Inilah yang Termasuk 5 Macam Macam Olahraga Bola Kecil yang Banyak Dimainkan

Apakah anda sudah tahu tentangĀ cabang olahraga bola besar? Jika sudah, maka sekarang anda harus tahu tentang macam macam olahraga bola kecil yang sering dilombakan di ajang perlombaan nasional maupun internasional. Seperti yang kita tahu bersama bahwa bola merupakan alat yang banyak dipakai di dalam dunia olahraga dengan berbagai ukuran yang berbeda-beda, ada yang menggunakan bola besar seperti basket, sepak bola, atau voli, serta ada juga yang menggunakan bola kecil seperti yang akan kami jelaskan kali ini.

Sekedar informasi bahwa olahraga bola kecil merupakan jenis olahraga yang mengguankan bola kecil yang mana jenis olahraga yang satu ini bisa dikatakan kurang begitu populer di Indonesia. Padahal olahraga atau permainan bola kecil juga tidak kalah seru dan menyenangkan dibandingkan dengan bola besar. Olahraga apa yang masuk didalamnya ?

1. Baseball dan Softball

Pembahasan kita tentang macam macam olahraga bola kecil yakni tentang baseball dan softball. Perlu anda tahu bahwa sebenarnya softball merupakan sebuah olahraga yang merupakan hasil perkembangan dari baseball dengan perbedaannya yakni terletak pada diameter bola yang digunakan.

Selain itu, baseball menggunakan jenis bola yang keras dan softball sendiri menggunakan jenis bola yang memiliki tekstur atau bentuk fisik yang lebih lembut. Kedua jenis olahraga ini termasuk kedalam olahraga bola kecil karena memang menggunakan bola yang memiliki ukuran kecil.

Meskipun sebenarnya baik baseball maupun softball kurang populer di Indonesia, namun kedua olahraga ini ternyata sudah sering dimainkan di negara-negara lain, terlebih lagi sudah pernah dilombakan diajang internasional.

2. Tenis lapangan

Tenis lapangan juga termasuk kedalam golongan olahraga yang menggunakan bola kecil karena seperti yang anda lihat sendiri bahwasanya bola yang digunakan di dalam permainan ini merupakan bola yang berukuran kecil. Ada banyak teknik dasar tenis lapangan yang harus anda pahami jika anda ingin menjadi seorang pemain tenis lapangan yang handal.

Olahraga yang satu ini bisa anda mainkan secara sendirian atauĀ single player atau juga bisa dimainkan dengan dua orang. Sekedar inforamsi bahwasanya pada zaman dahulu olahraga ini menggunakan tangan untuk memukul bola, kemudian barulah sekitar abad ke 16, tenis lapangan dibuat dengan menggunakan raket untuk memukul bola.

Untuk peraturan tenis lapangan itu sendiri tidak terlalu sulit karena sebenarnya juga tidak jauh berbeda dengan badminton atau bulu tangkis. Dan sebelum anda memulai olahraga ini maupun olahraga yang lainnya, kami sarankan agar supaya anda melakukan pemanasan terlebih dahulu agar tidak sampai mengalami cidera maupun hal-hal lainnya yang tidak diinginkan.

3. Tenis Meja

Tenis meja pertama kali dimainkan di Inggris sekitar abad ke 19 yang mana permainannya pun tidak jauh berbeda dengan tenis lapangan, hanya saja memiliki arena atau lapangan yang lebih kecil karena memang menggunakan arena berbentuk meja.

Tenis meja atau yang juga dikenal dengan istilah ping pong menggunakan bola yang memiliki diameter kurang lebih 40 mm dan juga menggunakan raket yang terbuat dari kayu. Sementara mengenai peraturannya sendiri tidak jauh berbeda dengan tenis lapangan atau juga bulu tangkis. Permainannya sekilas memang lumayan mudah, tapi ketika anda memainkannya sendiri maka anda akan merasakan betapa sulitnya olahraga yang satu ini karena bukan hanya stamina yang anda butuhkan, melainkan kecepatan karena memang arena yang digunakan tidak terlalu luas.

4. Kriket


Meskipun memang kriket termasuk salah satu olahraga yang tidak terlalu populer di Indonesia, namun olahraga yang berasal dari Inggris ini ternyata sudah lama populer di Eropa dan juga negara persemakmuran lainnya. Adapun cara bermainnya sendiri tidak jauh berbeda dari kasti maupun baseball dimana terdapat dua regu yang mana masing-masing dari regu tersebut berjumlah 11 orang.

Yang membedakan antara kriket dan kasti adalah jenis bola yang digunakan. Keriket menggunakan bola yang dibungkus dengan laon sehingga memiliki bentuk yang tidak begitu bulat. Yang unik dari olahraga yang satu ini adalah durasi waktu bertandingnya yang bahkan bisa berhari-hari.

5. Golf

Ada yang mengatakan bahwa golf merupakan sebuah olahraga bola kecil yang sangat mahal karena menggunakan area yang sangat luas dan tentu saja biaya untuk menyewa arenanya tersebut tidak murah. Hal inilah yang membuat olahraga yang satu ini dicap sebagai olahraga yang hanya diperuntukkan untuk orang-orang kaya.

Sekedar informasi bahwa golf merupakan olahraga yang berasal dari Belanda dimana olahraga ini bisa dimainkan secara sendirian atau juga dengan tim. Untuk jumlah lapangan setiap lapangan cenderung tirdak sama, karena ada yang memiliki lubang sebanyak 18 dan juga ada yang memiliki 19 lubang.

Cara memainkannya adalah pemain berusaha memukul bola golf agar bisa masuk kedalam lubang. Seseorang bisa dikatakan sebagai pemenang jika ia mampu memasukkan bola dengan jumlah pukulan paling sedikit.