Sponsors Link

Bagaimana Menjadi Pemain Sepak Bola Profesional ? Begini 11 Tahapannya

Sponsors Link

Sepak bola merupakan olahraga yang memiliki banyak sekali penggemar di dunia. Begitu juga dengan di Indonesia, hampir semua lapisan masyarakat menyukai olahraga yang satu ini. Dan Sepak bola juga merupakan olahraga yang paling digemari di Indonesia. Menjadi pemain sepak bola juga menjadi salah satu profesi yang juga cukup menjanjikan. Sebut saja pemain-pemain top dunia seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Adreas Iniesta dan masih banyak lagi pemain dengan gaji yang bisa dibilang sangat tinggi.

ads

Untuk menjadi seorang pemain sepak bola profesional tentunya tidak hanya sekedar mengetahui teknik dasar permainan sepak bola dan mengandalkan fisik semata. Namun juga harus mengasah kecerdasan dan mental dalam bermain. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengasah kecerdasan dan juga responsibilitas. Salah satunya adalah dengan melalui juggling dan beberapa variasi latihan yang bisa meningkatkan kelebihan anda agar permainan anda lebih impresif dan lebih menarik untuk dilihat. Karena bagi sebagian orang sepak bola juga memiliki seni tersendiri. Untuk menjadi seorang pesepak bola profesional bukanlah perkara mudah, anda harus giat berlatih dan juga memiliki tekad yang kuat untuk menjadi seorang pesepak bola. Dan berikut adalah beberapa cara untuk menjadi pemain sepak bola profesional.

1. Tekad yang Kuat

Hal yang paling anda butuhkan adalah tekad dan kemauan yang kuat, dimana menjadi pemain sepak bola merupakan cita-cita yang sudah anda impikan. Tekad yang kuat merupakan salah satu modal bagi anda untuk menjadi seorang pesepak bola profesional. Jika Orang sudah memiliki kemauan yang kuat, biasanya dia akan melakukan apapun demi mencapai keinginanya.

2. Menguasai dan Meningkatkan kemampuan dasar sepak bola

Sepak bola bukan hanya datang dilapangan, mengumpulkan teman, bertanding, cetak goal, menang dan selesai. Dibalik itu semua, seorang pemain profesional juga harus mengembangkan berbagai skill yang dimilikinya. Dan berikut beberapa latihan dalam meningkatkan kemampuan – kemampuan yang sangat berguna dalam bermain sepak bola.

  • Joging atau lari : merupakan salah satu latihan fisik sepak bola yang berfungsi untuk melatih ketahanan dan stamina.
  • Sprint atau lari cepat : Latihan ini berfungsi untuk meningkatkan kecepatan maupun akselerasi
  • Juggling : Melatih ketangkasan dan juga akurasi dalam mengendalikan bola
  • Lader Pad Training : Latihan ini berfungsi untuk meningkatkan reflek, respon dan kelincahan.
  • Cones Training : Latihan yang berfungsi untuk melincahkan disaat menggiring bola, dimana dalam cones training anda akan benar-benar dilatih dribbling dan juga akurasi dalam mennggiring bola.
  • Passing : Latihan mengumpan bola dan juga melakukan tendangan bola ke gawang

Pola latihan diatas setidaknya bisa melatih kemampuan – kemampuan dasar dalam sepak bola seperti kecepatan, kelincahan, stamina, dan akselerasi.

3. Mengembangkan Kemampuan

Selain kemampuan dasar dalam bermain sepak bola, ada beberapa kemampuan yang juga perlu dikembangkan, diantaranya adalah teknik sledding, teknik heading, teknik controlling, teknik throwing, teknik blocking dan beberapa teknik pengembangan gerakan tanpa bola yang bisa dipelajari.

Sponsors Link

4. Menentukan posisi dimana anda akan bermain

Ketika anda ingin menjadi seorang pemain sepak bola profesional, anda harus bisa mengetahui minat dan bakat anda dan menentukan posisi yang pas. Dimana ada beberapa posisi pemain sepak bola yang bisa anda tempati seperti kiper, bek, gelandang, ataupun sebagai penyerang. Setelah anda menentukan posisi apa yang diinginkan, untuk selanjutnya anda bisa mengembangkan kemampuan sesuai dengan posisi yang anda pilih tersebut.

5. Melatih taktik dan Strategi

Setelah anda menguasai berbagai teknik dasar dan juga kemampuan dasar dalam bermain sepak bola, langkah selanjutanya adalah belajar taktik dan strategi. Taktik dan strategi dalam permainan sepak bola merupakan hal yang juga sangat penting untuk anda yang ingin menjadi pemain sepak bola profesional. Anda juga harus bisa menempatkan posisi, membuka ruang, melakukan gerakan tanpa bola, menentukan antara umpan lambung mapun umpan trobosan, mengetahui gerakan lawan, dan masih banyak lagi hal yang bisa dipelajari untuk menjadi seorang pemain sepak bola profesional.

6. Berpikir cerdas

Sepak bola bukan hanya mengandalkan fisik, kecepatan dan stamina. Namun juga mengandalkan kecerdasan dalam mengambil keputusan dan melihat peluang. Selain itu mempelajari dan menganalisis kelemahan lawan juga sangat dibutuhkan dalam bermain sepak bola, khususnya bagi anda yang ingin menjadi seorang pesepak bola profesional.

7. Melatih Juggling dan juga Dribling

Juggling merupakan salah satu latihan dalam meningkatkan kemampuan mengotrol bola serta melatih fokus dan konsentrasi. Saat ini teknik juggling semakin variatif dan juga rumit. Kebanyakan pemain profesional memiliki skill juggling yang diatas rata-rata. Skill ini juga akan anda gunakan ketika ingin mengelabuhi lawan jika dikombinasikan dengan teknik dribbling yang baik. Selain itu, juggling juga merupakan seni dalam bermain sepak bola. Latihlah minimal 100 ketukan, jika anda sudah menguasainya anda bisa meningkatkanya kelevel yang lebih sulit.

8. Mengikuti sekolah sepak bola (SSB)

Untuk bisa memiliki kemampuan dalam bermain sepak bola, anda bisa melatih kemampuan anda setiap hari secara rutin. Namun, untuk menjadi seorang pemain profesional, anda harus bisa masuk dan membela kedalam klub sepak bola. Salah satu cara untuk memiliki klub sepak bola adalah dengan mengikuti SSB atau sekolah sepak bola. Meskipun mengikuti SSB bukanlah satu-satunya jalan untuk menjadi seorang pesepak bola profesional, namun dari sini anda sudah punya naungan ataupun payung untuk menuju menjadi seorang pemain profesional. SSB biasanya sudah memeiliki kurikulum dan strategi yang bisa anda pelajari dari pemain-pemain ataupun pelatih yang sudah berpengalaman. Dan dari sini anda juga akan membuka channel menuju jenjang kompetisi yang lebih tinggi.

Sponsors Link

9. Mengikuti Berbagai kompetisi

Untuk bisa mengikuti sebuah kompetisi, hal yang anda butuhkan adalah memiliki klub, dimana anda sudah terbiasa berlatih bersama. Dengan mengikuti kompetisi ada peluang untuk dilirik oleh klub-klub yang lebih tinggi, sehingga karir anda akan bisa terus meningkat. Selain itu mengikuti berbagai kompetisi juga bisa melatih mental dalam bermain sepak bola. Karena nantinya, anda akan ditonton oleh puluhan, ratusan bahkan jutaan pasang mata.

10. Mengikuti berbagai Seleksi Masuk Klub

Selain anda mengikuti kompetisi di berbagai kejuaraan dan kompetisi, langkah yang paling tepat adalah dengan mengikuti seleksi masuk sebuah klub sepak bola. Berbeda dengan klub-klub besar di eropa  yang memiliki tim pencari bakat khusus hingga ke pelosok-pelosok desa, Kebanyakan klub di Indonesia bersikap pasif dalam merekrut pemain, jadi pemainlah yang harus aktif dalam mencari informasi. Beberapa klub besar di Indonesia sudah memiliki SSB sendiri dan perekrutanya pun biasanya hanya pada lingkup SSB tersebut. Jika anda tidak mengikuti SSB giat-giatah dalam mencari informasi.

11. Bersikap Fairplay dan Menjaga Etika

Bermain sepak bola bukan hanya sekedar taktik dan skill, namun juga attitude dari seorang pemain juga merupakan hal yang perlu diperhatikan khususnya jika anda ingin menjadi seorang pemain sepak bola profesional. Dalam menjalani pertandingan sepak bola bersikap fairplay dan sportif merupakan salah satu hal yang sangat penting, hal ini juga berlaku pada olahraga lain. Dalam peraturan sepak bola, bermain Fairplay juga merupakan salah satu penentu kemenangan jika ada dau klub yang memiliki poin, goal, head to head yang sama.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 20th, July 2018 / 08:22 Oleh :
Kategori : Sepak Bola