Sponsors Link

4 Cabang Olahraga Lari dan Penjelasannya Paling lengkap

Sponsors Link

Olahraga yang paling banyak diminati adalah olahraga lari. Selain olahraganya yang sederhana untuk melakukanya pun tidak di pungut biaya sepeserpun atau gratis. Karena kita tidak membutuhkan banyak biaya dan hanya membutuhkan ketekunan dan ketlatenan. Atletik sendiri mempunyai banyak macamnya salah satunya adalah olahraga lari. Cabang atletik sudah di kenal dari dulu hingga sekarang juga tetap masih di minati dan di gemari banyak orang bahkan perlombaanya pun sudah banyak sekali macamnya.

ads

Disini kita akan memberikan macam – macam cabang olah raga lari, kita tahu lari sangat di gemari banyak orang anda dapat melihat melakukan jogging di pagi ataupun di sore hari. Ternyata lari juga mempunyai banyak jenisnya dan tentunya ada beberapa orang dari kalian yang belum tau, maka langsung saja yuk kita bahas di bawah ini.

Macam – macam cabang olahraga lari :

1. Sprint / lari jarak pendek

Olahraga ini dilakukan pada lintasan sepanjang 50 hingga 400 meter. Dengan penilaian siapa yang larinya tercepat dari garis start hingga garis finis. Lari jenis ini mempunyai tujuan untuk memaksimalkan kecepatan secara horizontal. Untuk mengikuti olahraga atau perlombaan ini anda harus menguasai teknik lari cepat. Kunci sukses seorang atlet adalah latihan yang tekun dan fisik yang kuat. Ada beberapa tahapan untuk jangka pendek seperti drive , percepatan tahan dan juga fase reaksi. Berikut ini jarak lintasan lari menurut jenisnya :

  • Larir jarak pendek dengan panjang lintasan 50-400 meter
  • Lari jarak menengah dengan panjang lintasan 800-1500 meter
  • Lari jarak jauh dengan panjang lintasan 5000-10000 meter
  • Lari marathon dengan panjang lintasan 42,195km
  • Lari sambung / estafet dengan panjang lintasan 4x 100 meter

Dalam sebuah perlombaan lari pun juga ada macam – macam cara untuk memulai start, yaitu :

  • Standing start / start berdiri
  • Flying start / start melayang, hanya di lakukan pelari ke 2 , 3 , 4 dalam sebuah lari estapet 4x 100m
  • Crouching start / start jongkok

2. Lari jarak menengah

Lari jarak menengah hampir sama dengan lari jarak pendek hanya saja panjang lintasan untuk lari jarak menengah adalah sepanjang 800 – 1500 meter. Nah namun ada sedikit perbedaan lainya antara lari jarak pendek dengan lari jarak menengah terutama saat cara kaki anda menapak. Dalam lari jarak pendek disebut dengan istilah ball – hell – ball yaitu suatu gerakan yang menapakan kaki nya bertumpu pada ujung tumit dan menolakkan tapakan dengan ujung kakinya, untuk posisi startnya di lakukan dengan posisi beridiri / start berdiri.

Dalam lari jarak menengah ini juga perlu gerakan kaki yang sewajarnya saja, panjang langkah pun tidak perlu di paksakan dari awal akan tetapi hanya ketika menjelang garis finish saja karna dapat lebih menghemat tenaga anda. Tidak perlu juga langsung mengeluarkan semua tenaga kita sejak garis start karna anda malah dapat kehabisan nafas dan kelelahan ketika tenaga anda di habiskan dari garis start. Anda dapat memaksimalkan tenaga ketika menjelang garis finish.  

Sponsors Link

3. Lari jarak jauh / marathon

Marathon merupakan salah satu jenis olahraga lari yang sedang naik daun, kita bisa liat dengan adanya lomba lari marathon di mana – mana baik tingkat Negara , nasional, dll. Olahraga ini semakin banyak di senangi karena peminatnya juga bertambah , dan selalu bertambah seiring berjalanya waktu. Jarak tempuh yang jauh sering kali membuat orang penasaran dan ingin mencobanya walaun pada akhirnya sampai garis finish pun juga akan mengalami rasa letih yang luar biasa karena marathon mempunyai panjang lintasan yang jauh mulai 3 – 10km da nada juga yang 42km.

Ada juga lari croos country yang mempunyai panjang lintasan lebih jauh ketimbang dengan marathon. Ketika anda ingin mengikuti ajang perlombaan atau olahraga ini anda harus berlatih terlebih dahulu , karna perlombaan ini bisa di masukan dalam kategori ekstrim. Jika kondisi fisik, mental , dan daya tahan tubuh anda tidak kuat maka anda dapat mengalami salah satu dari macam-macam cidera olahraga dan anda juga dapat pingsan jika parah anda dapat meninggal di karenakan serangan jantung. Untuk mengikuti olahraga atau bahkan perlombaan lari jarak jauh / maraton ini anda juga harus memperhatikan peralatan lari jarak jauh yang harus anda lengkapi.

4. Lari sambung / estafet

Sejak kita masih anak – anak ternyata kita sering mempraktekan lari estafet saat kita sedang dalam pelajaran olahraga. Olahraga ini juga tidak kalah populernya dengan marathon karna banyak di gemari dan anda juga dapat menemukan lombanya ada di mana – mana, jadi tidak heran banyak oaring yang menggemari olahraga ini. Lari estafet di lakukan dengan lari sambung yang di lakukan oleh beberapa orang dalam satu groub secara bersamaan.

Ini merupakan saalah satu dari cabang atletik yang di lakukan dengan cara bergantian. Dalam satu anggota team / 1 regu pelari biasanya akan memiliki empat seorang pelari yang memposisikan dirinya dalam lintasan masing – masing. Kemudian si pelari pertama akan lari secepat mungkin dan memberikan sebuah tompat pada kelari kedua lalu pelari kedua lari dan memberikan tongkat ke 3 begitu terus hingga sampai ke pelari terakhir.

Ada zona sekitar 20 meter dimana para pemain dapat bergantian bermain dengan menyerahkan tongkat yang hanya dapat di lakukan di zona tersebut.Ketika anda melangga maka otomatis regu yang melanggar tersebut akan langsung di diskualifikasi. Jarak lari estafet yang di lombakan pada umumnya adalah 4x 100 meter atau juga 4x 400 meter.

Sponsors Link

Peringatan :

Tentunya untuk anda yang ingin mengikuti salah satu dari olahraga diatas anda harus berlatih terlebih dahul, anda dapat belajar melalui internet atau guru yang ada di tempat anda. Karna penting sekali untuk melatif fisik dan pernafasan dalam olahraga lari, dan jika anda hanya asal – asalan melakukanya anda dapat terkena salah satu dari jenis cedera saat berlari. Selain itu anda juga harus menyiapkan perlengkapanya salah satunya adalah sepatu lari yang sangat penting sekali di gunakan cara memilih sepatu lari pun juga ada caranya dan tekniknya.

Anda juga dapat menggunakan waistbag kecil saat anda sedang berlatih yang bertujuan untuk menyimpan bekal , air minum, handphone, ataupun dompet. Jangan membawa barang terlalu berlebihan karna dapat terasa berat dan mengganggu saat anda menjalani latihan lari.

Nah semoga dengan adanya info diatas dapat menambah pengetahuan anda dan wawsan anda, tentunya juga akan mempermudah anda untuk mengetahui tentang jenis – jenis lari, cara melakukanya , perlengkapan yang di perlukan, dan info yang lainya. Yang terpenting adalah jangan memaksakan kondisi anda saat latihan ketika lelah maka beristirahatlah.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Friday 17th, August 2018 / 08:01 Oleh :
Kategori : Atletik