Sponsors Link

Inilah 4 Perbedaan Lompat Jauh Dan Lompat Jangkit Paling Mendasar

Sponsors Link

Apakah anda sudah tahu tentang apa saja perbedaan jarak tempuh lari menengah dan jauh? Maka kali ini anda juga harus tahu tentang apa saja perbedaan lompat jauh dan lompat jangkit dimana beberapa orang awam mengira bahwa kedua jenis olahraga lompat ini sama dan bahkan tidak memiliki perbedaan. Sekedar informasi bahwa lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga yang mengkombinasikan dua gerakan, yakni lari dan melompat.

ads

Anda tentu sudah sering melakukan gerakan lompat jauh ini, terutama ketika anda masih duduk di bangku SD, SMP, maupun juga SMA. Lompat jauh merupakan sebuah olahraga yang mengedepankan atau menitikberatkan pada seberapa jauh atlet tersebut dapat melompat. Tentu untuk mendapatkan hasil lompatan yang jauh ada banyak hal yang harus anda persiapkan.

Pada dasarnya ada dua istilah terkenal di dalam olahraga yang satu ini yakni lompat jauh dan lompat jangkit. Meskipun keduanya secara sekilas memiliki kemiripan, namun pada dasarnya ada beberapa perbedaan. Berikut ini doantaranya :

1. Lompat jauh mencari jarak paling jauh dengan satu tolakan

Perbedaan yang pertama adalah mengenai jarak yang ditempuh oleh kedua olahraga tersebut. Salah satu teknik lompat jauh adalah anda harus berusaha bagaimana caranya agar anda bisa melompat sejauh mungkin dengan satu kali hentakan atau tolakan.

Oleh sebab itu, jika anda perhatikan lompat jauh akan dimulai dengan lari pelan dan lama-kelamaan akan semakin cepat sehingga nantinya akan melakukan satu kali hentakan untuk melompat sejauh mungkin. Sementara untuk lompat jangkit tidak menggunakan satu kali hentakan untuk bisa melompat jauh karena memang fokus dari olahraga yang satu ini bukan terdapat pada seberapa jauh hentakan kaki.

2. Lompat jangkit menggunakan mistar

Perlu anda tahu bahwa lompat jangkit memiliki tiga gerakan utama yang harus dikuasai setiap atlek yang ingin menjadi pemain hebat pada olahraga ini. Olahraga yang satu ini tidak terfokus kepada seberapa jauh lompatan atlek tersebut, melainkan atlet tersebut berusaha agar supaya ia bisa melewati mistar yang dijadikan sebagai alat ukur juri memberikan angka.

Maka dari itu peralatan lompat jangkit yang harus disiapkan oleh seseorang yang ingin meyelenggarakan atau melakukan olahraga tersebut adalah dengan menyiapkan mistar. Sekedar informasi bagi anda bahwasanya alat-alat yang dibutuhkan anda tidak jauh berbeda dengan alat yang digunakan untuk lompat jauh.

3. Lompat jangkit tidak menggunakan satu hentakan

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwasanya lompat jauh merupakan sebuah olahraga lompat yang memfokuskan pada satu kali hentakan dengan berusaha agar supaya jarak lompatan yang diperoleh sangat jauh. Seseorang yang melakukan olahraga yang satu ini harus mengeluarkan kekuatannya di dalam hentakan tersebut agar supaya bisa melompat dengan jarak yang jauh.

Sementara untuk olahraga lari jangkit, terdapat tiga kali tolakan dan juga tiga kali melayang di udara. Selain itu, olahraga yang satu ini juga memiliki tiga kali pendaratan. Untuk pengukuran jaraknya bersifat kumulatif ketiga gerakan tersebut atau yang lebih dikenal dengan istilah hot-step-jump.

Perlu anda tahu bahwasanya lompat jangkit memfokuskan pada berat tubuh ketika melompat di udara ke arah depan yang mana harus melalui tiga tahapan maupun juga tumpuan. Menurut aturan yang berlaku, si pelompat wajib melakukan tumpuan sebanyak tiga kali, dimana harus menumpu dengan dua kaki yang sama yang mana istilah ini disebut dengan step dan kemudian akan diakhiri dengan gerakan melompat atau yang disebut dengan jump.

Sponsors Link

4. Lompat jauh menggunakan pasir sebagai tempat pendaratan

Mungkin semua dari anda sudah tahu bahwasanya lompat jauh menggunakan pasir sebagai tempat pendaratan yang sekaligus juga digunakan sebagai tempat untuk mengukur seberapa jauh atlet tersebut melompat. Pasir yang digunakan pun tidak sembarangan karena benar-benar harus memiliki tekstur yang lembut dan bebas dari kerikil atau benda-benda lainnya.

Sementara untuk lompat jangkit, bentuk tempat yang digunakan sebagai pendaratan tidak berfokus pada pasir saja, melainkan menggunakan matras sehingga olahraga yang satu ini tidak bisa lebih mudah menentukan tempat dibandingkan dengan olahraga lompat jauh.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai apa saja perbedaan lompat jauh dan lompat jangkit yang banyak orang belum mengetahuinya. Semoga informasi yang kami berikan ini bisa menambah wawasan anda untuk memahami lebih dalam tentang jenis olahraga lompat tersebut.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Saturday 06th, October 2018 / 02:54 Oleh :
Kategori : Atletik