Inilah 4 Unsur Unsur Senam Aerobik Yang Wajib Diketahui

Setelah beberapa kesempatan sebelumnya telah kami ulas mengenai alat yang digunakan untuk lompat harimau dan juga teknik lompat kangkang, maka kali ini akan kami berikan penjelasan mengenai unsur-unsur senam aerobik yang penting untuk anda pahami sebelum anda mulai memutuskan untuk menggeluti atau menekuni olahraga senam yang satu ini.

Sebenarnya senam aerobik merupakan latihan yang memanfaatkan ritme atau irama musik sehingga mampu melakukan gerakan yang teratur. Tentu saja hal ini menjadikan senam aerobik memiliki teknik yang tidak jauh berbeda dengan teknik senam irama yang sudah kita bahas sebelumnya.

Kedua jenis senam ini akan memberikan banyak manfaatkan bagi siapapun yang melakukannya sehingga anda jangan heran jika orang, terutama wanita yang sering menggeluti senam aerobik, maka ia akan memiliki tubuh yang sehat dan seksi.

Lantas apa saja unsur-unsur senam aerobik? Untuk menjawab hal tersbeut maka kami sarankan agar anda benar-benar menyimak ulasan yang akan kami berikan berikut ini.

1. Ketahanan jantung

Salah satu unsur terpenting yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin belajar atau menggeluti senam aerobik adalah ia harus memiliki ketehanan jantung. Ketahanan jantung memang sangat diperlukan karena seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwasanya senam yang satu ini memanfaatkan musik untuk melakukan gerakan yang teratur.

Jika kebetulan musiknya cepat, maka orang tersebut harus melakukan gerakan yang cepat pula. Ketika orang tersebut tidak memiliki ketahanan jantung, maka ia akan mudah lelah dan bahkan tidak ingin melanjutkan olahraga yang satu ini. Untuk meningkatkan ketahanan jantung anda, anda bisa melakukannya dengan sering-sering berlari atau jogging.

Anda juga bisa melakukan lari di tempat jika misalnya anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga di luar, namun sebelum itu anda harus paham mengenai bagaimana cara lari di tempat yang benar agar bisa memberikan hasil yang positif untuk berlatih ketahanan jantung.

2. Ketahanan otot

Selain dituntut memiliki ketahanan jantung, seorang pesenam aerobik juga dituntut harus memiliki ketahanan otot yang baik. Sebenarnya hal ini juga tidak jauh berbeda dengan penjelasan sebelumnya dimana seseorang yang ingin belajar atau menggeluti senam aerobik harus punya ketahanan otot.

Alasannya adalah karena memang ada beberapa gerakan dari senam aerobik yang menuntut seseorang untuk mengandalkan ketahanan ototnya. Bagi anda yang merasa saat ini ketahanan otot anda masih lemah, anda jangan khawatir karena anda masih bisa melakukan beberapa gerakan dasar atau pelan yang biasanya dilakukan oleh pemula yang ingin belajar perihal senam aerobik.

Namun bagi anda yang ingin belajar ke tingkat yang lebih lanjut, maka kami sarankan agar anda melakukan beberapa latihan fisik seperti yang sudah ada pada latihan fisik bola voli dan kemudian anda benar-benar akan dikenal sebagai sosok pesenam yang memiliki ketahanan otot yang kuat.

3. Kelenturan tubuh

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa setiap senam dengan berbagai nama atau jenis apapun akan menuntut pesenam tersebut akan memiliki tubuh yang lentur. Alasannya adalah karena memang ada beberapa gerakan senam yang dilakukan dengan cara yang lumayan sulit dan harus bertahan dalam posisi tersebut dalam waktu yang tidak bisa dikatakan sebentar. 


Sama halnya dengan penjelasan nomor dua, bagi anda yang saat ini merasa bahwa tingkat kelenturan tubuh anda masih rendah, maka kami sarankan agar anda melakukan gerakan-gerakan dasar pada senam aerobik sambil mematangkan tubuh anda.

Anda jangan khawatir karena seseorang yang belajar senam aerobik lama kelamaan juga akan memiliki tubuh yang lentur sehingga ia akan bisa melakukan beberapa gerakan sulit yang memang harus dikuasai oleh anda yang ingin belajar senam aerobik.

4. Frekuensi latihan

Salah satu unsur senam aerobik yang jugat tidak boleh diabaikan adalah mengenai frekuensi latihan. Perlu anda tahu bahwa seseorang yang sering melakukan senam aerobik meskipun awlanya ia tidak bisa melakukan beberapa gerakan karena misalnya belum memiliki tubuh yang lentur, maka ia lama kelamaan akan bisa melakukannya.

Frekuensi latihan juga akan berpengaruh terhadap seseorang yang awalnya sudah bisa melakukan beberapa gerakan yang bisa dikatakan memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, namun karena ia jarang berlatih, maka akan membuat atau mengakibatkan orang tersebut mengalami kesulitan untuk melakukan gerakan tersebut.

Oleh sebab itu, frekuensi latihan memang sangat diperlukan agar supaya anda benar-benar tetap terjaga kualitasnya sehingga tubuh anda pun juga akan tetap sehat karena tidak jarang orang yang jarang latihan senam aerobik akan memiliki bentuk tubuh yang kurang “kencang” sebagaimana yang ia dapatkan sebelumnya ketika sering melakukan senam aerobik.

Itulah penjelasan yang bisa kami berikan untuk anda mengenai apa saja unsur-unsur senam aerobik. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.