Sponsors Link

Cara Lari di Tempat Yang Benar

Sponsors Link

Olahraga tidak harus membutuhkan tempat yang luas. Banyak olahraga yang bisa anda lakukan dirumah dan tanpa menggunakan alat yang repot dan mahal. Salah satunya adalah olahraga lari, yang bisa anda lakukan dimana saja. Lari bisa dilakukan ditempat terbuka seperti lapangan, jalanan, jogging track dan lain sebagainya. Namun, jika kondisi cuaca tidak bersahabat untuk berlari di luar rumah, anda bisa mencoba untuk berlari ditempat di dalam ruangan.

ads

Manfaat lari ditempat juga tidak berbeda dengan lari di tempat terbuka, dimana lari ditempat juga memiliki gerakan yang tidak terlalu berbeda jauh dengan teknik lari jarak pendek, menengah maupun jarak jauh di lapangan. Namun, ketika anda melakukan lari di tempat, anda tidak bisa merasakan manfaat dari Vitamin D yang dihasilkan oleh sinar matahari pagi dan lari ditempat didalam ruangan juga terbilang monoton, karena pandangan anda hanya pada satu titik. Namun anda bisa melakukanya sambil menonton televise ataupun dengan memadukan aktivitas lain yang menyenangkan. Ada beberapa cara dalam melakukan lari ditempat. Dan berikut adalah cara lari di tempat yang benar.

1. Dalam melakukan lari ditempat terdapat 2 jenis lari, dimana anda tidak perlu berindah posisi dalam melakukan lari jenis ini. Kedua jenis lari tersebut adalah butt kick dan juga high knee.

2. Untuk melakukan lari di tempat dengan teknik butt kick caranya adalah sebagai berikut.

  • Berdiri tegak dengan sikap sempurna dimana kepala tegak dan menghadap kedepan
  • Posisikan seluruh tubuh dalam keadaan rileks
  • Mulai berlari ditempat dengan mengangkat kaki kanan kebelakang hingga bagian tumit kaki menyentuh pantat
  • Ketika kaki diangkat posisikan tangan rileks dengan siku membentuk sudut antara 60 hingga 70 derajat sesuaikan dengan kenyamanan anda.
  • Ketika berlari ditempat dengan teknik butt kick, usahakan tangan tetap tenang sambil menggenggam
  • Lakukan dengan cepat, dan atur ritme dalam berlari sehingga anda benar –benar bisa menikmatinya.

3. Untuk Jenis teknik lari di tempat yang kedua adalah dengan teknik high knee. Dan berikut adalah tata cara dalam melakukan lari ditempat dengan teknik high Knee.

  • Berdiri tegak dengan sikap sempurna dimana kepala tegak dan menghadap kedepan
  • Posisikan seluruh tubuh dalam keadaan rileks
  • Mulai berlari ditempat dengan mengangkat kaki kanan ke depan setinggi perut atau bisa sejajar dengan paha, sedangakan kaki kiri yang digunakan sebagai tumpuan juga sedikit meloncat dengan tumpuan ujung kaki.
  • Ketika melakukan lari ditempat dengan teknik ini tangan dalam keadaan menggenggam, dimana ketika kaki kanan diatas atau dalam posisi diangkat, tangan kiri ditarik kedepan dengan membentuk sudut 60 hingga 70 derajat, sedangkan tangan kanan ditarik kebelakang dengan siku sedikit menekuk, atau biasanya tangan akan bergerak secara spontan seiring gerakan kaki
  • Ketika kaki kanan mendarat, gunakan bagian ujung kaki terlebih dahulu sambil kaki kiri diangkat secara bergantian
  • Lakukan dengan cepat, dan atur ritme dalam berlari sehingga anda benar –benar bisa menikmatinya, dan juga anda juga perlu memperhatikan cara bernafas saat berlari ditempat, agar tidak ngos-ngosan.

4. Lakukan lari di tempat selama 5 hingga 10 menit, kemudian istirahatlah 1 menit untuk merilekskan otot dan mengatur nafas.

5. Lakukan lari di tempat tersebut sebanyak 3 set

Dan diatas merupakan cara lari ditempat yang benar, selain mudah dilakukan lari ditempat juga memiliki manfaat yang sangat bagus bagi tubuh dan kesehatan anda. dan berikut adalah beberapa manfaat lari di tempat yang bisa anda lakukan dimana saja.

  • Menyehatkan Jantung, Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang paling vital bagi tubuh anda, dan salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan berolah raga. Lakukan lari ditempat setidaknya satu kali dalam seminggu untuk memacu kinerja jantung agar lebih stabil dan darah akan terpompa dengan baik keseluruh tubuh sehingga resiko terkena penyakit jantung bisa diminimalisir. Padukan dengan porsi makanan bergizi dan istirahat yang cukup.
  • Melatih pernafasan dan menyehatkan paru- paru, Selain jantung anda sehat, lari ditempat juga dapat anda gunakan untuk latihan dalam mengatur nafas anda, hal ini juga sangat bermanfaat untuk anda para atlet. Selain itu, ketika berlari ditempat, jantung anda akan berdetak lebih cepat dan juga fungsi dan kinerja paru-paru juga semakin meningkat
  • Membakar Kalori, meskipun tergolong olahraga yang sederhana dan murah, lari ditempat juga sangat efektif dalam membakar kalori dan menurunkan berat badan. Kalori memang penting bagi tubuh kita, namun kandungan kalori yang berlebih akan menyebabkan kegemukan dan juga sarang dari berbagai penyakit. Lakukan olahraga lari ditempat dengan teratur, dan tentunya imbangi juga dengan makanan yang bergizi.
  • Membakar Lemak, Hampir sama dengan manfaat diatas, lari ditempat juga efektif membakar lemak tubuh dan sangat cocok bagi anda yang sedang melakukan diet sehat.
  • Menguatkan otot kaki, dalam melakukan lari ditempat, kekuatan otot kaki sangatlah berpengaruh disini. Jadi olahraga ini juga bagus untuk melatih dan memperkuat otot kaki anda. bisanaya dalam latihan permainan sepak bola juga sering melakukan latihan lari ditempat sebagai salah satu dari program latihan fisik sepak bola untuk meningkatkan kekuatan otot kaki.
  • Menguatkan otot perut, Selain memperkuat otot kaki, lari ditempat juga bisa menguatkan otot perut, dimana dalam melakukan lari ditempat otot perut juga ikut menahan berat tubuh saat berlari. Lakukan lari ditempat secara teratur dengan minimal melakukanya sekali dalam seminggu dengan berlari selama 30 menit seperti pola yang tercantum dalam cara melakukan lari ditempat diatas.
  • Membentuk tubuh, Lari ditempat cukup bagus untuk anda yang menjalankan program diet. Namun bagi anda yang sudah memiliki tubuh ramping, lari ditempat juga akan semakin membetuk tubuh anda, dimana tubuh anda akan terlihat semakin atletis dan kuat. Tentunya lakukan secara rutin dan juga diimbangi dengan makan makanan yang bergizi.
  • Meningkatkan kepadatan tulang dan otot, lari ditempat juga sangat bagus untuk memperkuat tulang dan otot, terutama pada bagian kaki, pinggul dan punggung. Hal ini dibuktikan dari penelitian yang diakuakn oleh Birmingham University, dimana remaja yang melakukan olahraga kardio seperti lari ditempat bisa mengurangi terkena osteophorosis ketika tua hingga 60 %.
  • Membuat anda lebih ceria, Selain berefek bagi kesehatan, lari di tempat juga berefek pada keadaan mood anda. Dimana lari ditempat memicu terbentuknya hormone endhorpin, yiatu hormon yang berfungsi dalam meningkatkan kebahagiaan seseorang. Selain itu, lari ditempat juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh anda.
  • Menjaga Kebugaran Tubuh, salah satu manfaat yang bisa anda dapatkan dari berbagai macam olaharaga seperti bersepeda, sepak bola, badminton dan lain sebagainya. Dimana lari ditempat dapat membantu menjaga kebugaran tubuh anda agar tetap fit dan tidak mudah jatuh sakit. Dimana kelebihan dari lari ditempat adalah tidak membutuhkan tempat yang luas, karena bisa dilakukan dimana saja. Murah dan praktis, karena lari ditempat hampir tidak membutuhkan peralatan khusus apapun. Dan terhindar dari resiko cidera.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 05th, July 2018 / 04:00 Oleh :
Kategori : Atletik