Sponsors Link

Inilah 4 Olahraga Yang Menggunakan Pemukul Terpopuler

Sponsors Link

Kali ini kami akan membagikan informasi mengenai apa saja jenis olahraga yang menggunakan pemukul. Olahraga merupakan sebuah kegiatan atau aktivitas yang dilakukan untuk membantu menyehatkan tubuh anda dan olahraga ini bermacam-macam caranya. Ketika seseorang sudah sering berolahraga, maka olahraga yang ia rutin lakukan tersebut kemudian akan menjadi sebuah hobi.

ads

Ada banyak jenis olahraga yang bisa anda coba dan bahkan beberapa dari jenis olahraga tersebut sudah menjadi sebuah hobi seperti sepakbola. Dan bahkan di dalam sepakbola itu sendiri ada berbagai macam istilah dalam sepak bola yang harus diketahui bagi anda yang hobi bermain sepakbola.

Selain itu, ada juga jenis olahraga lainnya yang menggunakan pemukul sebagai alat utamanya. Di bawah ini beberapa olahraga yang menggunakan pemukul yang mungkin bisa menjadi hobi anda.

1. Tenis Meja

Salah satu olahraga yang menggunakan pemuku adalah tenis meja. Sebelum anda mulai bermain tenis meja, sebaiknya anda pahami terlebih dahulu bahwa ada beberapa peraturan tenis meja yang harus anda patuhi seperti misalnya anda harus menggunakan net, bet, bola, dan lain sebagianya.

Tenis meja merupakan sebuah olahraga yang cukup populer dan bahkan olahraga yang satu ini sering dilombakan diajang internasional. Adapun cara mainnya sendiri tidak jauh berbeda ketika anda bermain tenis lapangan, hanya saja anda menggunakan lapangan atau arena yang berbentuk meja.

Berbeda dengan tenis lapangan, tenis meja menuntut pemainnya untuk memilik kondisi fisik yang lebih kuat dan lebih cepat karena anda memiliki area yang lebih kecil. Oleh sebab itu, pemain tenis meja harus dituntut melakukan berbagai macam latihan fisik seperti halnya para pemain bola voli yang melakukan latihan fisik bola voli.

2. Tenis Lapangan

Olaharaga yang menggunakan pemukul juga terdapat pada tenig lapangan. Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa tenis lapangan tidak jauh berbeda dengan tenis meja karena memiliki peraturan yang hampir sama, hanya saja hal yang membedakannya yakni ukuran atau luas dari arena permainan itu sendiri.

Tenis meja juga sama-sama mengguankan alat pemukul untuk memukul bola yang mana alat tersebut disebut dengan raket. Seblum anda memulai permainan ini, yang harus anda lakukan adalah memahami bahwa terdapat beberapa latihan fisik tenis lapangan yang harus anda lakukan karena memang olahraga yang satu ini membutuhkan stamina yang kuat dan juga kelincahan serta kecepatan.

Beberapa latihan yang bisa anda lakukan adalah seperti jogigng, push up, maupun latihan lainnya secara rutin agar nantinya anda tidak mengalami kendala ketika harus bermain dalam wkatu yang lumayan lama. Jika anda secara tekun dan rutin menjalani latihan fisik serta memahami apa saja aturan-aturan dalam permainan tenis lapangan, maka anda akan bisa menjadi seorang pemain tenis yang handal.

3. Kasti

Kasti juga termasuk olahraga yang menggunakan alat pemukul di dalam permainannya. Olahraga yang satu ini bukan hanya mengandalkan keahlian memukul, namun juga menuntut kerja sama tim yang baik. Pembahasan lebih lengkap mengenai kasti telah kita bahas bersama-sama pada permaianan bola kasti lengkap yang bisa anda jadikan sebagai referensi sebelum anda memulai melakukan olahraga yang satu ini.

Ada beberapa tenik yang harus anda kuasai jika anda ingin menjadi seorang pemain kasti yang handal. Beberapa teknik tersebut seperti teknik melempar bola, teknik memukul bola, maupun juga teknik berlari yang benar-benar harus anda pahami dan anda kuasai dengan baik karena teknik-teknik ini tentu saja akan mempengaruhi tingkat kualitas permainan kasti anda.

Sponsors Link

4. Hockey (Hoki)

Jenis olahraga lainnya yang memanfaatkan atau menggunakan alat pemukul adalah Hockey atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan olahraga Hoki. Olahraga yang satu ini merupakan jenis olahraga yang dimainkan oleh dua regu dimana masing-masing dari jumlah regu tersebut sebanyak 11 orang yang secara tidak langsung mirip dengan peraturan permainan sepak bola.

Cara bermain hoki pun juga tidak jauh berbeda dengan sepak bola dimana nantinya masing-masing tim akan berusaha memasukkan bola ke gawang lawan yang dijaga oleh seorang kiper. Namun memang hal yang menjadi perbedaan antara sepak bola dengan hoki yakni bentuk bola dan juga cara menggiringnya.

Hoki menggunakan bola dengan ukuran kecil dan berbentuk pipih atau tipis dimana cara menggiringnya pun harus menggunakan sebuah tongkat dan bola tersebut nantinya harus dipukul ketika sudah mendekati area gawang lawan. Adapun mengenai berat dari tongkat pemukkul hoki adalah 28 ons serta panjangnya 97 cm untuk pemain pria, sementara untuk pemain wanita yakni sepanjang 91 cm dengan berat yang mencapai 23 ons.

Sementara untuk jenis dari hoki sendiri kurang lebih ada 3, yakni hoki lapangan, hoki ruangan, dan jua hoki es. Dan untuk ukuran lapangannya sendiri adalah kurang lebih 91,4 x 55 meter.

Sponsors Link
,
Post Date: Sunday 30th, September 2018 / 10:50 Oleh :
Kategori : Penjaskes