18 Cara Melakukan Dribbling dalam Sepak Bola Paling Mudah

Menggiring bola atau dribbling merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepak bola yang perlu dikuasai. Teknik dribbling atau menggiring bola digunakan untuk membawa bola mendekati rekan satu tim yang akan diberikan umpan, dan juga untuk membuka ruang jika rekan satu tim dalam penjagaan lawan yang ketat, serta untuk melewati lawan jika dalam posisi yang tidak memungkinkan untuk mengoper atau yang biasa dengan teknik menggocek bola.

Pada dasarnya dalam melakuakan teknik dribbling dalam sepak bola dapat dibedakan menjadi dua, yaitu speed dribbling dan closed dribbling. Speed dribbling sendiri merupakan teknik menggiring bola dengan berlari secepat-cepatnya untuk bias menembus lawan. Teknik speed dribbling biasa digunakan oleh pemain depan yang melakukan overlap atau ketika melakuakn serangan balik. Sedangakan closed dirbbling merupakan teknik dimana pemain menjaga sebaik mungkin agar bola tidak direbut oleh lawan dengan menguasai bola secara penuh. Dalam melakukan closed dribbling, bola tidak boleh berada pada jarak lebih dari 1 meter. Dalam melakukan dribbling bola ada beberapa bagian kaki yang biasa digunakan yaitu:

  1. Dribbling bola menggunakan kaki bagian dalam, Minggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam sangat efektif untuk mengecoh lawan yang datang dari arah depan bola. Selain itu, menggunakan kaki bagian dalam, anda dapat dengan mudah mengontrol bola.
  2. Dribbling dengan punggung kaki, driblling menggunakan punggung kaki sangat efektif digunakan ketika bola tanpa ada penjagaan dari lawan, atau ketika sedang melakukan speed dribbling, karena bola akan mengalir sangat deras jika menggunakan punggung kaki
  3. Dribbling dengan menggunakan kaki bagian luar, Hampir sama dengan fungsi kaki bagian dalam, yaitu untuk mengecoh lawan. Bahkan kaki bagian luar lebih efektif untuk mengelabui lawan, karena arah bola tidak tertebak. Namun, jika menggunakan kaki bagian luar, bola tidak bisa terlalu keras untuk didribbling.

Karena menggiring bola merupakan hal yang sangat penting dalam permainan sepak bola, berikut adalah cara melakukan dribbling dalam sepak bola.

  1. Lakukan Sentuhan lembut dengan bola, lakukan latihan dribbling bola dengan melakukan sentuhan – sentuhan lembut pada bola. Pada awalnya hal ini akan membuat akselerasi anda semakin lambat. Namun, jika anda sudah terbiasa melakukan sentuhan lembut dengan menggunakan kaki, bola juga akan semakin mudah untuk dikendalikan.
  2. Jaga Bola agar tidak jauh dari Kaki, Agar bola tetap dalam jangkauan dan tidak melaju terlalu jauh, anda harus mengatur kekuatan tendangan saat menggiring bola, sesuaikan dengan kecepatan lari anda, dan sebisa mungkin kemana arah bola yang akan anda gulirkan, sudah bisa anda tebak. Untuk menjaga bola tetap dekat dengan anda, anda bisa melakukan latihan dengan menggunakan cone dengan membuat lintasan membentuk zigzag. Lakukan latihan secara rutin dengan meningkatkan kecepatan dalam melewati cone.
  3. Gunakan Kaki Bagian Ujung depan untuk menggiring maju, Lakukan latihan dribbling bola dengan melakukan dorongan bola menggunakan kaki bagian depan agar bola menuju lurus kedepan, dan pada saat melakukan dribbling bersamaan dengan memadukan gerakan mencongklang dan mendorong dengan menggunakan kaki yang biasa digunakan. Pastikan agar ujung kaki selalu didepan saat mencongklang, hal ini membuat bola bergerak lurus kedepan selaras dengan gerakan lari anda.
  4. Kaki Bagian dalam atau Luar, saat menggiring bola gunakan berbagai bagian kaki, sesuaikan dengan kondisi yang dihadapi. Kombinasikan beberapa teknik menggiring bola, jika melakukan speed dribbling usahakan mengunakan punggung kaki , atau kaki bagian depan. Dan untuk mengecoh lawan, bisa menggunakan kakai bagian dalam atau bagian luar.
  5. Atur Keseimbangan Tubuh, Menjaga keseimbangan dalam mendribbling bola juga menjadi hal yang penting, dimana ketika anda menggiring bola, anda menggunakan satu kaki sebagai tumpuan. Dan juga ketika terjadi body chest Atau benturan antar pemain sangat seirng terjadi. Jadi melatih kekuatan tubuh dan keseimbangan juga diperlukan ketika melakukan dribbling. Selain, menggunakan kekuatan otot kaki, tangan juga sangat berpenaruh dalam mengatur keseimbangan tubuh. Posisikan tangan agak jauh dari badan untuk menjaga keseimbangan ketika melakukan transisi.
  6. Perhatikan sekeliling, Kebanyakan bagi pemula yang berlatih dribbling masih memfokuskan hanya pada gerakan bola saja. Namun yang baik adalah anda bisa juga harus memperhatikan sekeliling anda, namun tetap fokus pada pandagan kebawah. Dengan begitu anda bisa melihat kondisi lappangan disekitar tanpa kehilangan fokus pada bola. Hal ini sangat penting untuk memanfaatkan situasi dimana anda harus mengumpan, mengetahui posisi rekan satu tim dan juga melihat celah untuk melewati lawan maupun untuk mencetak goal.
  7. Pandangan Fokus, Ketika menggiring bola, anda juga harus fokus melihat lawan maupun teman satu tim, dan juga anda harus membagi fokus dalam penguasaan bola agar tidak terebut oleh lawan. Ketika akan melewati lawan, fokuslah pada gerakan pinggul nya untuk memeprediksi kemana mereka akan bergerak. Dengan begitu anda sudah bisa menentukan kemana bola akan diarahkan.
  8. Ubah Kecepatan, Ketika anda mendribbling dengan gerakan lurus kedepan, dapat dengan mudah lawan untuk memprediksi gerakan anda. Untuk itu latihlah kecepatan ketika menggiring bola, sehingga lawan sulit mengantisipasi.
  9. Lindungi Bola dengan tubuh anda, Posisikan diri anda diantara pemain lawan dan juga kawan yang membawa bola saat akan menerima operan. Ketika menerima bola putar pinggul dan membelakangi lawan agar bola tidak direbut oleh lawan, lakukan kombinasi dengan menggunakan kaki bagian dalam dan luar.
  10. Cari ruang, Untuk melakukan dribbling bola dan lawan  menghadang didekat anda, sebisa mungkin cari ruang agar anda bisa melakukan maneuver untuk melewatinya. Jika anda menggunakan kaki kanan sebagai andalan, kemungkinan lawan akan menebak kearah kanan, jadi hal ini bisa anda manfaatkan untuk mengelabuhi lawan. Perhatikan  pinggul dari lawan, karena pinggul akan memberitahu anda kemana lawan akan bergerak.

Pola Latihan  Menggiring Bola

Latihan yang intens dan juga serius merupakan hal yang penting dilakukan untuk meningkatkan kemampuan melakukan dribbling anda. dan berikut adalah beberapa cara latihan dribbling dalam cepak bola yang bisa dicoba.

  • Latihan menggiring bola lurus dengan menggunakan ujung kaki bagian depan. Lakukan seperti berlari sambil mendorong bola dengan lembut, pastikan jarak bola kira-kira jangan sampai lebih dari 1 meter.
  • Tambah kecepatan menggiring bola, Ketika menambah kecepatan saat berlari, otomatis kekuatan kaki juga akan bertambah sehingga bola akan berlari lebih kencang. Untuk itu, anda perlu menekuk pergelangan kaki lebih kedalam, dan bagian depan kaki menghadap kebawah. 

  • Gunakan Kerucut sebagai alat bantu, Latihan selanjutnya adalah dengan menggunakan cone atau kerucut cebagai penghalang dengan kaki andalan. Latihan ini merupakan cara untuk melatih dribbling anda dengan baik. Jangan sampai menjatuhkan kerucut dan juga melewati satu lubang diantara kerucut. Kurangi kecepatan jika kerucut terjatuh., hingga anda benar-benar melewatinya.
  • Melewati kerucut dengan menggunakan kedua kaki, yaitu dengan melewati kerucut pertama misal dengan kaki kanan, dan bola bergerak kekiri, lalu tendang dengan kaki kiri untuk menuju kekanan dan seterusnya (crossover).
  • Jika sudah mulai baik dalam melakukan crossover, anda bisa mengurangi gerakan dalam melewati cone, misal hanya dengan dua sentuhan menggunakan bagian ujung kaki (inside-outside),dan menggulinkan bola dengan menggunkana telapak kaki (roll inside).