yang lainnya. Ketika matahari berada di puncak yang tertinggi, maka akan membuat otot-otot anda menjadi hangat.

Maka dari itu, tidak heran jika seseorang lebih sering melakukan lari di sore hari dibandingkan pada waktu yang lain karena ia ingin melatih pernapasannya sehingga nanti akan memberikan manfaat ketika berenang. Selain itu, dengan membiasakan lari sore, maka akan menyebabkan otot-otot anda lebih terasa nyaman dan meregang karena sebelumnya otot-otot anda tersebut telah bekerja sepanjang hari.

3. Lari sore lebih rendah terkena resiko cedera

Ketika anda melakukan lari pagi, maka sebelumnya otot-otot anda masih dalam kondisi yang belum “panas”. Hal ini dikarenakan anda baru bangun dan belum melakukan kegiatan atau aktivitas yang membuat otot-otot anda bergerak. Maka dari itu, pemanasan untuk olahraga di pagi hari harus lebih lama dan lebih intens dibandingkan ketika melakukan olahraga lari di siang maupun malam hari. 

Sponsors Link

Sementara untuk olahraga di sore hari, sebelumnya otot-otot anda sudah dibuat untuk melakukan berbagai macam aktivitas atau kegiatan yang ada di tempat kerja anda. Kondisi seperti ini kemudian akan membantu dalam menurunkan resiko mengalami cedera otot ketika anda melakukan olahraga lagi.

Maka dari itu, seseorang yang melakukan olahraga lari di sore hari tidak terlalu membutuhkan pemanasan dalam waktu yang lama maupun intensitas yang tinggi karena sebelumnya secara tidak langsung orang tersebut telah melakukan pemanasan.

Itulah penjelasan yang bisa kami sampaikan. Sebelum kita akhiri pembahasan kita kali ini, kami ingin menyampaikan bahwa lari termasuk salah satu ciri-ciri olahraga tradisional yang banyak diminati. Anda bisa menentukan ingin lari pagi, siang, sore, atau bahkan malam hari, tergantung kebutuhan dan waktu luang anda.

Sponsors Link
,
Post Date: Saturday 29th, September 2018 / 02:59 Oleh :
Kategori : Lari