Sponsors Link

8 Sarana Dan Prasarana Lompat Jangkit yang Wajib Ada !

Sponsors Link

Setelah beberapa waktu yang lalu kita sudah membahas mengenai apa saja hal-hal yang menjadi perbedaan lompat jauh dan lompat jungkit serta mengenai macam-macam lompat jauh, maka berikut ini anda juga harus mengetahui bahwasanya ada beberapa saran dan prasarana lompat jangkit yang harus dipersiapkan sebelum anda ingin melakukan olahraga tersebut.

ads

Lompat jangkit merupakan salah satu cabang olahraga lompat yang yang sering dilombakan diajang perlombaan bergengsi baik yang sifatnya nasional maupun juga yang sifatnya internasional. Meskipun memang olahraga yang satu ini tidak seterkenal lompat jauh, namun tidak sedikit atlet lompat jangkit yang telah banyak mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Ada beberapa teknik dasar lompat jangkit yang harus dikuasai setiap atlet jika mereka ingin menjadi seseorang yang mampu mengharumkan nama bangsa Indonesia. Selain itu, anda juga harus menyiapkan sarana dan prasana lompat jangkit karena kedua hal inilah yang akan semakin membantu anda di dalam meningkatkan skill atau kemampuan anda.

Maka dari itu, berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai apa saja sarana dan prasarana lompat jangkit yang nantinya harus anda siapkan sebelum anda memulai olahraga tersebut.

1. Lapangan lompat jangkit

Salah satu peralatan lompa jangkit dan memang sifatnya paling dasar adalah anda harus menyiapkan lapangan lompat jangkit itu sendiri. Perlu anda tahu bahwa lapangan yang nantinya akan digunakan terdiri dari 2 bagian yakni landing pit dan juga runway. Adapun standar internasional yang telah ditentukan untuk landing pit yakni 2,75 meter dengan panjang yang mencapai 7 sampai dengan 9 meter.

Sementara untuk fungsi dari landing pit adalah sebagai tumpuan awal bagi para atlet lompat jangkit sebelum mereka akan melakukan lompatan. Dan untuk runway atau yang juga disebut dengan bak pasir, ia memiliki ukuran yang mencapai 40 meter dengan jarak kurang lebih mencapai 10 cm yang dibuat dari permukaan tanah untuk digunakan sebagai papan indikator.

2. Peluit

Peluit juga merupakan salah satu hal yang harus disiapkan sebelum anda memulai atau melakukan olahraga ini, namun tentu saja peluit nantinya merupakan barang atau saranan atau peralatan yang harus disiapkan oleh wasit. Fungsi dari peluit adalah digunakan untuk memberikan aba-aba kepada para atlet agar mereka segera berlari. Selain itu, peluit juga akan digunakan sebagai tanda bahwa pertandingan telah selsai, yakni pada saat atlet sudah mendarat di bak pasir alias runway.

3. Pengeras suara

Apakah anda pernah berpikir bahwasanya pengeras suara termasuk salah satu sarana dan prasarana lompat jangkit? Alasan mengapa pengeras suara harus disiapkan adalah karena olahraga yang satu ini termasuk salah satu olahraga yang cepat dimana penonton hanya bisa menyaksikannya dari jarak yang lumayan jauh.

Tujuan dari menggunakan pengeras suara agar supaya juri atau para petugas tidak mengalami kesulitan ketika sudah waktunya untuk mengumumkan hasil pertandingan lompat jangkit dimana nanti juri atau petugas akan mengumumkan siapa yang menjadi pemenang serta berapa jarak atau seberapa jauh lompatan yang dilakukan.

4. Alat pengukur

Alat pengukur juga menjadi salah satu bagian penting yang harus dipersiapkan sebelum anda memulai olahraga lompat jangkit.  Adapun tujuan dari penggunaan alat pengukur kami yakin anda sudah paham karena memang dijaman dahulu digunakan untuk mengukur seberapa jauh lompatan yang dilakukan oleh atlet lompat atau peserta lompat jangkit.

Namun di era yang serba canggih ini, alat pengukur lompat jangkit sudah jauh mengalami kemajuan dimana peserta lompat jangkit akan langsung diketahui jarak lompatan yang ia hasilkan sesaat ketika ia sudah mendarat pada arena yang memang dipersiapkan untuk melakukan pendaratan.

5. Kamera

Fungsi dari penyediaan kamera adalah digunakan untuk merekam semua gerakan yang dilakukan oleh para atlet lompat jangkit, mulai dari ketika mereka melakukan pemanasan sampai dengan ketika mereka melakukan pendaratan. 

Sponsors Link

6. Barometer

Apakah anda tahu apa fungsi dari barometer yang digunakan di dalam olahraga lompat jangkit? Tentu alat ini nantinya digunakan untuk mengukur seberapa jauh lompatan yang dilakukan oleh atlet yang bersangkutan dengan dibandingkan dengan kecepatan angin sehingga nanti pihak juri akan mengumumkan siapa pemenang dari lompat jangkit.

7. Alat perata pasir

Sama halnya dengan alat yang harus disiapkan ketika melakukan lompat jauh, alat perata pasir juga diperlukan untuk meratakan pasir tempat mendarat para atlet lompat jangkit. Ketika pasir sering digunakan untuk mendarat, maka lama kelamaan pasir tersebut tidak rata sehingga panitia membutuhkan sebuah alat perata pasir untuk meratakannya kembali sehingga ketika digunakan sebagai tempat pendaratan tidak sampai mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Bendera

Bendera juga masuk kedalam salah satu sarana dan prasarana lompat jangkit yang nantinya akan dipegang oleh juri atau wasit yang akan digunakan sebagai pemberi aba-aba ketika atlet memulai perlombaan dan ketika atlet tersebut sudah melakukan pendaratan.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 26th, October 2018 / 09:56 Oleh :
Kategori : Atletik