Sponsors Link

16 Cara Dribble Bola Basket dengan Cepat

Sponsors Link

Basket merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di dunia. Ada beberapa teknik dasar dalam permainan bola basket yang wajib dikusasai, yaitu teknik menggiring bola atau dribbling, teknik mengoper atau passing, teknik menembak atau shooting, teknik pivot atau gerakan tipuan untuk mengelabuhi lawan. Namun, pada dasarnya basket sendiri terdiri dari beberapa hal dasar seperti cara melempar bola basket menangkap bola, dan menddribling bola.

ads

Teknik dribble bola sangatlah penting untuk dipelajari dan terdapat teknik khusus dalam mendribble bola basket. Dalam mendribble bola basket, pemain diharuskan memantulkan bola dan tidak diperbolehkan menggunakan dua tangan dalam melakukan pantulan bola. Dan juga masih ada banyak peraturan terkait melakukan dribbling bola basket yang perlu anda ketahui. Dalam dribbling bola basket sendiri terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya yaitu:

  • Teknik Menggiring bola tinggi, teknik ini dignakan dengan berlari, teknik ini biasa digunakan ketika berada jauh dari lawan
  • Teknik dribble bola rendah, teknik ini digunakan ketika pemain berada dekat dengan kita, dimana dengan menggunkana bola pantulan rendah, kemungkinan bola untuk direbut lawan menjadi lebih sulit.
  • Teknik Spin dribble, Untuk teknik menggiring bola basket dengan gerakan spin dribble, pemain perlu memiliki skill khusus dan perlu melakukan latihan teratur.
  • Teknik Between the legs Dribble, dimana bola dipantulkan di antara kedua kaki, teknik ini dilakuakn untuk mengelabuhi lawan
  • Teknik dribble behind the back, teknik dribble di belakang tubuh
  • Teknik dribble crossover, merupakan teknik mendribble bola dengan menggunakan kedua tangan secara bergantian dan cepata

Untuk dapat melakukan dribble dengan baik dan cepat, diperlukan pengetahuan dan juga latihan yang rutin untuk meningkatkan kemampuan dribble anda. Dan berikut adalah cara dribble bola basket dengan cepat.

  1. Perhatikan Postur Tubuh Benar, Dalam melakukan dribble bola basket, buka lutut selebar bahu, dan selalu persiapkan kaki untuk berpindah tempat. Rilekskan lutut dan sedikit menekuk, usahakan untuk tidak berdiri dengan lutut mengunci. Dan usahakan pantulan bola tidak lebih tinggi dari pinggang, usahakan bola dipantulkan kembali dibawah pertengahan paha.
  2. Latih kedua tangan anda, Lakukan latihan mendribble seperti cara pada nomor satu secara maksimal. Gunakan kedua tangan secara bergantian untuk mengasah kemampuan mendribble masing-masaing tangan. Juga latihan dilakukan dengan melkukan pantulan dengan pelan dan keras secara bergantian. Latihan dribble bola basket dengan cepat yang baik adalah menggiring bola sebanyak 20 kali berturit-turut dengan menggunakan tangan kanan, kemuidian selanutnya bisa menggunakan tangan kiri dengan menddrible bola sebanyak 20 kali juga. Jika anda sudah menguasai dengan diam, anda bisa meningkatkanya dengan melatih dribble dengan berjalan dan selanjutnya bisa berlari. Lakukan latihan secara rutin untuk memperoleh dribble bola basket dengan cepat.
  3. Gerakan tangan secara bergantian, Yang dimaksud disini adalah melakukan dribble dengan pola zigzag. Dimana dalam mendribble menggunakan tangan kanan, pantulan, tangan kiri, pantulkan dan setreusnya. Ketika anda menguasainya anda bisa melatihnya dengan berjalan mundur.
  4. Pandangan Mata fokus, Ketika melakukan dribble bola basket, pandangan anda fokuskan ke pemain lawan, ataupun ke ring target jika akan melakukan shooting. Dalam melatih untuk mendribble bola basket dengan cepat, anda harus membiasakan tidak melihat bola ketika melakukan dribble, sehingga anda bisa bergerak dengan cepat. Anda harus membiasakan hal ini untuk bisa mengasah kemampuan anda dalam memdribble bola.
  5. Gunakan jari saat melakukan dribble, Latihlah untuk merasakan dimana bola berada dan juga pantulanya, sehingga anda benar-benar mengontrol penuh atas bola yang anda bawa, dan menggiring bola dengan cepat lebih baik menggunakan jari-jari, jangan sampai bola menyentih telapak tangan. Lakukan latihan mendribble secara rutin dengan cepat.
  6. Meningkatkan kekuatan dribble, dalam melakukan dribble secara cepat, hal yang biasa dikhawatirkan adalah bola lepas dari jangkauan tangan anda. untuk mengontrol pergerakan bola, kuncinya adalah di pergelangan tangan anda, karena yang akan mengarahkan laju bola dengan sudut kemiringan adalah pergelangan tangan, dimana anda menyeseuaikan dengan kecepatan laria anda. anda bisa melatihnya dengan memantukan bola dnegan keras untuk mendapatkan kecepatan yang sama,hingga anda biasa dengan kecepatan tersebut. Setelah anda terbiasa,lakukan dribbling bola seperti biasanya.
  7. Menggunakan Latihan crossover, Crossover merupakan teknik mendribble bola dengan menggunakan kedua tangan secara bergantian dan cepat. Cara dribble bola basket seperti ini lawan akan sulit dalam merebut bola dari anda. Lakukan latihan kombinasi dengan mendribble bola seperti biasa, lalu lakukan perpindahan tangan secara berkala, 3 kali pantulan pindah tangan, tingkatkan menjadi 2 tangan hingga, anda terbiasa dalam melakukan crossover.
    Sponsors Link

  8. Dribble dengan Berlari cepat, Lakukan latihan dribble bola basket dengan berlari dari garis dasar hingga ke depan, kemudian kembali lagi sampi ke garis three point, dan kembali lagi ke garis dasar, hingga sampai ke seluruh lapangan.
  9. Gunakan dua bola, untuk melatih kemampuan dribble anda, anda bisa menggunakan bola untuk mendribble dimana masing-masing bola ditempatkan pada masing-masing kanan. Cara dribble bola basket cepat ini cukup efetif untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan dribble bola basket.
  10. Dribbing beranting, Cara ini sangat cocok untuk anda yang berlatih dengan banyak teman. Latihan ini dilakukan dengan membagi tim menjadi 2 grup. Masing-masing grup membawa bola dengan menggunakan tangan terkuat, dalam memberikan bola, harus dari belakang. Hal ini dapat melatih feeling anda terhadap bola.
  11. Dribbling dengan melingkar, Latihan ini dilakukan dimana anda menggiring bola mengguanakn tangan kanan mengeilingi tengah lingkaran, namun anda fokus pada pusat lingkaran. Setelah anda mengelilingi penuh satu lingkaran, selanjutnya anda berbalik dann menggunakan tangan kiri untuk memutari tengah lingkaran, sambil pandangn fokusu pada pusat lingkaran.
  12. Dribbiling segi empat, Hampir sama dengan melatih dengan melingkar. Anda bisa melatihnya dengan mnyusuri pnggir lapangan atau setengah lapangan yang membentuk persegi. Dimana pandangan anda fokuskan pada garis three point.
  13. Kombinasi dribbling dan umpan, Jika anda memiliki teman dalam berlatih, lakukan dribbling cepat sambil berlari, dimana teman anda sudah menunggu ditengah lapangan. Lakukan dribbling dari titik belakang hingga hampir mendekati titik tengah, lalu umpan kepada teman anda yang sudah menunggu, dimana dalam memberikan umpan terdapat cara mengoper bola basket yang perlu anda pelajari. Selanutnya, biarkan teman anda mendribbling kedepan dan kembali lagi ke tengah kemudian anda bisa mendribbling ke titik belakang dan kembali lagi ke tengah, hingga seterusnya.
    Sponsors Link

  14. Lakukan kombinasi permainan, Untuk melatih kemampuan dribbling anda dengan cepat, anda bisa membuat kombinasi permainan. Dimana, setiap pemain mendrrible bola masing-masing, sambil mengganggu pemain lain yang juga sedang melakukan dribble. Namun, bola yang anda bawa juga tidak boleh terlepas, siapa yang bisa mempertahankan bola paling lama dialah pemenangnya. Hal ini sangat efektif untuk melatih dribble agar tidak terebut oleh lawan.
  15. Dribble dengan meutup mata, Cara dribble bola basket ini bertujuan untuk merasakan fell dari bola yang memantul, dimana tanpa melihat anda bisa melakukan dribble dengan baik. Lakukan selama kurang lebih dua menit agar anda bisa merasakan bolanya.
  16. Latihan otot tangan, untuk bisa melatih dribble bola basket dengan cepat anda juga harus melkuakn latihan fisik untuk pemain basket terutama pada bagian tangan. Anda bisa melakukan driblle dengan menggunakan tangan selama beberapa menit untuk kemudian berganti dengan tangan yang satunya. Hal ini dilakukan untuk memperkuat otot tangan agar kemampuan dribble anda bisa lebih baik dan lebih cepat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Saturday 30th, June 2018 / 01:59 Oleh :
Kategori : Basket