3 Jenis Olahraga Wushu yang Ada di Dunia

Banyak orang yang salah mengira wushu sama dengan Kungfu, padahal dari segi arti pun kedua istilah ini jelas-jelas berbeda. Jika ditindau dari bahasa, wushu merupakan sebuah seni bertempur atau bela diri yang jelas-jelas berbeda dari Kungfu yang berarti ahli di dalam bidang tertentu dan tidak terfokus pada hal bela diri saja.

Selain itu, semua bela diri yang berasal dari China bisa disebut dengan wushu. Dengan kata lain, wushu merupakan istilah secara umum yang digunakan untuk menjelaskan atau memberikan informasi mengenai seni bela diri yang berasal dari China.

Adapun mengenai sejarah wushu di Indonesia pada zaman dahulu hanya dimainkan oleh orang-orang yang bisa dikatakan usianya sudah tidak muda lagi, namun seiring berjalannya waktu semakin mendapatkan perhatikan dari masyarakat dan akhirnya pemerintah pun juga ikut memperhatikan dan mendapatkan apresiasi positif.

Pada akhirnya, wushu diresmikan sebagai salah satu olahraga resmi  di Indonesia pada tanggal 10 November 1992 yang diberinama PBWI atau Pengurus Besar Wushu Indonesia, dan kemudian untuk pertama kali ikut berpartisipai di dalam perhelatan SEA GAMES yang diselenggarakan di Singapura pada tahun 1993.

Lantas ada sebuah pertanyaan, sebenarnya apa saja jenis-jenis olahraga wushu yang saat ini sudah banyak diikutkan di dalam kejuaraan? Untuk menjawab hal tersebut, maka kami sarankan agar anda menyimak penjelasan kami di bawah ini.

1. Wing Chun

Mungkin orang pertama yang akan terbayang ketika anda mendengar kata Wing Chun adalah Donny Yen yang memainkan peran Guru IP di dalam film IP Man. Jika anda perhatikan wing chun dengan seksama, anda akan melihat bukan hanya sebuah bela diri atau olahraga wushu khas China, melainkan anda benar-benar akan merasakan jiwa dari orang tersebut di setiap gerakan dan pukulannya.

Ada beberapa teknik dasar wing chun yang harus dipelajari seseorang sebelum ia kemudian masuk ke beberapa teknik andalan atau teknik kombinasi. Beberap teknik dasar tersebut seperti di bawah ini:

  • Kuda-kuda
  • Siu Nim Tao
  • Chum Kiu

Dan setiap teknik dasar tersebut masih terdapat beberapa pembagian lagi yang harus dikuasai. Secara teori memang sedikit membingungkan, namun jika anda juga melakukan praktek, maka tentu saja teknik dasar tersebut bisa anda kuasai jika berlatih tekun.

2. Tai Chi

Olahraga wushu selanjutnya yang juga harus anda ketahui adalah Tai Chi. Perlu anda tahu bahwa Tai Chi merupakan sebuah seni bela diri yang bukan hanya berfokus pada gerakan badan, namun bela diri yang satu ini juga menitikberatkan pada keseimbangan antara tubuh dan juga pikiran.

Salah satu cara melakukan Tai Chi adalah anda harus memfokuskan pikiran anda dengan setiap gerakan yang anda lakukan, dan juga yang tidak kalah penting adalah anda harus mengatur pernapasan anda. Tai Chi juga terkenal sebagai seni bela diri yang mengkombinasikan pikiran dengan gerak tubuh yang nantinya jika anda perhatikan akan membentuk sebuah irama yang teileks seperti air yang mengalir begitu tenang. 


Sekilas gerakan ini memang lambat, namun ketika menyerang dan juga bertahan maka anda akan merasakan bahwa Tai Chi merupakan seni bela diri yang sangat mengagumkan dan tidak kalah dengan wing chun. Salah satu aktor yang terkenal akan kemampuannya di dalam melakukan olahraga wushu yang satu ini adlaah Jet Li.

Sama halnya dengan wing chun, Tai Chi juga memiliki beberapa teknik dasar yang harus dikuasai sebelum ia masuk kedalam tahap selanjutnya. Salah satu bagian terpenting di dalam seni bela diri yang satu ini adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk melemaskan otot serta menenangkan pikiran agar supaya seirama dengan gerakan tubuhnya.

3. Shaolin

Apakah anda tahu apa itu bela diri Shaolin? Banyak film-film laga khas China yang menggunakan seni bela diri yang satu ini di dalam setiap pertarungannya. Dan salah satu aktor terkenal akan kemampuannya yang mahir di dalam melakukan bela diri Shaolin adalah Jet Li.

Sekedar informasi bahwasanya Shaolin merupakan sebuah bela diri tertua yang ada di China dan pertama kali dikembangkan di Kuil Budha Shaolin yang ada di Provinsi Henan. Salah satu yang menjadi ciri khas dari Shaolin adalah para ahli bela dirinya yang kebanyakan tidak berambut alias gundul.

Banyak teknik dasar Shaolin yang mana beberapa orang berpendapat lebih baik dan lebih kuat jika dibandingkan dengan teknik kendo. Untuk bisa melakukan bela diri yang satu ini, banyak sekali latihan fisik yang akan menuntut kondisi stamina anda agar selalu kuat.