Sponsors Link

Cara Cepat Belajar Berenang Sendiri – Ikuti 9 Langkah Berikut

Sponsors Link

Renang adalah salah satu olahraga yang sangat digemari. Sayangnya, tidak semua orang bisa berenang, lho. Belajar berenang tidak harus melalui les khusus dan membayar seorang guru untuk mengajari kita. Jika tahu bagaimana cara cepat belajar renang sendiri, kita bisa melakukannya dalam waktu yang singkat. Bagaimana caranya? Yuk kita cari tahu.

ads

1. Awali dengan Tekad dan Niat yang Kuat

Sebelum melakukan sesuatu, penting untuk membulatkan niat dan tekad. Dengan demikian, saat menemui kesulitan di tengah proses belajar, kita tidak akan mudah menyerah.

2. Cari Teman untuk Belajar Bersama

Agar lebih bersemangat, ajaklah teman untuk belajar berenang bersama. Akan lebih baik jika teman kita sudah ahli berenang. Ia pasti tahu cara berenang lebih cepat dan bisa membantu kita untuk pintar berenang.

3. Latihan Melompat di Dalam Air

Meski baru belajar, jangan memilih kolam yang terlalu dangkal. Tantang diri Anda dengan kolam yang sedikit dalam untuk berlatih melompat. Hal ini penting untuk mengakrabkan diri dengan air, terutama jika Anda termasuk fobia air dan enggan masuk ke kolam renang.

4. Belajar Berjalan di Dalam Kolam

Setelah melompat, cara cepat belajar berenang sendiri dapat dilakukan dengan berjalan di kolam. Tekniknya sama seperti berjalan di darat. Agar hasilnya maksimal, lakukan di kolam yang kedalamannya mencapai dagu hingga bahu Anda. Latihan ini membantu keseimbangan tubuh saat berada di dalam air.

5. Latihan Pernapasan

Teknik pernapasan adalah bagian penting saat berenang. Agar tidak kehabisan napas di dalam air, Anda harus melakukan latihan pernapasan. Caranya sangat mudah. Yaitu dengan menghirup napas panjang di udara, kemudian memasukkan seluruh badan ke kolam. Lepas udara di dalam mulut sedikit demi sedikit melalui hidung dan mulut. Jangan tergesa-gesa agar tidak kehabisan napas. Setelah udara habis, angkat kepala ke atas kolam dan ulangi lagi cara yang pertama.

6. Latihan Mengapung di Dalam Kolam

Salah satu cara agar tidak tenggelam saat berenang adalah dengan latihan mengapung. Hal ini bisa dilakukan dengan bantuan seorang teman. Latihan mengapung harus dilakukan sampai Anda benar-benar bisa dan tidak tenggelam. Jika sudah bisa mengapung, maka berenang akan menjadi semakin mudah.

7. Latihan Gerakan Meluncur

Tahap latihan meluncur dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Berdiri di dalam kolam dengan lengan rapat dan lurus ke atas.
  • Membungkuk ke arah depan sampai dada menyentuh air.
  • Gunakan satu kaki sebagai tolakan, lalu meluncurlah selama mungkin.
  • Ulangi hingga Anda menemukan keseimbangan.

8. Latihan Gerakan Dasar

Lakukan latihan untuk tubuh bagian atas perenang dengan cara menggerakkan tangan. Setelah menguasai teknik mengapung dan meluncur, gerakan dasar ini dapat digunakan sebagai persiapan sebelum Anda benar benar berenang. Lakukan hingga tubuh mulai terbiasa dan tidak kaku lagi.

9. Langsung Berenang

Setelah selesai berlatih, tunggu apalagi. Cobalah semua pelajaran yang telah didapatkan dengan langsung mempraktikannya. Saat berenang, jangan lupa untuk menggunakan peralatan renang seperti kacamata untuk mencegah air masuk ke dalam mata. Agar menemukan kacamata yang pas dan sesuai, ada cara memilih kacamata renang yang bisa dipelajari. Saat awal berenang, Anda mungkin akan kesulitan mengatur napas. Namun jangan menyerah karena seiring berjalannya waktu, Anda akan semakin ahli dalam mengatur napas.

Itulah langkah langkah yang bisa dilakukan sebagai cara cepat belajar berenang sendiri. Satu kuncinya adalah jangan takut kepada air. Asalkan punya kemauan yang kuat dan belajar dengan rutin, berenang pasti menjadi mudah.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Thursday 26th, July 2018 / 08:16 Oleh :
Kategori : Renang