16 Aturan Permainan Softball yang Benar Terlengkap

Softball atau sofbol merupakan sebuah jenis olahraga yang beregu di mana pada olahraga ini terdiri dari 2 tim. George Hancocklah yang menjadi pencipta dari permainan softball di tahun 1887 di kota Chicago tepatnya. Belum banyak yang tahu juga bahwa softball ini adalah hasil perkembangan dari olahraga sejenis, yakni hardball atau kita juga bisa sebut dengan bisbol.

Sama seperti jenis olahraga yang lain, ada aturan permainan softball yang perlu diketahui dan ditaati oleh setiap atlet yang turut berpartisipasi atau bermain di dalam pertandingan. Sama halnya dengan peraturan permainan sepak bola maupun pada peraturan permainan bola basket dan lainnya, aturan dalam softball dibuat untuk menghindari kecurangan. Berikut ini aturan-aturan yang bisa diintip.

Baca juga:

  1. Lapangan

Seperti halnya lapangan bola basket dan sepak bola dan lapangan olahraga lainnya, untuk olahraga softball sendiri pun memiliki ukurannya sendiri di mana lapangan ini bentuknya bujur sangkar. Ukuran yang benar dan dianggap sah adalah sebagai berikut.

  • 16,76 meter adalah untuk panjang sisi lapangan.
  • 13,07 meter adalah untuk jarak dari home base ke tempat pelempar atau yang dikenal dengan istilah pitcher’s plate.
  • Garis batas adalah nama atau istilah untuk perpanjangan base dari base I, II, dan III dan garis batas itulah yang menjadi penentu apakah jatuhnya bola ada di luar atau dalam garis batas.
  • 60 x 15 cm merupakan ukuran tepat dan resmi untuk tempat pelambung pitcher.
  • Pada sebuah lapangan softball, akan ada 3 tempat hinggap pemain atau yang diistilahkan dengan sebutan base, yakni base I, II, dan III. Home base sendiri merupakan sebuah tempat pemain yang memukul bola.
  • Ketebalan untuk base yang berbentuk bantal adalah 5 hingga 12,5 cm dan sisinya 38 x 38 cm, kecuali home plate yang ukurannya adalah 43 x 22 cm dengan 30 cm sebagai ukuran sisi puncaknya.
  • Lapangan softball pun dikenal dengan lapangan dengan bentuk bujur sangkar di mana sudah menjadi hal paten.
  • Pada setiap base, akan ada penomoran yang diberikan secara berlawanan dengan arah jarum jam. Hal tersebut dimulai dari home plate, marka pertama, lalu ke marka kedua dan terakhir ada pada marka ketiga.
  1. Jumlah Pemain

Permainan softball merupakan sebuah jenis olahraga yang dalam setiap regunya memiliki 9 orang pemain. Ada seorang kapten regu yang bertugas sebagai pemimpin regu tersebut.

  1. Posisi Pemain

Untuk posisi atau susunan pemain dalam olahraga softball, berikut ini adalah informasinya yang bisa disimak:

  • Pitcher 1 orang.
  • Catcher 2 orang.
  • Base man 3, 4, 5.
  • Shortstop 6.
  • Short fielder.
  • Left fielder 7, 8, 9.
  • Middle fielder.
  • Right fielder.

Baca juga:

  1. Peralatan/Perlengkapan

Pada sebuah pertandingan softball, bola adalah bintang utamanya di mana bola tersebut berwarna kuning namun disertai juga dengan benang grip berwarna merah di mana sebelum ini warnaya adalah putih disertai grip putih. Selain bola berikut ini adalah sejumlah peralatan lainnya yang diperlukan dalam pertandingan softball dan dianggap sebagai barang wajib untuk tiap tim saat bertanding resmi:

  • Tongkat pemukul atau bat. Ada bat khusus yang memang digunakan ketika pertandingan resmi softball diselenggarakan. Untuk ketentuan karakteristik dan pemakaian bat dalam pertandingan diatur oleh Federasi Softball Internasional.
  • Sarung tangan atau glove. Seluruh pemain bertahan perlu dan wajib menggunakan sarung tangan ketika menangkap bola.
  • Sarung tanpa jari atau mitt. Glove pada dasarnya mempunyai jari, namun untuk mitt tidak memilikinya. Dan untuk mitt ini perlu dikenakan oleh first baseman serta penangkap bola.
  • Helm pemukul bola. Setiap pemain perlu memakai helm ini demi memberikan perlindungan terhadap kepala seorang pemukul bola dari datangnya bola yang secara cepat dan keras.
  • Pakaian pelindung atau protective gear. Ini digunakan biasanya oleh seorang penangkap bola.
  • Sepatu pool atau cleats.
  • Setiap pemain wajib hukumnya mengenakan baju, topi, serta celana dengan warna dasar yang sama alias seragam. Dan diketahui pula, semakin ketat peraturan seragam bila semakin tinggi tingkat pertandingan yang hendak dimainkan.
  1. Lama Pertandingan

Setiap pertandingan softball juga memiliki aturan tentang lama waktu pertandingan. Dan untuk lamanya pertandingan softball, penentuannya adalah berdasarkan inning di mana ada 7 inning. 1 inning artinya adalah tiap regu akan bermain 1 kali menjadi regu penjaga dan juga kesempatan 1 kali giliran memukul.

  1. Wasit

Softball dalam permainan dan pertandingannya juga memiliki beberapa orang yang bertugas sebagai wasit dan jumlah wasit dalam olahraga softball adalah 4 base umpire. Wasit kepala berjumlah 1 orang, sementara 3 orang lainnya bertugas atau berposisi sebagai base umpire di mana kedua peran tersebut memiliki posisi masing-masing.

Untuk wasit kepala ada tempat dan posisinya sendiri, yakni di belakang catcher dan tugas base umpire yang tugasnya ada di lapangan sebagai penentu matinya pemain pemukul yang ada pada tiap base. Kedua peran wasit akan sangat penting dalam mendukung jalannya permainan atau pertandingan softball yang adil dan terhindar dari kecurangan.

Baca juga:

  1. Perolehan Nilai

Ada beberapa peraturan dalam memperoleh nilai atau skor, seperti:

  • Nilai 1 diberikan kepada tiap pelari yang memukul dengan baik dan bisa kembali ke basenya dengan selamat.
  • Tiap pemain yang berlari menuju base harus menginjak base dan tak boleh hanya melaluinya; jalau dilewati bisa ditick.
  • Apabila bola ada yang ditangkap dari hasil pukulan, pemukulnya akan dinyatakan mati dan para pelari harus langsung kembali masing-masing ke base secara cepat supaya penjaga tak membakarnya.
  • Pelari dapat dimatikan bagi yang kembali dan yang telah dimatikan tak bisa dan tak boleh lagi melanjutkan perjalanan.
  • Nilai 6 dihadiahkan bagi pemukul yang kemudian bisa kembali selamat ke home base, dan nilai 1 akan diberikan juga pada tiap base lawannya.
  1. Cara Bermain
  • Ada 3 kali kesempatan memukul untuk setiap pemain dengan ketentuan bila pukulan pertama serta kedua strike, maka si pemukul harus berlari segera.
  • Ada nomor urut yang sudah ditentukan sebelum permainan dan nomor tersebutlah yang menentukan urutan pemukul.
  • Pemukul kedua tak boleh melalui pemukul yang pertama, dan pemukul ketiga tak boleh melalui pemukul kedua, begitu seterusnya.
  • Satu orang pemain saja yang boleh mengisi setiap base.
  • Gerakan bebas diadakan kecuali ketika pitcher telah siap melempar bola mengarah ke si pemukul.
  • Pelari tak boleh menghindar dengan berlari ke luar atau ke dalam melebihi batas saat ditick.
  1. Strike

Pada permainan softball, perhitungan strike adalah ketika saat dipukul, bola tak kena atau kena; lemparan yang dilakukan baik meski bola tak dipukul; serta bola yang dipukul meleset keluar, jika pukulan meleset membuat bola melambung dan ditangkap oleh penjaga, otomatis pemukul dimatikan.

  1. Lari Bebas

Pemberian lari bebas diberikan jika pitcher melemparkan bola secara salah 4 kali, pemukul ketika berlari menuju base dihalangi, dan juga saat seluruh base terisi namun pemukul 4 kali tak memukul disebabkan pitcher salah melempar bola terus-menerus.

  1. Pembantu

Ada 2 orang pembantu untuk masing-masing regu dengan pakaian seragam yang sama dengan regu tersebut. Tugas utama pembantu tersebut adalah memberikan petunjuk pada pemukul beserta pelari base. Ada posisi tersendiri untuk mereka, satu di sebelah kanan dan satu di sebelah kiri.

Baca juga:

  1. Tukar Tempat dan Mematikan

Ditick adalah cara mematikan, yaitu sebelum pelari sudah sampai di base. Ketika men-tick, bola tak boleh dilepaskan atau lepas dari tangan si pemain yang men-tick. Namun pada waktu kondisi berlari, cukup pemain membakar base (sambil memegang bola, injak base yang pelari tuju). Tukar tempat dilakukan sesudah 3 kali mati.

  1. Aturan Mati

Pemain pemukul yang telah mati tak boleh memukul bola 3 kali serta ketika catcher bisa menangkap bola yang pitcher lempar sebelum jatuhnya bola, pemain pemukul pun dimatikan. Fly ball/catch ball adalah ketika regu penjaga bisa menangkap bola yang dipukul sebelum bola mengenai tanah. Fly out terjadi maka pelari tak lagi bisa lanjut lari ke base berikutnya karena jika terus berlari akan dinyatakan out. Tidak menginjak base, pemain pemukul juga bisa ditick.

  1. Pelanggaran

Ketika pitcher telah siap melempar dan melakukan touch ball, pitcher tak dapat melepas apalagi melakukan gerakan lain kecuali langsung melakukan lemparan ke catcher. Dalam pitching, gerakannya tak boleh berulang, dan bila ada hal demikian, wasit yang akan memberi peringatan dan hukuman akan diberikan jika terjadi kembali. Bagi pemain lawan, hukuman bisa berupa freewalk. Lemparan pitcher yang mengenai tubuh pemukul akan membuat pemukul dinyatakan freewalk.

  1. Pergantian Pemain

Setiap regu bisa melakukan pergantian pemain kapanpun dengan membuat laporan kepada umpire atau home atau wasit berikut juga kepada scorer. Intinya, laporan harus kepada wasit yang tugasnya sebagai pemimpin pertandingan.

  1. Aturan Lain
  • Jika hasil sama atau seri ketika pertandingan berakhir atau setelah 7 inning, pertandingan akan dilanjutkan dengan adanya pertambahan inning.
  • Bila ada tim yang tidak bersedia bermain di waktu yang sudah ditentukan dalam pertandingan, pernyataan kalah akan diumumkan bagi tim tersebut dengan nilai 0-15.
  • Hanya ada satu kali timeout pada tiap tim yang bertanding untuk tiap inning selama 1 menit.

Baca juga:

Demikian sedikit ulasan mengenai aturan permainan softball yang penting untuk diketahui. Tak hanya pemahaman yang baik akan aturan yang sudah ada, kunci dari keberhasilan sebuah tim tentunya adalah kekompakan.