Sponsors Link

13 Perlengkapan Basket Wanita yang Wajib Digunakan

Sponsors Link

Pemain basket perempuan tidak lengkap bila performa maksimalnya tidak di dukung oleh perlengkapan basket yang ia gunakan tidak lengkap. Pemain basket sebaiknya memperhatikan alat atau perlengkapan yang ia butuhkan untuk menunjung penampilanya. Sama halnya dengan seorang musisi atau pemain bola yang selalu menjaga style nya dan musisi yang selalu menjaga alat musiknya, pemain basket pun juga harus memberikan perhatian yang lebih kepada peralatan yang sedang ia gunakan selain teknik permainan bola basket. Pemain basket juga harus menjaga dan memberikan perhatian pada peralatan yang ia gunakan, sikap professional tidak memandang tingkat kemampuan ataupun kompetisis yang di ikuti. Nah hal ini berlaku dari tingkatan pemain baru yang baru mulai belajar basket. Sampai dengan pemain tim nasional sekalipun.

ads

Ketika pemain menjaga dan merawat pakaian  yang ia gunakan maka peralatan tersebut dapat membantu pemain untuk tampil lebih maksimal dan tentunya menghindari salah satu dari macam-macam cidera olahraga.

Pada umumnya kami menganjurkan setiap pemain untuk mempunyai tas khusus untuk menyumpan peralatan basket yang ia gunakan. Meskipun secara umum setiap pemain sendri mempunyai spesifikasi yang berbeda. Nah akan tetapi ada beberapa perlatan yang bersifat universal. Berikut ini merupakan daftar peralatan yang kami sarankan untuk seorang pemain basket perempuan yang rutin lebih dari 1x seminggu dalam bermain ataupun berlatih.

perlengkapan basket wanita :

  1. Tas olahraga yang berukuran besar, agar dapat menyimpan peralatan.
  2. Sepatu basket sesuai dengan standar yang di inginkan dan kenyamanan pengguna
  3. Kaos kaki, anda dapat menyediakan kaos kaki minimal 3 buah.
  4. Mouth piece ini sebenarnya tidak umum jika di Indonesia akan tetapi wajib di gunakan di luar negri
  5. Baju dan celana latiha, anda dapat menyediakan 3 buah jguga
  6. Jersey atau seragam team
  7. Jaket dan celana trainin minimal juga menyediakan 3 pasang
  8. Brace atau peralatan pelindung sesuai yang di perlukan.
  9. Taping “sesuai keperluan”
  10. Obat – obatan pribadi
  11. Kotak p3K
  12. Botol minum
  13. Pakaian dalam yang sesuai unutk olahraga
  14. Bola basket pribadi
  15. Tali buat skipping

Banyak juga yang mengatakan bahsa peralatan di atas merupakan terlalu banyak dan tidak semuanya berguna. Pada dasarnya setiap alat atau item di atas mempunyai peranan dan kegunaan sendiri. Dengan kita menyiapkan secara maksimal dan lengkap dapat memberikan hasil yang maksimal. Contoh beberapa kegunaan dari peralatan di atas :

1. Sepatu basket

Sepatu basket merupakan peralatan yang penting dimiliki oleh pemain basket. Nah maka dari itu setap pemain basket tidak boleh meminjamkan sepatu keapada orang lain, dan juga pemain basket tidak boleh menggunakan sepatu basket saat kegiatan sehari hari. Hal ini di karenakan bahwa sepatu basket dapat berubah struktur pijakanya. Selain itu jika sering di pinjam kan akan lebih cepat rusak karna akan lebih sering di pakai.

Sponsors Link

2. Kaos kaki

Kaos kaki merupakan peralatan yang sangat penting, karena berperan sebagi penghubung antara kaki anda dengan sepatu anda. Kaos kaki juga merupakan salah satu perlengkapan yang sangat penting gunakan untuk pemain basket, bahkan pemain sepak bola dengan bayaran transfer termahal juga pasti menggunakannya. Kaos kaki bertujuan untuk mengurangi gesekan kaki anda dengan sepatu dan juga membantu menyerap keringan dalam sepatu anda. Karena bola basket juga merupakan salah satu olahraga yang menggunakan feeling dan juga merasakan keadaan badan, maka juga sangat penting untuk selalu mempertahankan feeling yang sama setiap berlatih atau bermain basket. Kaos kaki juga dapat memberikan feeling nyaman pada kaki.

Kos kaki juga tidak boleh di pinjamkan kepada orang lain, karna ketika kaki orang yang anda pinjamkan lebih besar daripada kaki anda maka kaos kaki anda dapat merenggang atau melar, dan sudah tidak dapat di pakai dan akan menghilangkan rasa nyamanya.

3. Mouth piece

Pada dasarnya perlengkapan ini tidak wajib di gunakan di Indonesia akan tetapi wajib di gunakan oleh pemain di luar negri. Basket merupakan olahraga yang dinamis, sehingga kadang akan terjadi benturan baik itu keras ataupun tidak. Mulut merupakan salah satu bagian yang mudah terkena benturan baik benturan yang di sengaja ataupun tidak di sengaja padahal mulut di penuhi oleh syaraf, pembuluh darah dan jaringan lunak yang mudah terluka. Nah maka dari itu diperlukanya mouth guard untuk mencegah terjadinya luka pada mulut, memang peraturan di Indonesia tidak di wajibkan akan tetapi alangkah lebih baiknya jika anda menggunakanya agar aman.

4. Pakaian dalam yang sesuai untuk olahraga

Ini merupakan salah satu aspek yang jarang di perhatikan oleh pemain basket khususnya perempuan. Selain masalah keamanan akan tetapi pakaian dalam yang kusus olahraga akan memberikan kenyamanan dan support tambahan untuk beberbagai jaringan tubuh yang sensitive atau penting. Support, stabilitas, dan regulasi suhu meruapak hal – hal yang sangat penting dan sangat di pengaruhi oleh pakaian yang di gunakan pada saat tubuh sedang aktif. Nah maka dari itu jangan sepelekan kelengkapan yang satu ini, karna jika di gunakan dengan benar akan memberikan kenyamanan.

Memahami fungsi peralatan :

Pada dasarnya fungsi perlatan merupakan untuk memaksimalkan performa pemain. Hal ini dapat di capat melalui berbagai cara yang berbeda. Misalnya dengan memberikan support pada jaringan tubuh dapat membantu mengatur suhu tubuh, membantu menopang bagian yang cidera dan yang lainya. Setiap jenis peralatan mempunyai peranan penting sendiri – sendri, maka dari itu anda harus melengkapinya.

Sponsors Link

cara paling simple yang sering digunakan untuk menjelaskan fungsi perlengkapan kepada semua pemain adalah dengan menyuruh pemain membayangkan dirinya sebagai pusat dari sebuah system. Nah dimana semua peralatan yang di gunakan oleh pemain merupakan bagian – bagian pendukung dari system tersebut. Setiap bagian system tersebut mempunyai peranan yang penting.

Nah semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda untuk melengkapi dan memahami perlengkapan yang perlu di punyai dan di gunakan dalam permainan bola basket. Saat anda masih kurang paham anda juga dapat menanyakanya kepada atlet basket secara langsung atau menonton pertandingan basket international dan perhatikan perlengkapan apa yang di pakai saat dia sedang bertanding lalu anda dapat menirunya sesuai dengan kebutuhan anda.

Anda juga dapat bertanya kepada pelatih anda , menanyakan apa saja yang benar – benar di perlukan untuk bermain bola basket baik dari segi keamanan, kenyamanan, dan yang lainya. Semoga dapat bermanfaat info yang kami berikan ini kepada anda, dan dapat menambah wawasan anda baik anda sebagai pelatih ataupun pemain bola basket karena anda juga harus tahu kesalahan dalam bola basket .

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 16th, August 2018 / 02:34 Oleh :
Kategori : Basket