Sponsors Link

4 Alat Yang Digunakan Untuk Lompat Harimau Ini, Wajib Dimiliki

Sponsors Link

Lompat harimau merupakan salah satu gerakan dalam cabang olahraga senam lantai. Dimana Lompat harimau memiliki gerakan seperti harimau yang sedang melompat dengan menggabungkan teknik gerakan roll ke depan. Jika anda sudah bisa dalam melakukan teknik roll ke depan, untuk melakukan lompat harimau tidak lah terlalu sulit. Karena hanya ditambahi dengan lompatan seperti harimau sebelum melakukan roll ke depan yang diakhiri dengan sikap akhir berjongkok.

ads

Dalam melakukan lompat harimau diperlukan beberapa alat untuk melakukanya, agar lompat harimau aman dan mengurangi resiko terjadi cidera. Dan berikut adalah  alat yang digunakan dalam lompat harimau:

1. Lantai

Senam Lantai merupakan olahraga senam ketangkasan yang menggunakan lantai sebagai area utama dalam melakukanya. Oleh sebab itu, dalam melakukan lompat harimau membutuhkan lantai yang rata dimana dalam standar senam lantai adalah menggunakan lantai dengan ukuran 12 x 12 meter.

2. Matras

Matras merupakan salah satu alat yang wajib ada ketika melakukan senam lantai dimana olahraga ini memerlukan lantai sebagai tempat untuk melakukan berbagai macam gerakanya, begitu juga dengan melakukan lompat harimau. Alat untuk lompat harimau ini berfungsi sebagai area dasaran untuk melakukan roll ke depan setelah melakukan lompatan. Dan juga matras digunakan sebagai alat pengaman agar atlet terhindar dari cidera.

Matras sendiri merupakan alat yang digunakan dalam lompat harimau dimana biasanya terbuat dari busa yang empuk yang cukup aman untuk melakukan berbagai gerakan yang dibungkus dengan perlak, kulit ataupun kain Busa yang digunakan juga busa yang bagus, dimana busa tidak cepat lembek atau kempes. Matras diusahakan tidak licin, agar ketika atlet melakukan tumpuan tangan setelah melompat tangan tidak meleset sehingga lompat harimau bisa dilakukan dengan baik dan benar.

Belum ada peraturan mengenai ukuran matras dalam senam lantai maupun lompat harimau. Namun, Ukuran matras yang biasanya digunakan dalam senam lantai memiliki panjang 2 meter dan lebar 1,2 meter, namun terkadang juga memiliki panjang 3 meter agar bisa berguling lebih dari satu kali. Sedangkan tebal matras yang digunakan dalam lompat harimau adalah antara 10 hingga 15 cm. Karena jika matras yang digunakan terlalu tebal, malah akan menghambat gerakan saat melakukan gerakan roll kedepan, setelah lompatan, dan jika terlalu tipis akan menyebabkan atlet merasa kesakitan saat melakukan roll ke depan, karena berbenturan langsung dengan lantai. Dan biasanya bagi atlet yang baru pertama kali melakukanya akan merasa khawatir.

3. Penanda

Penanda digunakan agar lompatan yang dihasilkan dari lompat harimau bisa tinggi dan baik. Namun, jika yang melakukan adalah anak-anak usahakan untuk menggunakan penanda yang tidak terlalu tinggi, sesuaikan dengan tinggi rata-rata mereka, sehingga tidak merasa kesulitan dalam melakukanya. Penanda yang digunakan bisa setinggi lutut, agar menghasilkan lompatan dan juga pendarata tangan yang baik. Penanda bisa menggunakan teman-teman anda untuk meringkuk dengan kepala berada didalam.

Sponsors Link

4. Peti Lompat

Terkadang lompat harimau dipadukan dengan berbagai gerakan senam lantai lainya, salah satunya adalah menggabungkanya dengan gerakan roll depan di atas peti lompat. Peti lompat sendiri biasanya digunakan untuk melakukan teknik lompat kangkang yang merupakan salah satu cabang dari senam lantai. Peti lompat dalam senam lantai terdiri dari empat peti yang terbuat dari kayu. Dimana masing-masing bagian memiliki tinggi kurang lebih 25 sentimeter. Dan pada bagian peti teratas terdapat lapisan bahan yang empuk dengan ketebalan setidaknya 7,5 sentimeter dimana pada bagian ini memliki lebar sekitar 50 senti meter dan panjang sekitar 100 hingga 120 sentimeter. Keempat peti tersebut bisa dilepas sesuai dengan kebutuhan, dimana posisi teratas adalah yang dilapisis dengan bahan empuk seperti yang disebutkan diatas.

Tips Keamanan saat melakukan Lompat Harimau

  1. Lakukan pemanasan terlebih dahulu untuk meregangkan otot-otot pada tubuh, khususnya pada pergelangan tangan
  2. Tempatkan matras pada tempat yang datar dan rata, agar tidak berbahaya bagi atlet dan juga tidak merusak matras.
  3. Matras diletakkan jauh dari dinding, agar tidak terjadi benturan saat melakukan lompat tinggi
  4. Teliti matras apakah ada bagian yang berlubang atau tidak
  5. Dalam melakukan gerakan lompat harimau untuk pertama kalinya, sebaiknya menguasai dahulu cara melakukan roll ke depan, karena pada dasarnya lompat harimau merupakan gerakan pengembangan dari roll ke depan.

Cara melakukan Lompat Harimau :

Pada dasarnya dalam melakukan teknik lompat harimau terbagi menjadi 3 teknik lompat harimau yaitu sikap awalan, sikap saat melompat dan berguling dan juga sikap saat pendaratan. Dan berikut adalah beberapa teknik dalam melakkan lompat harimau

1. Sikap Awalan

Sikap awalan dalam lompat harimau, hampir sama dengan melakukan olahraga lompat lain seperti sikap awalan dalam lompat tinggi maupun sikap awalan dalam lompat kangkang. Dimana berdiri tegak dengan kedua lengan berada disamping lurus dan rileks. Sedangkan pandangan lurus ke depan. Jarak yang digunakan bervariasi tergantung dari tinggi penanda yang digunakan.

Setelah dirasa sudah siap, maka awalan dilanjutkan dengan sikap sedikit berlari sebagai ancang-ancang dalam melakukan lompat harimau. Jangan berlari terlalu cepat karena akan menghilangkan fokus saat melakukan roll ke depan nya, dan juga jangan terlalu pelan, karena juga bisa menghambat saat anda melakukan roll kedepan.

2. Sikap Melompat dan Berguling

Setelah berlari dan mendekati penanda, segera bersiap untuk melakukan lompatan dengan menggunakan kedua kaki untuk melompat. Ketika diudara tungkai kaki diluruskan dan kemudian ayunkan tangan kedepan, Dan segera melakukan tumpuan untuk gerakan roll kedepan. Perkuat tangan saat melakukan tumpuan, lakukan dengan rileks dan tangan menumpu pada matras.

Segera setelah tangan menyentuh matras, masukkan kepala diantara tangan dan pergunakan sedikit kekuatan tangan dan juga dorongan dari hasil lompatan untuk melakukan roll ke depan. Dan kemudian berguling dan setelah kaki menyetuh matras segera tarik badan keatas.

Sponsors Link

3. Sikap Akhir dalam Lompat Harimau

Sikap akhir dalam melakukan lompat harimau adalah posisi jongkok dengan tangan lurus kedepan untuk mengatur keseimbangan setelah melakukan roll kedepan. Dan dua kaki menapak matras dengan sempurna. Banyak roll kedepan juga dipengaruhi dari tinggi penanda yang digunakan. Jika penanda sangat tinggi biasanya atlet melakukan gerakan roll kedepan bisa lebih dari satu kali.

Manfaat melakukan lompat Harimau

  • Melatih kelenturan tubuh, ketika melakukan lompat harimau tubuh dituntut untuk lentur. Hal ini juga sangat penting ketika melakukan gerakan – gerakan lain dalam senam lantai. Ketika melakukan lompat harimau, tubuh akan terbiasa dalam melakukan gerakan-gerakan yang melenturkan tubuh. Selain lompat harimau, olahraga kecil seperti cop roll atau roll back roll (roll depan dan roll belakang) juga bisa melenturkan tubuh anda.
  • Membuat tubuh lebih gesit dan sehat, Semakin badan banyak bergerak secara teratur semakin bugar pula tubuh kita. Ketika melakukan harimau, secara tidak langsung anda melatih kegesitan dalam melakukan gerakan mulai dari melompat dan juga ketepatan dalam mendaratkan tangan saat di matras. Selainn itu, hampir sama dengan olahraga lainya, lompat harimau juga menyehatkan tubuh anda.
  • Menguatkan otot, lompat harimau juga bisa memperkuat otot, khususnya pada pergelangan tangan. Dimana dalam melakukan lompat harimau, kekuatan dan kelenturan tangan sangat dibutuhkan dalam melakukan tumpuan setelah melakukan lompatan. Selain lompat harimau

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Tuesday 10th, July 2018 / 03:45 Oleh :
Kategori : Lompat Harimau