Sponsors Link

3 Teknik Lemparan Atas Dalam Permainan Softball dengan Benar

Sponsors Link

Pada beberapa waktu yang lalu kita sudah membahas mengenai apa saja teknik dasar softball, maka kali ini kami akan menjelaskan mengenai seperti apa teknik lemparan atas dalam permainan softball. Sekedar informasi bahwasanya softball merupakan sebuah olahraga yang populer di Amerika Serikat dimana olahraga ini terdiri dari dua regi dan masing-masing dari regu tersebut berisi 9 orang dan sisanya merupakan pemain cadangan.

ads

Ketika salah satu dari kedua tim mendapatkan kesempatan untuk memukul bola, maka tim satunya harus mengutus satu pemain yang nantinya akan bertugas untuk melemparkan bola. Pada permainan softball, awal permainan nantinya akan dimulai dengan kata Play Ball yang akan diucapkan oleh wasit. Pada saat melakukan lemparan, pemain yang bertugas memukul bola harus benar-benar mengeluarkan tenaganya agar dapat memukul bola sekuat tenaga dan sejauh mungkin.

Begitu sebaliknya, seorang pemain yang memiliki kesempatan untuk melemparkan bola, maka yang harus ia lakukan adalah bagaimana cara agar ia mampu melemparkan bola sekeras-kerasnya agar supaya pemain yang bertugas memukul bola tidak bisa memukul bola yang dilemparkan tersebut. Maka dari itulah, seorang pemain softball harus memiliki skill yang mempuni agar ia bisa melemparkan atau memukul bola dengan tepat meskipun bola yang dilemparkan memiliki kecepatan yang tinggi.

Seorang pemain softball harus mematuhi aturan permainan softball dan juga teknik dasar softball agar ia bisa menjadi seorang pemain yang handal yang tentunya akan membuat timnya meraih sebuah kejuraan. Salah satu teknik yang harus dipelajari adalah teknik lemparan atas. Namun sebenarnya ada tiga teknik utama yang harus dikuasai oleh pemain softball selain lemparan atas yakni teknik lemparan samping atau yang juga disebut dengan Sidehand Throw, dan juga teknik lemparan bawah yang juga biasanya disebut dengan Underhand Throw.

Teknik lemparan atas atau yang juga dikenal dengan Overhand Throw merupakan sebuah teknik yang mana pemain harus melakukan gerakan ayunan lengan kanan ke arah atas sampai nantinya melewati garis horizontal pada persendian bahu.

Teknik ini meskipun kelihatannya mudah dikuasai, namun ketika anda melakukannya atau mempraktekannya secara sungguhan, maka anda harus berlatih beberapa kali baru anda bisa benar-benar menguasai teknik tersebut. Maka dari itulah kami akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai bagaimana teknik lemparan atas dalam permainan softball yang harus anda kuasai sebelum nantinya anda ikut bertanding di kejuaraan profesional.

1. Berdiri dengan sikap siap melangkah maju

Langkah awal yang harus anda lakukan ketika ingin melakukan lemparan atas pada permainan softball adalah anda harus berdiri dengan sikap tegap. Sikap ini harus menunjukkan seolah-olah anda akan siap melangkah maju. Gerakan ini kemudian akan dilanjutkan dengan menarik tangan ke arah belakang.

Tujuan dari menarik tangan ke arah belakang adalah agar bola yang nantinya pelempar memiliki kekuatan yang lebih besar ketika melempar bola. Dan jangan lupa bahwasanya pandangan harus lurus ke sasaran agar supaya bola yang anda lemparkan bisa tepat ke sasaran.

Sekilas memang langkah ini mudah dilakukan, namun ketika anda melakukannya sungguhan dan belum terbiasa maka tentu anda membutuhkan waktu beberapa kali sebelum nantinya anda bisa menguasai teknik yang satu ini.

2. Lempar bola ke arah depan

Setelah anda melakukan cara atau teknik lemparan atas dalam permainan softball yang kami jelaskan sebelumnya, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan melemparkan bola ke arah depan. Pada teknik ini, anda jangan sampai kehilangan fokus karena pandangan anda harus lurus ke depan, yakni menuju ke sasaran agar supaya lemparan anda bisa benar-benar tepat sasaran.

Lemparan ini harus anda lakukan bersamaan dengan gerakan kaki dan tangan. Kemudian anda juga harus ingat bahwa pada tahap ini berat badan anda akan berpindah tumpuan yakni pada kaki depan. Selian itu, badan anda harus lebih dicondongkan ke belakang agar supaya lemparan yang anda lakukan bisa berjalan maksimal.

Sponsors Link

3. Kaki belakang maju ke depan

Langkah terakhir adalah langkah yang harus anda lakukan ketika anda selesai melemparkan bola ke sasaran. Ketika anda sudah selesai melempar bola, maka langkah kaki belakang harus maju kembali ke depan. Pada tahap atau langkah ini, badan anda yang semula agak condong ke belakang, harus bertumpu kembali pada kaki bagian depan.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai seperti apa teknik lemparan atas pada permainan softball. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat bermanfaat. Kami juga menyarankan anda mendapatkan informasi lainnya yang lebih lengkap mengenai teknik-teknik dalam permainan softball yakni seperti yang telah dijelaskan pada teknik atau cara melempar bola softball.

Sponsors Link
,
Post Date: Friday 26th, October 2018 / 09:51 Oleh :
Kategori : Softball