Sponsors Link

10 Teknik Menggiring Bola dalam Permainan Sepak bola yang Benar

Sponsors Link

Sepak bola merupakan olahraga yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Banyak tempat-tempat pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan skill dalam bermain sepak bola. Selain itu, banyak juga kompetisi di Indonesia, mulai dari kompetisi antar kampung,hingga Liga besar yang dikelola secara profesional. Dalam permainan sepak bola, salah satu teknik dasar paling penting adalah teknik Dribbe atau teknik menggiring bola.

ads

Menggiring bola memiliki tujuan membawa bola dengan menggunakan kaki untuk mendekati sasaran yang akan dituju. Dalam permainan sepak bola selain anda menggiring bola tentunya juga anda harus menghindari bola direbut oleh lawan. Jadi untuk menjadi seorang pemain yang profesional dibutuhkan teknik menggiring dan menggocek bola supaya lawan terkecoh dan bisa dilewati.

Teknik Dasar dalam Menggiring Bola

Sebelum masuk ke dalam teknik menggiring bola dalam permainan sepak bola, anda harus mengetahui teknik dasar dalam permainan sepak bola. Teknik dasar menggiring bola terbagai menjadi 3 teknik yaitu:

  • Teknik menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam
  • Teknik menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian luar;
  • Teknik menggiring bola dengan menggunakan punggung kaki

Teknik mneggiring bola dalam Permainan Sepak bola

Setelah anda menguasai teknik dasar dalam menggring bola, anda bisa mempraktikkan dalam permaian sepakbola. Dan berikut adalah Teknik menggiring bola dalam permainan sepak bola.

  1. Teknik pertama adalah teknik menggiring bola ke area kosong, tanpa adanya penjagaan dari lawan. Teknik yang digunakan ketika kondisi seperti ini adalah dengan menggunakan teknik speed dribbling. Caranya adalah dengan menendang bola ke depan, namun jangan terlalu keras dan masih dalam jangkauan kaki anda, dan juga harus seirama dengan kecepatan lari, sehingga mengantisipasi bola berlari secara liar. Dalam melakukan teknik speed dribbling juga harus diimbangi dengan kecepatan dalam berlari dan juga kemampuan memprediksi laju bola agar tetap dalam jangkauan.
  2. Jika pada kondisi anda berada dalam penjagaan pemain lawan, teknik yang digunakan adalah teknik closed dribbling. Cara melakukan teknik ini adalah dengan menjaga bola agar tidak terlalu jauh dengan anda. usahakan ketika menggiring dengan penjagaan lawan, jarak bola tidak lebih dari satu meter dalam melakukan pergerakan. Perpadukan dengan menggunakan berbagai kaki dalam teknik dasar menggiring bola dalam sepak bola, sehingga bola tidak direbut oleh lawan.
  3. Dalam berbagai taktik permainan sepak bola, untuk melakukan dribing bola hanya sampai pada area sepertiga lapangan, untuk menghindari bola direbut oleh lawan.
  4. Ketika anda sedang menggiring bola dan ternyata lawan sedang membayangi anda dari samping, anda bisa melakukan teknik berbalik dengan cepat. Biasanya teknik ini digunakan posisi dalam sepakbola sebagai sayap. Dimana pada saat dia melakukan sprint, ada lawan yang menbayangi disamping, dan secara cepat bola ditarik kebelakang, dan lawan yang belum siap berbalik pun, akan ketinggalan beberapa langkah dan anda pun bisa melewati lawan dengan mudah.
  5. Ketika anda sedang menerima bola dan lawan berada tidak jauh di depan anda, jangan terburu-buru untuk melakukan umpan kepada pemain lain. Anda bisa menggiring mendekati pemain lawan terlebih dahulu, untuk kemudian mengopernya, agar lawan terkecoh. Padukan dengan gerakan kaki untuk mengelabui lawan dan usahakan bola tidak dibaca oleh lawan.
    Sponsors Link

  6. Teknik menggiring bola dalam permainan sepak bola selanjutnya adalah ketika pemain lawan berada tepat di depan anda dan anda tidak punay pilihan untuk mengumpan, sebisa mungin anda harus bisa melewati hadangan dari lawan tersebut, dengan cara mengecoh lawan dengan gerakan-gerakan yang bisa memperdaya lawan. Salah satu Pemain dengan dribble akrobatik terbaik adalah Lionel Messi. Teknik ini sangatlah sulit dan dibutuhkan teknik-teknik tertentu untuk membuat lawan mati langkah, atau mungkin membuat lawan salah mengantisipasi gerakan bola. Dan beberapa nama teknik yang sering digunakan untuk menhadapi lawan satu lawan satu adalah sebagai berikut:
    • teknik scissor move yaitu dengan melakukan teknik seperti menggunting,
    • Nutmeg Move, yaitu mengecoh lawan sehingga kaki lawan terbuka, dan anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk melewati lawan dari bagian sela-sela kaki yang terbuka.
    • Matthew Move
    • Fake free kick, gerakan memperdaya lawan dengan melakukan seperti akan menendang, sehingga lawan terkecoh untuk menghalangi tendangan tersebut. Ketika lawan sudah melakukan gerakan menghalau bola, anda tarik kembali kaki anda lalu menendangya dengan pelan ke arah yang berbeda sehingga lawan bisa dilewati dengan mudah. Hal ini membutuhkan kecepatan dalam melakukan gerakan tersebut, agar bola terlewati sebelum lawan menyadarinya.
    • Elastico Move
    • Sombrero Move, merupakan teknik mencungkil bola untuk melewati lawan, sehingga bola sulit dijangkau oleh lawan.
    • Spin Move, teknik melewati lawan dengan cara menggiring bola memutar
  7. Dalam menggerakkan taktik sepak bola, menggiring bola sangatlah dasar untuk dilakukan dan semua pemain berbagai posisi pemain sepak bola harus bisa melakukanya. Untuk mendapatkan ritme yang tepat biasanya permainan dimulai dengan menggiring dari belakang dan memadukannya dengan umpan-umpan agar taktik bisa berjalan dengan maksimal.
  8. Dalam posisi terpojok ketika sedang melakukan teknik menggiring dalam permainan sepak bola, dan tidak memungkinkan untuk bisa melewati pemain lawan, usahakan untuk menendang bola dengan membenturkan ke pemain lawan. Hal ini biasa terjadi ketika anda berada di pinggir lapangan, sehingga menghasilkan out atau tandangan korner jika bola keluar dari garis belakang gawang. Dan bagi pemain bertahan hal ini bisa mengendurkan serangan lawan, karena ketika bola keluar maka para pemain bisa menempatkan pada posisinya lagi.
  9. Ketika pemain terdekat anda kesulitan untuk melewati lawan saat menggiring bola, anda bisa mendekat dan membuka jalan bola bisa dengan mudah bisa diumpan ke anda
  10. Ketika pemain anda sedang menggiring bola menuju gawang, anda bisa melakukan gerakan tanpa bola, agar konsentrasi dari lawan terpacah, sehingga memudahkan bagi rekan anda untuk menusuk ke jantung pertahanan dari pemain lawan.
Sponsors Link

Kesalahan dalam Menggiring Bola

Dalam menggiring bola ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan. Dan berikut adalah beberapa kesalahan dalam menggiring bola.

  • Ketika menggiring bola, pandangan hanya terfokus pada bola, tanpa memperhatikan pergerakan lawan, sehingga memungkinkan bola direbut oleh lawan
  • Tendangan bola terlalu keras, sehingga sulit untuk dijangkau, dan bola malah lebih dekat dengan pemain lawan dan bola bisa direbut oleh lawan. biasanya hal seperti ini dilakukan ketika melakukan speed dribbling.
  • Bola ditendang terlalu pelan, sehingga membuat ritme ketika menggiring sedikit terganggu, atau malah bola terinjak sendiri sehigga anda terjatuh dan memudahkan lawan untuk mengambil bola
  • Kaki terlalu kaku sehingga arah bola tidak sesuai dengan yang diinginkan
  • Ketika sedang berhadapan dengan lawan yang sangat dekat, lakukan gerakan-gerakan tanpa bola untuk mengecoh lawan. Sehingga anda bisa memanfaatkan ketidakfokusan lawan untuk melewatinya.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 21st, May 2018 / 12:31 Oleh :
Kategori : Sepak Bola