10 Teknik Sepak Takraw Dasar beserta Gambarnya

Sepak takraw merupakan suatu jenis olahraga kombinasi dari bola voli dan sepak bola yang permainannya dilakukan di lapangan ganda bulu tangkis. Asal permainan ini sudah sejak dari zaman Kesultanan Melayu di mana dalam bahasa Melayu, olahraga ini dikenal dengan istilah sepak raga. Di sejumlah negara, sepak takraw pun dimainkan dengan istilah yang berbeda.

Di Thailand, sebutan untuk olahraga ini adalah takraw, di Laos istilahnya adalah maradong, sementara di Filipina disebut sipa dan di Burma memiliki sebutan chinlone. Bola yang dipakai terbuat dari anyaman rotan dan para pemainnya perlu berdiri dan menciptakan bentuk lingkaran. Lalu bagaimanakah teknik sepak takraw sendiri? Apakah sama seperti pada peraturan permainan bola voli dan juga teknik permainan sepak bola?

Baca juga:

  1. Sepak Kura/Kuda

Sepak Kura/KudaSepak kuda atau kura merupakan teknik dasar pada sepak takraw di mana punggung kaki adalah bagian yang perlu kita gunakan. Fungsi dari teknik ini juga adalah sebagai pengembali bola dari serangan lawan. Penggunaan sepakan ini adalah supaya kita bisa mengambil bola di posisi yang rendah.

  • Bersama dengan kawan-kawan setim bisa membuat baris dengan posisi saling berhadapan dan pastikan bola pun cukup.
  • Untuk barisan satu, tugasnya adalah membawa bola dan kemudian memberikannya kepada teman dengan cara melempar ke kawan setim yang hendak menendang bola.
  • Teman tersebut kemudian perlu memberi umpan dengan memakai sepak sila di mana harus diterima oleh pasangannya sambil menggunakan teknik sepak kura atau kuda.
  • Sesudah berlatih dengan teman, hal ini perlu dilatih secara terus-menerus dan berulang kali, namun pastikan supaya bola tak jatuh ke lantai.
  1. Sepak Sila

Sepak SilaSepak sila merupakan sebuah teknik dasar pada sepak takraw juga yang tujuan utamanya adalah untuk menyepak bola takraw. Dalam teknik ini, sepakan dilakukan dengan menggunakan kaki pemain bagian dalam. Sepak sila ini merupakan sebuah teknik dengan fungsi menerima maupun menendang bola takraw selama permainan berlangsung. Bahkan dalam latihan atau praktik sepak kura/kuda, sepak sila pun tak ketinggalan ikut digunakan.

Sepak sila ini juga diketahui menjadi teknik yang berfungsi untuk mengumpan bola takraw kepada teman setim. Bahkan teknik dasar ini juga perlu dikuasai oleh setiap pemain agar mampu melakukan serangan balik setelah lawan menyerang. Latihan teknik dasar ini perlu dilakukan supaya seluruh tujuan dan fungsi tersebut dapat terealisasikan.

  • Ambil posisi berdiri menggunakan satu kaki sementara kaki yang lain diangkat setinggi lutut lalu bengkokkan.
  • Ketika menendang bola, gerakan kaki adalah dari bawah ke atas dan kecepatan serta arahnya tergantung kebutuhan.
  • Pandangan harus tetap fokus pada bola takraw.
  • Lalu fokuskan pandangan pada arah sasaran.

(Baca juga: perlengkapan panahan teknik dasar pencak silat teknik kendoteknik dasar tinju)

  1. Sepak Mula

Sepak MulaTeknik ini juga dikenal sebagai teknik dasar pada sepak takraw yang tak boleh ketinggalan untuk dipelajari dan dikuasai. Sepakan mula ini biasanya dilakukan dengan tujuan sebagai tanda bahwa permainan telah dimulai. Dalam setiap permainan sepak takraw, jelas sepak mula ini menjadi salah satu sepakan penting.

Sepakan ini biasanya dilakukan dengan mengarahkannya ke lapangan lawan sebagai tanda dimulainya permainan. Ini adalah teknik sepak yang juga diketahui dengan nama lain, yaitu sepak servis. Tim atau regu yang bisa melakukan servis dengan baik dan sempurna akan mendapatkan poin sehingga oleh karena itulah teknik gerakan ini dianggap vital.

  1. Menapak

MenapakTeknik menapak juga merupakan teknik dasar di mana pemain sepak takraw perlu untuk menyepak bola takraw menggunakan telapak kaki. Teknik ini juga penting karena ada saatnya teknik ini bisa digunakan saat hendak melakukan smash kepada grup lawan. Gerakan teknik ini juga memiliki tujuan sebagai pemblokir smash yang diarahkan kepada tim kita oleh lawan. Dengan teknik gerakan inilah, kita bisa menyelamatkan bola takraw yang sudah berada di dekat net.

  • Ambil posisi siap dan berdirilah dengan kedua kaki menumpu dengan jarak selebar bahu.
  • Kaki penyepak bisa diangkat tinggi-tinggi sambil posisi lutut sedikit membengkok dan telapak kaki dipukulkan ke arah bola. Pastikan juga untuk tak menyentuh net.
  • Gunakan telapak kaki untuk menyentuh bola pada bagian atasnya yang kemudian disepak ke arah lawan.
  • Pandangan mata harus tetap fokus pada bola sambil mencondongkan badan sedikit ke belakang.

Baca juga:

  1. Heading

HeadingTeknik heading bukan hanya ada pada permainan sepak bola, melainkan juga diperlukan pada permainan sepak takraw. Hanya saja teknik heading dalam sepak bola bukanlah yang diterapkan pada sepak takraw ini karena biasanya heading sepak takraw dibutuhkan ketika penerimaan kembali bola lemparan yang berasal dari lawan.

Teknik ini jugalah yang bisa digunakan pemain saat hendak menyelamatkan bola takraw dari serangan lawan. Posisi bola biasanya ada di atas dan tak akan mudah untuk kaki pemain menjangkaunya. Itulah yang menjadi alasan mengapa teknik ini merupakan dasar yang pemainnya perlu menguasai.

  • Ambil sikap berdiri dan juga bersikap kuda-kuda.
  • Badan condongkan ke belakang dan kedua tangan letakkan di sisi tubuh sambil membengkokkan siku.
  • Fokuskan pandangan mata pada arah bola dan sasaran yang dituju.
  • Pastikan gunakan kepala bagian depan saat menyundul.
  • Badan gerakkan ke arah depan dan leher juga perlu digerakkan supaya dorongan bola bertambah.
  1. Sepak Cungkil

Sepak CungkilSepak cungkil adalah teknik dasar selanjutnya di permainan sepak takraw yang juga tak bisa diabaikan karena sama pentingnya dengan teknik sepakan lainnya yang sudah dibahas. Sepak satu ini merupakan sepakan yang dilakukan menggunakan jari kaki dengan tujuan untuk mengambil bola yang jaraknya termasuk jauh.

Pada umumnya, sepak cungkil ini jugalah yang digunakan pemain ketika ada pantulan bola liar. Pantulan bola liar biasanya adalah hasil dari blocking sehingga menggunakan teknik ini bisa sangat membantu. Bahkan untuk pengambilan bola rendah pun sangat berguna sehingga wajib menjadi teknik yang dikuasai dengan baik oleh setiap pemain.

(Baca juga: strategi bermain caturteknik pukulan tenis meja teknik futsalcara bermain anggar)

  1. Membahu

MembahuPada teknik membahu, teknik dasar ini berfokus pada pengontrolan bola dengan menggunakan bahu. Teknik ini biasanya digunakan para pemain sepak takraw ketika perlu mengendalikan bola hasil serangan lawan secara tiba-tiba. Bisa dikatakan, teknik ini merupakan teknik pertahanan dalam kondisi yang mendesak.

Ketika pemain merasa dalam kondisi kurang baik, maka teknik membahu inilah yang bisa dipakai supaya bola yang datang terkontrol secara lebih baik. Pada banyak kasus, gerakan bola yang dismash oleh lawan pasti cukup mengejutkan sehingga bola lepas kendali. Di saat terdesak inilah, teknik membahu sangat diperlukan dan akan menjadi berguna.

Mungkin agak tidak mudah dalam memraktikkan teknik membahu ini karena bola pun harus dijaga keseimbangannya di atas bahu, namun dengan latihan yang cukup sering, maka hal ini tak lagi akan menjadi sulit.

  1. Mendada

MendadaTeknik mendada pun menjadi bagian dari sepak takraw di mana penggunaan teknik ini bertujuan utama mengendalikan bola. Teknik mendada juga adalah teknik dasar yang pada prosesnya menggunakan dada sebagai pengontrol bola, seperti gerakan yang kita sering lihat juga pada permainan sepak bola. Pengontrolan bola ini dilakukan saat bisa dimainkan berikutnya.

Teknik atau gaya membawa atau menerima bola dengan dada sudah cukup sering kita lihat di permainan sepak bola. Namun sebenarnya, teknik gaya dada pun ada juga dalam permainan sepak takraw di mana fungsinya mirip dengan teknik dada di sepak bola yang tujuannya mengendalikan bola yang datang mendadak. Saat lawan men-smash, bola akan datang dalam kecepatan yang tinggi dan serangan ini akan begitu mendadak, dan saat posisi kita tepat dalam menggunakan dada, lebih baik gunakan teknik mendada ini untuk menerima sekaligus mengendalikan bola datang.

Baca juga:

  1. Sepak Simpuh

Sepak SimpuhIstilah lain untuk sepak simpuh adalah sepak badek di mana jenis teknik sepak ini juga merupakan teknik dasar yang perlu setiap pemain sepak takraw kuasai. Teknik dasar ini lebih berfokus kepada upaya sepakan bola menggunakan kaki bagian luar. Namun tak harus menggunakan kaki bagian luar karena kaki bagian samping luar pun sah-sah saja.

Jenis teknik sepakan ini digunakan dengan tujuan untuk menyelamatkan bola dari pihak tim lawan. Hanya saja, para pemain juga biasanya menggunakan sepak simpuh sebagai pengendali bola dalam upaya penyelamatan yang biasanya tergolong efektif. Sepak ini sangatlah mendasar dan juga perlu dikuasai setiap pemain, maka dengan latihan yang cukup baik dan sesuai kebutuhan, para pemain biasanya akan menguasai secara sempurna teknik sepakan ini dan mengeksekusinya secara tepat juga. Butuh pengawasan pelatih juga bila tak yakin dengan posisi dan gerakannya.

  1. Memaha

MemahaSetelah teknik menyundul (heading), membahu, dan mendada, kini kita juga perlu tahu teknik dasar memaha. Bila membahu adalah proses gerakan mengendalikan bola menggunakan bahu, lalu juga mendada adalah cara mengendalikan bola dengan dada, maka sudah bisa ditebak apa itu teknik memaha.

Memaha adalah teknik di mana permainan bola lebih menggunakan paha sebagai pengendali bola yang datang dari lawan. Teknik dasar ini biasanya digunakan pemain ketika perlu menerima bola, menahannya hingga proses penyelamatan bola yang diberikan oleh lawan saat menyerang.

Smash lawan bisa sangat mendadak sehingga bila mampu mengendalikan bola dengan paha, maka teknik inilah yang akan efektif membantu.

(Baca juga: teknik bola tanganteknik menunggang kuda teknik aikido teknik dasar taekwondo)

Itulah sedikit informasi mengenai teknik sepak takraw paling dasar untuk dipelajari dan dikuasai oleh setiap pemain.Dengan melatih dan mengombinasikan sendiri setiap langkah tersebut, maka penguasaan teknik akan sangat maksimal.