4 Latihan Fisik Muay Thai Untuk Pemula

Apakah anda tahu apa itu Muay Thai? Muay Thai merupakan sebuah teknik atau seni bela diri yang saat ini bisa dikatakan cukup populer di Indonesia. Muay Thai memiliki yang juga biasanya disebut sebagai Tinju Thai ini merupakan seni bela diri yang berasal dari Kerjaan Thai yang mana pada zaman tersebut seni bela diri yang satu ini menjadi sebuah olahraga nasional.

Ada beberapa teknik dasar Muay Thai yang harus anda pelajari jika anda ingin menjadi seorang petarung yang handal yang mana beberapa teknik dasar tersebut tidak jauh berbeda dengan teknik dasar karate yang mana jika anda mempelajarinya dengan tekun, maka bukan tidak mungkin anda akan terkenal sebagai sosok petarung Muay Thai yang disegani.

Akan tetapi, sebelum anda mempelajari teknik dasar Muay Thai, anda harus memahami bahwasanya ada beberapa latihan fisik Muay Thai yang wajib dilakukan atau diikuti agar supaya anda memiliki kondisi tubuh yang prima serta memiliki kelincahan atau kecepatan yang menjadi salah satu kunci dari bela diri yang satu ini.

1. Jogging

Tidak jauh berbeda dengan latihan fisik sepak bola maupun latihan fisik bola voli, Muay Thai juga memiliki latihan fisik yang wajib diikuti oleh orang-orang yang belajar bela diri ini. Seperti yang anda tahu bahwa jogging merupakan sebuah latihan yang berguna untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Seseorang yang memiliki kebiasaan melakukan jogging akan membuatnya memiliki stamina yang kuat sehingga ia bisa berlatih Muay Thai dalam waktu yang lama. Selain itu, ada beberapa teknik di dalam Muay Thai yang menuntut kondisi fisik yang prima karena memang bela diri yang berasal dari Thailand ini memiliki beberapa jurus combo atau gabungan.

Oleh sebab itu, yang harus anda lakukan adalah melakukan jogging kurang lebih 15 sampai 20 menit secara rutin agar supaya anda nantinya memiliki kondisi tubuh yang kuat dan tidak mudah letih ketika harus berlatih Muay Thai dalam waktu yang lumayan lama.

2. Shadow Boxing

Latihan fisik Muay Thai yang juga harus anda lakukan adalah Shadow Boxing. Sebenarnya latihan yang satu ini bukan hanya dilakukan oleh petarung-petarung Muay Thai, namun bela diri yang lainnya pun juga menerapkan Shadow Boxing sebagai salah satu latihan fisik.

Cara yang harus anda lakukan sangat sederhana dimana anda harus berdiri di depan cermin dan kemudian anda bayangkan bahwa di depan anda tersebut ada seorang musuh atau lawan sparring anda. Langkah selanjutnya adalah anda mulai mainkan pukulan anda dan kemudian anda bisa menilai sendiri apakah pukulan anda termasuk pukulan yang bagus.

Anda bisa melakukan kombinasi menyerang dan bertahan melalui Shadow Boxing dan anda bisa melihat sendiri apakah kombinasi serangan anda tersebut sudah baik. Lakukan Shadow Boxing kurang lebih 3 menit kemudian anda beristirahat selama 1 sampai 2 menit sampai nanti anda lanjutkan latihan tersebut.

3. Skipping

Skipping atau loncat tali juga termasuk salah satu latihan fisik tenis lapangan yang juga memiliki tujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda serta kelincahan anda dimana Muay Thai juga menuntut kelincahan untuk menghindari serangan atau melakukan serangan. Selain itu, dengan membiasakan diri melakukan skipping, maka anda akan memiliki keseimbangan tubuh yang lebih baik.

Keuntungan atau manfaat lainnya yang akan anda dapatkan jika anda sering melakukan skipping atau lompat tali adalah bahu, kaki, betis, maupun juga tangan anda akan lebih kuat. Anda bisa melakukan beberapa variasi skipping seperti dengan maju ke depan dan belakang dan kemudian anda bisa bergantian melompat dengan mengguankan satu kaki.

Anda bisa melakukan skipping dimana saja karena memang latihan fisik yang satu ini tidak menuntut ruangan yang terlalu besar. Adapun waktu yang anda perlukan untuk melakukan skipping adalah kurang lebih 3 menit, namun nantinya seiring berjalannya waktu anda harus mulai meningkatkan durasi skipping anda agar supaya stamina anda juga akan semakin kuat.

4. Bag Work

Latihan fisik yang satu ini harus membutuhkan samsak. Samsak akan membuat latihan anda lebih terasa nyata seolah-olah berhadapan dengan lawan. Anda harus mengusahakan bahwa anda mengarahkan pukulan dan tendangan anda secara tepat dan dengan kekuatan karena Muay Thai juga berfokus pada kekuatan tendangan maupun juga pukulan.

Namun yang harus anda perhatikan bahwa jangan lupa untuk memakai sarung tangan karena hal ini akan membantu meminimalisir terjadinya cedera ketika anda berlatih teknik dasar yang satu ini. Jika anda sering dan secara rutin melakukan Bag Work, maka anda akan memiliki otot tangan maupun lengan anda menjadi lebih kuat. Dan tentu saja anda akan membuat lawan anda langsung merasa kesakitan ketika menerima pukulan atau tendangan dari anda.